Menikmati Sate Loso Khas Pemalang Dengan Bumbu Merahnya

Menikmati Sate Loso Khas Pemalang Dengan Bumbu Merahnya
info gambar utama

Indonesia memang selalu menawarkan kuliner yang sangat beragam dengan rasanya yang unik. Salah satunya yaitu sate yang sudah tidak asing lagi bagi lidah masyarakat Indonesia mulai dari sate ayam, sate kambing, sate sapi, dan jenis sate lainnya.

Salah satu jenis sate khas Indonesia yaitu Sate Loso yang berasal dari daerah Pemalang, Jawa Tengah. Sama seperti sate ayam dan sate kambing yang dilengkapi dengan baluran bumbu kacang, Tetapi Sate Loso ini memiliki warna bumbu saus kacang cenderung berwarna merah.

Selain warna bumbu sausnya yang unik, Sate Loso juga memiliki beberapa fakta menarik lainnya, Penasaran kan dengan Sate Loso? Yuk simak beberapa informasi mengenai Sate Loso.

Usianya Lebih Tua daripada Indonesia

Sate Loso khas Pemalang di Rumah Makan Sate Loso Pak No Putri yang melegenda

Ternyata, keberadaan Sate Loso di daerah Pemalang sudah ada sejak tahun 1940. Nama Sate Loso sendiri diambil dari pelopor makanan satu ini yaitu Pak Loso, seorang penjual sate yang berasal dari Weleri. Pak Loso sendiri sudah mulai berjualan sate sejak jaman kolonial Belanda.

Resep sate Pak Loso ini tetap diteruskan oleh keturunan Pak Laso yaitu warung makan Sate Loso Pak No Putri yang berlokasi di Jl. Urip Sumaharjo, Pemalang. Tak hanya itu terdapat juga rumah makan Sate Loso Pah In yang masih satu lokasi dengan warung makan sebelumnya.

Sate Loso awalnya terbuat dari daging kerbau namun karena keberadaan daging kerbau yang sulit didapati akhirnya bahan baku Sate Loso diganti dengan menggunakan daging sapi. Walaupun diganti menggunakan daging sapi, kamu tak perlu khawatir karena soal rasa Sate Loso ini pastinya tetap juara.

Memiliki Bumbu Kacang yang Pedas

Sate Loso khas Pemalang yang memiliki bumbu merah pedas dan daging sapi yang empuk serta disajikan dengan sup tauge

Walaupun sama dengan sate-sate pada umumnya yang dilengkapi dengan balutan bumbu kacang, Sate Loso ini memiliki rasa bumbu kacang yang khas yaitu sedikit lebih pedas. Warnanya pun cenderung agak kemerahan dikarenakan penggunaan cabai merah pada bumbu kacangnya. Rasa pedasnya tentunya akan menggoyang lidah kamu para pencinta kuliner pedas.

Selain itu, Sate Loso biasanya juga dihidangkan dengan sup yang berisi tauge dengan primadonanya yaitu urat dan tulang muda. Daging pada Sate Loso ini sangat empuk karena diambil dari bagian has dalam (tenderloin) sapi sehingga kamu tidak perlu khawatir kesulitan untuk mengunyah saat memakan Sate Loso ini. Daging yang dipakai untuk membuat Sate Loso pun dikenal bebas kolesterol.

Untuk harga per porsinya, biasanya Sate Loso mulai dibandrol dari harga Rp 25.000 - Rp 30.000 dan kamu sudah dapat menikmati sepuluh tusuk Sate Loso. Jika kamu berkunjung ke daerah Pemalang kamu dapat menjadikan Sate Loso sebagai opsi wisata kuliner khas Pemalang yang dijamin tidak akan membuat kamu menyesal deh.

Baca juga olahan kuliner sate lainnya: Mengenal Sate Maranggi, Sate Terenak Asal Purwakarta

Resep Simpel Membuat Sate Loso Khas Pemalang

Resep simpel dan mudah membuat Sate Loso khas Pemalang

Menurut orang-orang yang sudah mencicipi nikmatnya Sate Loso, daging pada sate ini cenderung lebih empuk karena menggunakan daging sapi yang telah dimarinasi dengan bumbu rahasia sebelum dibakar. Lalu sate ini akan disiram dengan bumbu kacang merah yang lembut dengan rasa smoky yang khas.

Dan bagi kamu yang belum punya kesempatan untuk berkunjung atau sekedar bermain-main di daerah Pemalang, jangan khawatir kamu juga bisa membuat Sate Loso bersama orang-orang tersayang di rumah. Simak beberapa bahan yang perlu kamu siapkan dibawah ini ya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Bahan Dasar

  • 250 Gram daging has dalam yang sudah dipotong-potong
  • 300 Gram daging sandung lamur yang sudah dipotong-potong
  • 500 Ml air kelapa
  • 2 Batang serai yang digeprek
  • 2 Sendok teh garam
  • 2 Sendok makan gula merah
  • Minyak

Bumbu Halus

  • 8 Butir bawang merah
  • 2 Sendok teh ketumbar
  • 2 Siung bawang putih
  • 1 Lengkuas
  • ¼ Sendok teh jintan

Bahan Saus Kacang

  • 150 Gram kacang tanah
  • 2 Siung bawang merah
  • 2 Sendok makan gula merah
  • 1 Siung bawang putih
  • 1 Buah tomat
  • 1 Sendok teh garam
  • ½ Sendok makan minyak untuk menumis

Proses Pembuatan

Setelah bahannya siap, kamu hanya perlu memasukkan bumbu halus yang telah dihaluskan pada air mendidih dan masukkan daging hingga air menyusut atau sampai bumbu meresap ke daging sampai matang.

Lalu setelah daging direbus dengan bumbu halus, daging lalu dipanggang di atas bara api sembari diolesi minyak, dan untuk lebih mengeluarkan aroma sate kamu dapat mengolesi sisa bumbu ketika dibakar.

Dan untuk bumbu kacangnya kamu hanya perlu menghaluskan semua bahan saus kacang dan menggorengnya dengan minyak panas, lalu jangan lupa tambahkan garam dan gula merah supaya lebih nikmat dan disajikan dengan disiram pada Sate Loso yang telah masak.

Jika sudah siap semuanya, Sate Loso pun siap untuk dinikmati.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini