Jangan Dibuang! Inilah Manfaat Air Cucian Beras bagi Tanaman dan Kulit Wajah Kalian

Jangan Dibuang! Inilah Manfaat Air Cucian Beras bagi Tanaman dan Kulit Wajah Kalian
info gambar utama

Tahukah kalian kalau air cucian beras mengandung nutrisi berupa unsur hara makro dan mikro yang dapat dijadikan sebagai sumber nutrisi alternatif bagi tanaman ?

Tidak hanya itu, air bekas cucian beras juga mengandung vitamin dan bahan-bahan lainnya bisa bermanfaat untuk perawatan tubuh.

Selama berabad-abad, wanita Asia menggunakan air cucian beras untuk merawat wajah, kulit tubuh, dan rambut mereka. Petani wanita di China, Jepang, dan negara Asia Tenggara lainnya, termasuk Indonesia, biasa mandi dan mencuci menggunakan air bekas rendaman beras.

Penasaran bagaimana air cucian beras dapat bermanfaat bagi tanaman dan kesehatan kulit ? dan juga ingin tahu cara memanfaatkan air cucian beras kalian ?. Simak ulasan singkat berikut ini.

Manfaat Air Cucian Beras buat Tanaman

Jika kalian hobi merawat tanaman atau berkebun, sebaiknya mulai hari ini jangan lagi membuang air cucian beras.

Air cucian beras atau biasa disebut air leri ini ternyata mengandung beberapa nutrisi dan bakteri yang dibutuhkan tanaman dan dapat membuatnya menjadi lebih subur.

Beberapa literature mengatakan bahwa air beras mengandung 100 % karbohidrat dalam jumlah tinggi yang akan membentuk hormone tumbuh berupa auksin, gibbereline dan alanine.

Ketiga jenis hormone tersebut bertugas merangsang pertumbuhan pucuk daun, mengangkut makanan ke sel – sel terpenting daun dan batang.

Dari struktur mikrobiologi, air beras juga punya keanekaragaman bakteri antagonis yang bisa melawan bakteri jahat/patogen. Juga dapat menginvasi sel telur dari hama kutu-kutuan menjadi pecah sebelum waktunya.

Tak ayal daun yang selalu diaplikasikan dengan air cucian beras sebagai pupuk cair hayati cenderung sehat dan subur.

Manfaat Air Cucian Beras buat Kesehatan Wajah

Barangkali masih banyak di antara kalian yang belum tahu bahwasanya air cucian beras bermanfaat untuk wajah.

Pasalnya, air beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Oleh sebab itu kebanyakan kosmetik menggunakan bahan dasar berupa air beras.

Melansir laman hellosehat.com bahwa ada beragam manfaat air beras untuk wajah yang perlu kalian ketahui, diantaranya ;

1. Mencerahkan kulit

Mencuci wajah menggunakan air beras diketahui mampu mencerahkan kulit. Hal ini karena kandungan gamma-oyzanol pada air beras dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

2. Menghilangkan bintik hitam

Selain mencerahkan kulit, air beras juga bisa digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Kandungan vitamin E dalam air beras diyakini mampu memudarkan pigmentasi pada kulit, meski efektivitasnya masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Mencegah penuaan dini

Mencuci wajah menggunakan air beras diyakini dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Kandungan vitamin E dalam air beras diketahui mampu menghambat proses penuaan dini.

4. Mengatasi jerawat

Pati yang terdapat dalam air beras diyakini mampu mengatasi jerawat. Selain itu, pati dalam air beras ini juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopik.

Baca Juga : Selain Beras Putih, Inilah 5 Jenis Beras yang lebih sehat Dikonsumsi

Cara Menggunakan Air Cucian Beras Buat Tanaman

Sebenarnya tidaklah rumit untuk menggunakan air cucian beras pada tanaman. Pertama-tama, tampung air yang digunakan untuk merendam dan mencuci beras, dan diamkan selama 1-2 menit.

Kemudian gunakan alat penyiram tanaman atau botol bekas air mineral kemasan untuk menampung air bekas beras tersebut.

Lalu siramkan ke tanah di halaman rumah atau pot. Perlu diperhatikan, siraman air beras hendaknya tidak mengenai daun atau bunga dari tanaman.

Walau tak berbahaya, airnya akan meninggalkan bercak-bercak putih, yang merusak keindahan tanaman.

Cara Menggunakan Air Cucian Beras Buat Wajah

Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan air beras yang bisa digunakan dalam perawatan wajah, yaitu:

1. Merendam beras

Langkah-langkahnya adalah ambil ½ cangkir beras, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu, masukkan beras ke dalam mangkuk dan tambahkan 2-3 gelas air. Langkah berikutnya, diamkan selama 30 menit.

Langkah terakhir setelah didiamkan adalah saring air beras tersebut ke dalam mangkuk bersih. Maka Air beras siap untuk digunakan pada wajah.

2. Melakukan Proses fermentasi

Untuk mendapatkan fermentasi air beras, lakukan 3 langkah awal di bagian merendam air beras. Selanjutnya, rendam beras selama dua hari di tempat yang sejuk. Setelah itu, saring dan tampung air beras ke dalam mangkuk bersih, lalu gunakan pada wajah.

3. Memasak beras

Kalian juga bisa mendapatkan air beras untuk perawatan wajah dengan memasak beras. Caranya: Masukkan ½ cangkir beras ke dalam panci. Tambahkan air dua kali lipat dari takaran biasanya ketika Anda memasak nasi. Saat nasi dan air mendidih, saring air beras ke dalam mangkuk yang bersih. Dinginkan saringan air beras, kemudian gunakan pada wajah.

Referensi: hellosehat.com | kkn.undip.ac.id |cybex.pertanian.go.id

Baca Juga : Sejarah Gorengan - Tentang Kenapa Orang Indonesia Suka Menggoreng Makanannya

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Achmad Faizal lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Achmad Faizal.

Terima kasih telah membaca sampai di sini