Ajang Balap Sepeda Digelar di Pulau Bintan, Peserta dari Berbagai Negara Akan Ikut Serta

Ajang Balap Sepeda Digelar di Pulau Bintan, Peserta dari Berbagai Negara Akan Ikut Serta
info gambar utama

Satu lagi ajang olahraga level dunia digelar di Indonesia. Kali ini, akan ada balap sepeda level internasional yang digelar di Pulau Bintan.

Ajang balap sepeda ini bertajuk Tour de Bintan yang dijadwalkan terlaksana pada 14-16 Oktober 2022. Pemerintah setempat menyebut sudah ada ratusan peserta yang mendaftar untuk ikut serta.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan bahwa jumlah pendaftar Tour de Bintan sudah menyentuh angka 946 orang. Para pendaftar tersebut berasal dari berbagai penjuru dunia.

"Dari data Dinas Pariwisata Bintan, hingga saat ini menyentuh angka 946 peserta, terdiri atas 800 peserta pria dan 146 peserta wanita," ujar Roby Kurniawan seperti dilansir Antaranews.

Dari 946 peserta yang mendaftar, sebagian besar berasal dari Singapura di mana persentasenya mencapai sekitar 40 persen. Lalu peserta terbanyak kedua berasal dari United Kingdom (13 persen) yang disusul oleh Australia (7 persen).

Peserta dari Indonesia sendiri justru bukan yang terbanyak karena hanya 5 persen dari keseluruhan pendaftar. Selain itu, ada pula peserta dari Malaysia (4 persen) serta Amerika Serikat, Jepang, Jerman, dan Prancis (3 persen).

Nantinya, para peserta Tour de Bintan bisa beraksi dalam lima kategori. Kelimanya yakni Individual Time Trial 175 kilometer, Grand Fondo Challenge 85 kilometer, Grand Fondo Classic 146 kilometer, Grand Fondo Century 108 kilometer, serta Grand Fondo Discovery 55 kilometer.

Manfaat Olahraga Arung Jeram Sambil Menikmati Sungai Cisadane

Menggairahkan Pariwisata

Gelaran Tour de Bintan ini mengusung misi untuk menggairahkan kembali pariwisata di Pulau Bintan. Setelah pandemi Covid-19 mereda, pemerintah setempat ingin memacu lagi pariwisata berhubung sektor tersebut adalah andalan utama perekonomian di sana.

Tour de Bintan sejatinya bukanlah ajang baru. Kejuaraan balap sepeda satu ini telah digelar sejak tahun 2009. Hanya saja, gelarannya tidak ada dalam dua tahun terakhir akibat pandemi.

Pemerintah memperkirakan Tour de Bintan akan meramaikan Pulau Bintan. Maklum, peserta yang ikut biasanya tidak datang sendiri dan turut membawa anggota keluarganya.

Guna menyukseskan gelaran Tour de Bintan, pemerintah setempat sudah bergerak mempersiapkan diri. Dengan waktu yang tersisa, Plt Bupati Bintan mengklaim persiapannya sudah hampir rampung.

"Untuk persiapan pelaksanaan acaranya sudah hampir 90 persen. Mudah-mudahan berjalan lancar setelah dua tahun vakum akibat pandemi COVID-19," kata Roby Kurniawan.

Menanti Laga Timnas Indonesia Vs Belanda Terwujud Lagi

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini