Setelah Mandalika dan Jakarta, Giliran Danau Toba Bakal Gelar Balapan Kelas Dunia

Setelah Mandalika dan Jakarta, Giliran Danau Toba Bakal Gelar Balapan Kelas Dunia
info gambar utama

Indonesia berencana kembali gelar balapan kelas dunia. Kali ini, balapan yang segera hadir adalah Formula One Powerboat World Championship alias F1 H2O.

F1 H20 merupakan ajang balapan speedboat bergengsi. Adapun lokasi yang diproyeksikan menjadi arena digelarnya F1 H20 adalah Danau Toba, Sumatera Utara.

Jadwal penyelenggaraan F1 H20 di Danau Toba pun sudah ditentukan. Rencananya, balapan akan diselenggarakan pada 24-26 Februari 2023.

Rencana penyelenggaraan F1 H20 di Danau Toba mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia. Bagi pemerintah, gelaran F1 H20 diharapkan bisa meningkatkan indeks pariwisata di Danau Toba.

"Nilai indeks pariwisata berkualitas Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba paling rendah dibanding DPSP lain. Untuk itu F1 H2O dapat menjadi alat meningkatkan indeks pariwisata berkualitas ini," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam rapat koordinasi kesiapan F1 H2O di Danau Toba, Sumatera Utara, Jumat (14/10) seperti dilansir Antara.

Adapun persiapan untuk F1 H20 telah dimulai dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba sebagai pelaksananya. Kini, prosesnya sudah memasuki tahap penataan kawasan Danau Toba.

Sejauh ini ,masih ada beberapa hal yang dinilai masih perlu perbaikan, di antaranya ketersediaan air dan akses menuju lokasi balapan. Untuk itu, Luhut telah mendorong Pemkab Toba untuk segera membebaskan lahan yang dibutuhkan serta menata kawasan Pelabuhan Balige pada akhir bulan November ini.

Selain Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021, Pesona Lombok Memang Menawan

Tentang F1 H20

Balapan F1 H20 melombakan speedboat dengan satu penumpang untuk saling beradu kecepatan di sirkuit perairan. Dalam situs resminya, F1 H20 diklaim sebagai balapan yang kompetitif, menantang, penuh resiko, sekaligus menghibur.

Ada 20 pebalap yang ikut serta. Saat beraksi di sirkuit, mereka diharuskan melewati berbagai tantangan layaknya balapan di sirkuit beraspal, seperti melahap tikungan tajam hingga melaju dengan kecepatan maksimum di lintasan lurus.

Di F1 H20 musim 2022, ada enam balapan yang dilaksanakan. Ada empat kota didapuk sebagai tuan rumah balapan, yakni Macon (Prancis), San Nazzaro (Italia), Olbia (Italia), dan Sharjah (Uni Emirat Arab).

Penyelenggara F1 H20 secara resmi telah mengumumkan ditunjuknya Danau Toba sebagai lokasi penyelenggaraan balapan. Nantinya, balapan di Danau Toba sekaligus akan menjadi pembuka musim 2023.

“H2O Racing, promotor Kejuaraan Dunia UIM-FH2O di seluruh dunia yang bekerja sama dengan Injourney dan Pemerintah Indonesia dengan bangga mengumumkan bahwa putaran pembuka musim 2023 akan diadakan di Indonesia.” Demikian petikan pengumuman tersebut.

Pasca Tragedi Kanjuruhan, FIFA Pastikan Piala Dunia U-20 2023 Tetap Digelar di Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini