Fakta Unik Busok, Kucing Ras Asli Indonesia yang Sudah Diakui Dunia

Fakta Unik Busok, Kucing Ras Asli Indonesia yang Sudah Diakui Dunia
info gambar utama

Kawan bisa jadi tidak lagi asing dengan kucing ras yang berasal dari luar negeri seperti kucing persia, siam, atau anggora. Namun, tahukah Kawan bahwa Indonesia juga memiliki kucing ras asli? Adalah busok, kucing ras asal Madura, Jawa Timur yang kini sudah diakui dunia.

Baru-baru ini, World Cat Federation mengakui keberadaan kucing busok sebagai kucing ras asli Indonesia. Kucing busok merupakan hewan yang memiliki ciri khas berwarna abu-abu dan berwajah jutek. Kucing busok termasuk hewan yang aktif dan energik, tetapi juga bisa murung dalam beberapa kondisi.

Ciri khasnya itu membuat kucing busok memiliki sisi yang menarik untuk dipelihara. Namun, perlu kesabaran ekstra dan metode pemeliharaan tertentu agar kucing busok betah hidup bersama. Di samping itu, kucing busok menyimpan sederet fakta unik yang perlu diketahui. Berikut ulasannya.

Namanya Busok, Kucing Leopard dari Madura yang Ingin Diakui Dunia

Endemik Madura

Kucing busok merupakan hewan endemik Pulau Raas yang berada pada wilayah administratif Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pulau Raas termasuk di antara gugusan pulau-pulau sebelah timur Pulau Madura. Jika ingin berkunjung ke pulau ini, Kawan bisa menumpang kapal dari Pelabuhan Kalianget dan menempuh perjalanan laut selama lebih kurang lima jam.

Uniknya, kucing busok tidak ditemui di luar Madura. Dinukil dari Liputan6.com, Ronny Rachman Noor, Guru Besar Pemuliaan dan Genetika IPB University, menemukan bahwa kucing busok memiliki variasi genetika yang tergolong langka. Ronny meyakini, kucing busok merupakan ras asli dan hanya ditemukan di daerah asalnya.

Ciri Khas Fisik yang Unik

Nama “busok” berarti ‘abu-abu’, diambil dari ciri khas rambutnya yang didominasi warna abu-abu kebiruan. Bentuk wajah dan postur tubuhnya pun unik. Jika sekilas melihat, kucing busok mirip dengan leopard karena telinganya berdiri tegak dan berbentuk runcing, serta tubuhnya yang ramping dan panjang.

Mengenal Macan Dahan, Kucing Hutan Berpola Indah Asli Indonesia

Bila dilihat lebih dekat, kucing busok punya keunikan yang lain. Lihatlah ekornya yang cenderung pendek dan telapak kakinya lebih gelap dari warna rambut. Selain itu, wajahnya juga terlihat jutek pendiam. Lucu, bukan?

Mengutip Mongabay.co.id, kucing busok termasuk hewan yang bisa berkembangbiak atau purebred. Salah seorang pemelihara kucing busok mengatakan, apabila kucing ini dikawinkan dengan kucing sejenis, maka akan lahir kucing busok yang lebih banyak. Meskipun begitu, kucing busok perlu dijaga keberadaannya agar tidak punah.

Diyakini Memiliki Sisi Magis

Masyarakat Madura dikenal sangat melindungi kucing busok. Masyarakat setempat bahkan melarang kucing busok keluar dari Pulau Raas. Untuk menjaga kemurnian kucing ini, sebagaimana dinukil dari Mongabay.co.id, hanya kucing busok yang telah dikebiri yang diperbolehkan dibawa ke luar pulau.

Upaya melindungi kucing busok juga tampak dari mitos yang berkembang di masyarakat. Kucing busok dipercaya memiliki kemampuan mistis. Masyarakat setempat percaya bahwa siapa pun yang membawa kucing busok keluar dari Pulau Raas akan mendapat kesialan.

Kekuatan magis lain dari kucing busok ialah adanya kepercayaan masyarakat bahwa kucing ini bisa mendatangkan nasib baik dan rezeki bagi yang memelihara. Itu karena kucing busok diyakini merupakan hasil perkawinan kucing betina Raas dengan kucing bertanduk.

Busok, Kucing Leopard dari Madura yang Ingin Diakui Dunia

Keunikan busok merupakan bukti bahwa Indonesia memiliki ragam fauna yang membagakan. Oleh karenanya, sudah menjadi tugas kita untuk menjaga keunikan ini agar tetap lestari dan terhindar dari kepunahan.

Referensi: CNN Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini