Bakmi Toprak, Makanan 12 Isian Khas Solo

Bakmi Toprak, Makanan 12 Isian Khas Solo
info gambar utama

Solo memang kaya akan kuliner. Tetapi, apakah Anda sudah pernah mendengar kudapan bernama bakmi toprak?

Ini bukan makanan ketoprak khas Jakarta ya. Baik itu bentuk, cara penyajian, serta rasanya pun juga sangat berbeda. Sesuai namanya, bakmi toprak ini adalah hidangan sejenis bakmi yang berkuah segar.

Memang, makanan ini masih kalah populer dengan hidangan khas Solo lain seperti tengkleng, sate buntel, atau nasi liwet. Bahkan, pedagang yang menjual makanan ini di luar wilayah Solo Raya pun bisa dibilang sangat jarang.

Tapi, kalau soal rasa, makanan ini bisa diadu dengan makanan khas Solo lainnya. Melihat tampilannya saja, terlihat kalau makanan berkuah ini memang bisa menggugah selera.

Bila ingin mencicipi bakmi toprak yang otentik, Anda bisa datang ke warung bakmi yang sudah berdiri sejak tahun 1955, yaitu Bakmi Toprak Yu Nani yang berlokasi di Jl. Moh. Yamin, Kota Surakarta.

Selain di Bakmi Toprak Yu Nani, ada pula beberapa rekomendasi penjual bakmi toprak lain yang memiliki rasa tak kalah lezat, seperti bakmi toprak Mbak Sri, Yu Sri, atau Bu Lastri.

Menikmati Semangkuk Tengkleng, Semangat Bertahan Hidup Masyarakat Solo

Punya 12 macam isian

Keunikan utama yang membedakan bakmi toprak ini dengan jenis bakmi lain adalah isinya yang melimpah dan bermacam-macam, khususnya di Warung Bakmi Toprak Yu Nani.

Diantara kedua belas isian tersebut adalah bakmi, tahu, tempe, sosis solo, kubis, tauge, bihun, kerupuk karak, cakwe, kacang, beserta daging dan tetelannya yang kemudian ditaburi bawang goreng. Meskipun begitu, ada pula tempat lain yang memiliki isian yang lebih sedikit atau berbeda.

Secara rupa, makanan ini memang terlihat penuh dengan berbagai macam isian yang melengkapi mi nya. Apalagi dengan siraman kuah yang tercium harum membuat siapapun tertarik untuk mencicipinya. Aroma kaldu sapi yang segar dan cukup kuat benar-benar mendominasi.

Ketika menghirup kuahnya, rasa gurih yang pas akan terasa di lidah. Tekstur minya terasa kenyal, begitu pula dengan bihunnya. Ketika menyantapnya bersamaan dengan setiap isian lain. rasanya benar-benar bisa memanjakan lidah seiring dengan hangatnya kuah yang melewati tenggorokan.

Sebagai pelengkap rasa, Anda bisa menambahkan perasan jeruk atau potongan cabe sesuai keinginan.

Mencicipi Kenikmatan Cwie Mie, Sajian Mi Ayam Khas Malang

Seperti pementasan ketoprak

Lalu, mengapa santapan yang satu ini dinamai sebagai bakmi ketoprak?

Hal yang diketahui secara pasti oleh para pedagang mengenai penamaannya sebagai bakmi toprak adalah karena banyaknya isian yang disajikan. Banyak dan meriah layaknya pementasan ketoprak. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Yuyun, generasi ketiga pengelola Bakmi Toprak Yu Nani.

“”Ini kan isiannya komplit, kaya ketoprakan itu ada semua,” tuturnya ketika penulis temui beberapa waktu yang lalu.

Bila Anda belum tahu, ketoprak adalah sebuah pementasan sandiwara tradisional yang sangat berkembang di wilayah Mataraman seperti Surakarta dan Yogyakarta.

Mengulas Sejarah Kesenian Ketoprak

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini