Tayang di Netflix, Remake “The Raid” Akan Libatkan Michael Bay Sebagai Produser

Tayang di Netflix, Remake “The Raid” Akan Libatkan Michael Bay Sebagai Produser
info gambar utama

Lebih dari 10 tahun semenjak pertama kali The Raid rilis, pengakuan akan kualitas dari film yang dapat dikatakan membawa gaya dan gerakan baru bagi industri perfilman di Indonesia ini rupanya masih sulit dilupakan, bahkan bagi para sineas di taraf internasional.

Belum lama ini, kabar besar datang berupa rencana pembuatan ulang (remake) film The Raid yang disinyalir akan melibatkan nama-nama tersohor seperti Michael Bay dan Patrick Hughes. Tentu, peran dari sang sutradara asli yang aktif di industri perfilman Indonesia yakni Gareth Evans juga tak akan luput dari keterlibatan.

Selain masih dihadirkan oleh rumah produksi yang sama yakni XYZ Film, hal berbeda kali ini muncul dari segi distribusi di mana penayangannya tidak akan diluncurkan di layar lebar atau bioskop, melainkan melalui platfrom streaming populer yakni Netflix.

Sedikit melakukan kilas balik, bukti akan kesuksesan The Raid sendiri dapat dilihat dari keberhasilannya dalam meraih pendapatan nyaris sembilan kali lipat, dari anggaran yang dibutuhkan untuk memproduksi film tersebut.

Lebih detail, diketahui bahwa untuk proses produksinya XYZ Film menggelontorkan dana sekitar 1,1 juta dolar AS atau setara Rp15,7 miliar, pengeluaran tersebut rupanya terbayarkan dengan catatan box office mencapai 9,3 juta dolar AS atau setara Rp133,3 miliar.

Dikenal sebagai film yang telah melahirkan sekaligus membesarkan nama sederet aktor laga populer di tanah air seperti Iko Uwais, Joe Taslim, dan Yayan Ruhian. Akankah versi remake ini mendulang kesuksesan yang sama seperti versi aslinya?

Yayan Ruhian Akan Bintangi Film “Boy Kills World” Garapan Produser Sam Raimi

Rencana lama yang memiliki perkembangan

Raid
info gambar

Bukan hal baru, rencana mengenai pengembangan atau bahkan penggarapan ulang film The Raid dalam versi Hollywood sebenarnya sudah mulai terdengar sejak perilisan film lanjutannya, yakni The Raid 2: Berandal yang rilis di tahun 2014.

Pemberitaan menyebut jika sejak saat itu berbagai rencana penggarapan remake telah melalui sejumlah diskusi antar beberapa tokoh sineas. Bahkan pada tahun 2017 lalu, Joe Carnahan disebut sebagai sosok yang akan menyutradarai proyek ini dan menunjuk aktor Frank Grillo sebagai pemeran utama.

Sampai akhirnya, titik terang baru berhasil didapat pada tahun ini di mana Michael Bay dan Patrick Hughes setuju untuk terlibat di dalamnya.

Lebih detail, Michael Bay sendiri telah dikenal sebagai sosok di balik kemunculan sejumlah film fenomenal mulai dari waralaba Transformers hingga Teenage Mutant Ninja Turtles. Bukan sebagai sutradara, untuk proyek kali ini dirinya akan terlibat sebagai salah satu jajaran eksekutif produser bersama dengan sutradara orisinial The Raid sendiri, yakni Gareth Evans.

Sementara itu Patrick Hughes akan mengisi bangku sutradara sekaligus penulis naskah dan didampingi oleh James Beaufort. Sekadar informasi, Hughes sendiri merupakan sosok di balik kehadiran sejumlah film aksi seperti The Expendables 3 serta dua film Hitmans’s Bodyguard.

“Kami sangat antusias mengenai visi Patrick akan proyek remake ini, kami benar-benar akan menggarapnya sesuai dengan versi orisinal dan menjanjikan bentuk penghormatan yang besar terhadap film versi aslinya, namun dengan membawa pendekatan dan perspektif baru sebagai film bergenre aksi” ujar salah satu perwakilan, mengutip pemberitaan Deadline.

Berdasarkan keterangan tersebut pula, diketahui bahwa cerita yang diangkat masih akan menyorot mengenai aksi pemburuan kelompok mafia yang terlibat dalam jaringan narkoba, dan bertujuan untuk menangkap gembong narkoba yang telah lama diburu.

Sementara itu mengenai latar tempat, proyek ini kabarnya akan menjalani proses produksi di Philadelphia, sebuah kota di Pennsylvania.

Roket 'The Raid' dan Tiga Serangkai di Dalamnya

Respons penggemar dan tahap produksi

Sejak pertama kali kabar ini terpublikasi ke khalayak ramai, respons yang didapat dari penikmat film tidak hanya di Indonesia melainkan juga berbagai negara yang memang mengakui kualitas film The Raid rupanya cukup beragam.

Meski ada beberapa pihak yang antusias, namun tak sedikit pula yang menuliskan komentar bahwa versi remake bukanlah pilihan yang tepat.

Alih-alih membuat ulang, banyak pihak yang mengaku lebih tertarik dan sudah sejak lama menanti kehadiran film The Raid ketiga, terlebih banyak yang menilai bahwa Iko Uwais kini sudah menjadi salah satu aktor yang memiliki kualitas gemilang di industri perfilman internasional.

Terlepas dari sudah ada kepastian mengenai sutradara dan produser yang terlibat dalam proyek ini, sayangnya belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan penggarapan akan dimulai, termasuk di antaranya siapa saja jajaran aktor dan aktris yang akan terlibat.

Meski bisa dipastikan bahwa keseluruhan pemeran akan dimainkan oleh nama-nama aktor Hollywood, namun banyak yang mengharapkan jika Iko Uwais dkk setidaknya akan muncul dan sedikit terlibat dalam adegan meski hanya sebagai kameo.

Film The Raid Versi Hollywood Segera Dibuat

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini