5 Kafe Berkonsep Kereta Api Terhits di Indonesia

5 Kafe Berkonsep Kereta Api Terhits di Indonesia
info gambar utama

Zaman kini sedang tren restoran berkonsep di dalam kereta api. Selain tempatnya yang fotogenik, suasana makan pun jadi terasa lebih eksklusif.

Indonesia rupanya tak ketinggalan soal ini. Banyak kafe atau restoran dengan konsep seperti itu, berdiri beberapa tahun belakangan di tanah air.

Nah, kalau kamu berkunjung ke beberapa kota berikut ini, sempatkanlah makan di restoran kereta apinya, ya.

Kopi Indonesia: Manfaat, Jenis, dan Daerah Penghasil Kopi Terbaik

1. Kafe Arum Dalu Madiun

Andai kamu tengah berlibur atau tinggal di Madiun, cobalah setidaknya sekali untuk makan bersama keluarga di kafe Arum Dalu milik PT Industri Kereta Api (INKA). Tak hanya tempat makan, di sana juga berdiri museum kereta api dan bioskop mini dengan fasilitas yang nyaman.

Di kafe itu, ada bangku zaman dulu yang terbuat dari rotan. Itu tempat duduk penumpang kereta ekonomi pada 1980-an. Kamu bisa memilih menyantap hidangan di dalam kereta atau luar gedung, dikutip dari Travel.kompas.com.

Tak hanya makan, pengunjung juga bisa mengenal lebih dalam seputar perkeretaapian di Indonesia melalui museum atau menonton film bertema kereta api

Cafe Dangdut Menggoyang New York dengan Kopi Lokal dan Musik Indonesia

2. Locomotive Resto and Cafe Sragen

Restoran yang satu ini sangat totalitas dalam menghadirkan konsep kereta api. Di sana ada replika stasiun, parkir kereta, lobi stasiun, loket, MRT, monorel, kereta commuter line, taman outdoor.

Tak hanya itu, kafe ini dimeriahkan oleh livemusic hingga tengah malam setiap hari dengan grup band berbeda-beda. Asiknya, pengunjung bisa bebas tampil semau mereka.

Melansir TIMES Indonesia, kafe itu dihiasi mural terpanjang yang ada di seluruh kota se-Pulau Jawa. Desainnya saling berhubungan di seluruh dinding kafe tanpa putus.

Makanan yang disajikan juga barvariasi, rasanya dijamin lezat karena dihidangkan langsung oleh koki dan barista profesional.

5 Provinsi di Sumatera yang Punya Kereta Api Penumpang

3. Kafe Chingu Bandung

Datang dari tanah Sunda, tempat makan lainnya yang berkonsep kereta bernama Kafe Chinggu, terletak di Jalan Sawunggaling No 10, Bandung.

Kafe ini mengusung tema kereta cepat dari Korea Selatan. Kawasan kafe Chingu disulap menjadi Stasiun Seoul. Menu yang tersedia pun khas negeri gingseng, seperti bibimbap, korean fried chicken, bokkeumbap, patbingso hingga camilan lainnya.

Di dalamnya terdapat papan-papan penunjuk arah seperti yang ada di stasiun. Lebih menarik lagi, para pengunjung bisa menyewa hanbok untuk beroto ria.

5 Provinsi Penghasil Kopi Terbesar di Indonesia

4. Railway Coffee Bandung

Lagi-lagi dari Bandung. Tempat makan yang satu ini berkonsep coffee shop di dalam kereta api. Lokasinya di Jalan Kebon Jukut, nomor 17, Babakan Ciamis.

Desain interior yang dipilih mengusung tema industrial. Begitu masuk ke dalam kafe ini, suasana naik kereta langsung terasa setelah melihat jadwal keberangkatan kereta api yang terpampang di kaca jendela.

Karena konsepnya toko kopi, menu utama yang disuguhkan oleh Railway Coffee tak lain adalah kopi. Di samping itu, tersedia juga sandwich,rice box, dan minuman berbagai varian rasa.

Nikmatnya Kopi Indonesia Hadir di KTT G20 dengan Sebuah Misi di Baliknya

5. Loko Coffee Shop Yogyakarta

Kafe dengan konsep kereta api paling hit jatuh kepada Loko Cafe kebanggaan Yogyakarta. Tempat nongkrong favorit semua kalangan ini berada di sudut Jalan Pasar Kembang, dekat Stasiun Tugu.

Sebagai tempat nongkrong atau family time, Loko Coffee sangatlah sempurna. Tempatnya nyaman, apalagi konsepnya semi outdoor di pusat pariwisata pula. Kalau berkunjung ke kafe ini pada sore hari menjelang magrib, suasana magis Jogja terasa sangat kuat. Jam berapapun kamu datang ke sini, Loko Coffe siap memberikan pelayanan terbaik karena kafe ini buka selama 24 jam.

Tak hanya menjanjikan suasana dan konsep outdoor yang super nyaman, Loko Coffee Shop juga menampilkan proses pembuatan kopi secara langsung oleh para barisatanya. Penonton bebas menyaksikannya. Kafe ini selalu ramai pengunjung. Tentu saja karena pemandangan dan kenyamanan yang didapat di sini tak akan ada tempat lain yang mampu menandinginya.

Nah, itu dia 5 restoran dengan konsep kereta api terhit di Indonesia. Ingat baik-baik! Kalau kami berkunjung ke salah satu kota tadi, jangan lewatkan berwisata ke restoran kereta api yang hits itu.

Sisa Kisah Lokomotif Uap yang Berupaya Dibangkitkan Kembali di Aceh

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini