Uniknya Pulau Begansar, Pulau Bergerak yang Viral di Media Sosial

Uniknya Pulau Begansar, Pulau Bergerak yang Viral di Media Sosial
info gambar utama

Video yang berisi cuplikan pulau bergerak di atas air beberapa waktu lalu viral di media sosial. Bagaimana tidak, fenomena itu cukup unik dan jarang ditemukan, terlebih lokasinya berada di Indonesia. Usut punya usut, pulau bergerak tersebut terletak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Dilansir dari Instagram @bontang_terkini, salah satu akun media sosial yang mengunggah video pulau bergerak, menjelaskan bahwa pulau itu mulai bergeser pada pagi hari, sekitar pukul 08.00, dan kembali ke tempat semula pada sore hari, sekitar pukul 15.00.

Ukuran pulau tersebut tidak terlalu besar, tetapi diketahui bisa memuat 40–50 orang di atasnya. Lantas, apa sebetulnya pulau bergerak ini? Berikut ulasannya.

Selangkah Lebih Dekat dengan Pulau Weh: Pulau Vulkanik di Ujung Barat Indonesia

Bernama Pulau Begansar

Pulau bergerak yang viral di media sosial ini ternyata bernama Pulau Begansar. Nama “begansar” diambil dari bahasa daerah setempat yang berarti ‘bergerak’, sesuai dengan keunikan pulau tersebut.

Jika Kawan ingin berkunjung, Pulau Begansar terletak di Dusun Kuala Buin, Desa Entibab, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Dari pusat desa, Pulau Begansar dapat diakses dengan speedboat kurang lebih 20 menit atau dengan berjalan kaki sejauh 1,5 km.

Dinukil dari laman Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Kapuas Hulu, Pulau Begansar masuk ke dalam kawasan danau lindung. Hal itu ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Kapuas Hulu Nomor 79 Tahun 2004.

Selain unik karena bisa bergerak, Pulau Begansar juga kaya akan fauna. Pulau yang memiliki ekosistem rawa banjiran ini merupakan habitat bagi ikan arwana, belida, tapah, tengadak, entukan, toman, dan sejumlah ikan lokal lainnya.

Penyebab Pulau Begansar Bisa Bergerak

Apabila ditilik dari sisi keilmuan, fenomena pulau bergerak di Pulau Begansar merupakan hal biasa. Dicky Muslim, Dosen Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran, sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia, menjelaskan bahwa fenomena tersebut dikenal dengan istilah sandbar.

Eksotika Pulau Nusakambangan: Hutan Tropis dari Suramnya Tembok Penjara

Sandbar merupakan istilah untuk menyebut pulau yang berada di tengah sungai. Bar diisi oleh pasir yang pada saat kering akan ditumbuhi oleh pohon. Kemudian, pohon-pohon tersebut tumbuh hingga besar dan memiliki akar tunggang.

Akar tunggang yang menancap pada dasar sungai pada akhirnya membuat Pulau Begansar seolah-olah bisa bergerak. Padahal, menurut Dicky, pulau tersebut tidak bergerak di atas air, tetapi hanya bergerak mengikuti arus sungai.

Oleh karena itu, Pulau Begansar jarang bergerak di musim kemarau atau ketika air surut. Apabila Kawan ingin mengunjungi pulau ini, pastikan air danau di sekitar pulau sedang pasang agar bisa menyaksikan keunikan pulau bergerak.

Akar tunggang yang kuat mengikat material pasir juga bisa membuat pulau menjadi kokoh, sehingga bisa menopang beberapa orang di atasnya. Dalam video yang viral, terlihat pula sekelompok pengunjung yang berdiri di atas Pulau Begansar menunjukkan bahwa pulau ini cukup kokoh untuk dinaiki.

Namun, itu tidak berarti Pulau Begansar bebas dari ancaman bahaya. Pengunjung tetap perlu berhati-hati karena bisa saja akar tunggang tidak tebal di beberapa titik dan membuat pengunjung terjatuh.

Rayuan Pulau Rote : Pulau Terluar Selatan Indonesia yang Telah Ada 30 Ribu Tahun Lalu

Objek wisata Pulau Begansar dibuka untuk umum pada tahun 2016, mengingat akses jalan darat menuju pulau ini baru bisa dapat dilewati mulai tahun itu. Kendati sudah dibuka enam tahun lalu, Pulau Begansar masih belum ramai diketahui oleh masyarakat Indonesia.

Referensi: diskan.kapuashulukab.go.id | CNN Indonesia [1], [2]

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini