Bukan Cuma Jakarta, Medan Juga Kini Punya Posbloc

Bukan Cuma Jakarta, Medan Juga Kini Punya Posbloc
info gambar utama

Pos Bloc kini tidak hanya ada di Jakarta. Baru-baru ini, Pos Bloc baru dibuka di Medan, Sumatera Utara.

Pos Bloc yang merupakan ruang kreatif sekaligus tempat hiburan yang mengambil tempat di kantor pos. Di Jakarta, Pos Bloc terdapat di bekas gedung Kantor Pos Pasar Baru atau Gedung Filateli Jakarta.

Kini, bukan cuma warga Jakarta dan sekitarnya yang bisa merasakan nongkong di Pos Bloc. Warga Medan pun bisa melakukan hal yang sama.

Baru-baru ini, Medan meresmikan Pos Bloc-nya sendiri. Pos Bloc Medan memanfaatkan Kantor Pos Medan yang merupakan bangunan bersejarah di sana sebagai lokasinya.

Peresmian Pos Bloc Medan dilakukan pada Sabtu (29/10) lalu. Dalam acara itu, turut hadir Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Wali Kota Medan Bobby Nasution, Dirut PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, dan Komisaris Utama PT Pos Indonesia Rhenald Kasali.

Ada misi di balik didirikannya Pos Bloc di Medan. Pos Bloc diharapkan bisa turut membantu UMKM bangkit dan berkembang, serta mengantisipasi kemungkinan terjadinya resesi ekonomi pada 2023.

"Pos Bloc Medan, Lapangan Merdeka dan kawasan Kota Lama Kesawan nantinya akan menjadi kawasan ekonomi guna membangkitkan perekonomian Kota Medan, terutama UMKM," ujar Bobby Nasution seperti dilansir Antara.

Pos Bloc Medan tidak hanya mengincar keuntungan bagi para pelaku usaha. Dari sisi konsumen, Pos Bloc juga diharapkan bisa menjadi sentra beragam aktivitas positif warga.

"Kami berharap ini dijadikan anak-anak muda kreatif, dan pelaku UMKM sebagai tempat belajar sekaligus mengisinya dengan kreasi, kegiatan yang baik serta menarik," lanjut Bobby.

Kongko Sambil Dukung Produk Lokal di Kumulo Creative Compound

Merambah Kota Lain

Medan tidak akan jadi titik akhir ekspansi Pos Bloc. Ada wacana bahwa Pos Bloc juga akan didirikan di kota lainnya.

Terdekat, PT Pos Properti Indonesia yang merupakan anak usaha PT Pos Indonesia berpeluang turut menghadirkan Pos Bloc di Bandung dan Surabaya.

Wacana itu disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Lewat Pos Bloc baru, diharapkan aset-aset yang dimiliki PT Pos Indonesia bisa dimaksimalkan untuk menyokong bisnis lokal dan UMKM di Indonesia.

"Yang pasti aset-aset PT Pos kita kalau bisa maksimalkan menjadi tempat tadi seperti Sarinah untuk brand dan UMKM. Kenapa nggak kita dorong menjadi pembangunan pop culture daripada potensi negara kita yang hari ini belum maksimal. Nah di situlah aset-aset kita bisa maksimalkan," ujar Erick seperti diwartakan Detik.com.

"Post Bloc, di Jakarta udah buka, Medan udah. Dan kita dorong di Bandung dan Surabaya artinya apa bisa kalau mau. Mbloc kita udah dorong ini," pungkasnya.

Menarik! Berikut 3 Rekomendasi Produk Merchant UMKM Lokal



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini