Segarnya Es Puter Conglik dengan Rasa yang Melegenda di Semarang

Segarnya Es Puter Conglik dengan Rasa yang Melegenda di Semarang
info gambar utama

Bicara soal rekomendasi kuliner Kota Semarang, lumpia atau tahu gimbal mungkin jadi hal yang sudah biasa. Lalu, adakah rekomendasi lain yang sekiranya jadi hal ikonik di Kota Semarang?

Jawabannya ada. Coba untuk mampir ke kedai Es Puter Conglik. Sebuah kedai es puter yang legendaris di Semarang. lokasinya ada di Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan, Karangkidul, Semarang Tengah.

Es puter yang satu ini buka ketika malam hari. Mungkin sedkit aneh untuk sebagian orang. Tetapi, ketika sudah tau kelezatannya, maka waktu untuk menyantap hidangan es seperti ini pun sudah tak jadi urusan lagi. Sebab, memang rasanya benar-benar memanjakan lidah.

Wisata Umbul Sidomukti, Wisata Alam Lengkap Di Semarang

Es puter tradisional

Es puter ini sudah ada sejak 1982. Pelopornya sendiri bernama Sukimin, yang dulunya diberi gelar sebagai “kacung cilik”, sebab saat itu ia sudah bisa mencari uang sendiri sejak kecil. Ketika ia berjualan, banyak orang yang kemudian menyebutnya menjadi “conglik”.

Sementara itu, cara pembuatan dan resepnya dari es ini merupakan warisan dari salah satu orang Belanda yang pernah ia kenal dulu.

Ada hal utama yang membedakan es puter khas Semarang ini dari berbagai jenis es krim modern yang kerap ditemui sekarang, yaitu cara pembuatannya yang masih tergolong tradisional.

Yang mana, bahan-bahan dari es krim tersebut dimasukkan ke sebuah tabung besar, kemudian bagian sisinya tabung tersebut diberi garam krosok untuk membuat es cepat membeku.

Selain itu, bila es krim biasa menggunakan campuran tepung, maka es puter ini tidak. Bahan-bahannya pun terbuat dari santan dan gula asli.

Kelezatan Nasi Ayam Semarang Bu Wido, Legendaris Sejak 1960-an

Banyak isian, rasa yang lezat

Ada empat rasa yang bisa anda pesan. mulai dari coklat, alpukat, kelapa, hingga durian. Anda juga bisa mencampurkan dua rasa sesuai dengan keinginan.

Rasanya pun tak kalah dengan es krim kekinian. Dengan pembuatannya yang tradisional, es puter ini memberikan tekstur yang agak kasar ketika dikunyah memberikan sensasi tersendiri ketika menikmatinya. Kelembutan es ini akan terasa meleleh dan lezat di mulut dengan tingkat manis yang pas.

Berbagai topping pun turut melengkapi kenikmatan es puter yang satu ini. Porsinya juga tidak pelit, baik itu untuk es maupun topping yang sangat beragam. Mulai dari mutiara, roti, hingga meses. Bahkan, pembeli juga bisa meminta topping durian, tentunya dengan membayar lebih.

Tertarik untuk datang ke sini? Silahkan untuk berkunjung setelah pukul 6 sore sampai jam 11 malam. Bila akhir pekan tiba, pengunjungnya akan sangat ramai. Oleh karena itu, ada baiknya untuk datang sekitar jam 6 atau 7 malam, setelah kedai es puter ini mulai berjualan.

Perkumpulan Rasa Dharma dan Pluralisme dari Etnis Tionghoa Semarang

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini