Karang Taruna Cigombong Raya Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana Alam Gempa Bumi Cianjur

Karang Taruna Cigombong Raya Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana Alam Gempa Bumi Cianjur
info gambar utama

#CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 skala richter terjadi pada tanggal 21 November 2022 di Kabupaten Cianjur, gempa tersebut dapat dirasakan pula oleh warga di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Hal ini membangkitkan semangat kepedulian dari berbagai pihak untuk melakukan aksi gotong royong sebagaimana budaya, ciri atau karakter bangsa yang menjunjung tinggi persatuan dan persaudaraan.

Karang Taruna Kecamatan Cigombong menginisiasi lahirnya "Forum Solidaritas Peduli Bencana Alam Cianjur" dengan mengundang seluruh lembaga sosial yang ada di wilayah Kecamatan Cigombong untuk bersatu padu mengemban misi kemanusiaan.

Akar Wangi, Tanaman Penghasil Minyak Dewa yang Bisa Cegah Longsor
Karang Taruna Kecamatan Cigombong pada saat akan menurunkan logistik | Sumber : Dok. Karang Taruna Kecamatan Cigombong
info gambar

Musyawarah pembentukan forum solidaritas Cianjur pun dilaksanakan pada tanggal 22 November 2022, bertempat di aula sekretariat Karang Taruna Desa Cigombong dan dihadiri beberapa unsur lembaga, diantaranya, Karang Taruna Kecamatan Cigombong beserta Karang Taruna Desa se-Kecamatan Cigombong, Garda Sakti Sekata Kecamatan Cigombong, IPSM, TKSK, Ketua GMFKPPI, Paguyuban RT/RW Desa Cigombong, BPD serta Bumdes Desa Cigombong dan unsur lembaga lainnya.

Forum Solidaritas Cianjur pun mendapatkan persetujuan untuk segera melakukan aktivitasnya melalui surat penugasan yang dikeluarkan oleh pemerintah Kecamatan Cigombong.

Forum Solidaritas Cianjur dibentuk guna melakukan pemetaan untuk mengkoordinir berbagai macam kebutuhan logistik, pengumpulan donasi serta pemetaan daerah yang akan dibantu, untuk berkontribusi dalam mengemban misi solidaritas peduli Cianjur.

Pengumpulan donasi dilakukan secara intens dimulai sejak hari rabu sampai dengan hari Jum'at. Aktivitas forum solidaritas melakukan pengumpulan donasi di wilayah Kecamatan Cigombong, diantaranya, Pasar Tohaga Cigombong serta di point exit tol Cigombong.

Pemberangkatan pun dimulai pada hari senin, tanggal 28 November 2022 yang dilepas oleh Camat Cigombong, Bapak R.E Irwan Somantri. S.STP, bertempat di aula Kantor Kecamatan Cigombong.

Revisi Lagi, Sandiaga Sebut Perputaran Ekonomi Selama Libur Lebaran Capai Rp335 Triliun

Sekitar tujuh mobil yang diberangkatkan untuk membawa berbagai macam logistik untuk di distribusikan ke lokasi bencana gempa bumi Cianjur, adapun logistik tersebut, diantaranya, obat-obatan, sembako, pakaian, popok untuk bayi, aneka jajanan anak, air mineral dan sejumlah uang yang didapat dari hasil pengumpulan donasi, diantaranya, dari anggota forum solidaritas, dibeberapa pengguna jalan, di pasar tohaga, guru PGRI Cigombong, serta donatur dan simpatisan

Dalam pendistribusiannya, kami mengunjungi Posko Relawan yang berada di dekat RSUD Cimacan, posko tersebut di isi oleh Karang Taruna Kabupaten Bogor melalui Garda Sakti Sekata, Tagana, serta lembaga yang berada dalam naungan Dinas Sosial Kabupaten Bogor.

Penyerahan logistik diberikan oleh Ketua Karang Taruna Kecamatan Cigombong, Rudi Hendarsyah S.H, yang juga merupakan Ketua Koordinator Forum Solidaritas Peduli Bencana Alam Cianjur kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Bapak Mustakim. untuk segera disalurkan melalui Garda Sakti Sekata Kabupaten Bogor yang telah melakukan assesment dan memiliki data daerah yang akan dibantu.

Selanjutnya, forum solidaritas Cianjur melanjutkan perjalanan menuju Desa Mangun Kerta, Kecamatan Cugenang, Cianjur dan mengunjungi Posko IPSM yang ada di daerah tersebut. Perjalanan dari Cimacan kurang lebih sekitar satu jam untuk sampai ke lokasi, disepanjang jalan kami disuguhkan dengan pemandangan yang tidak biasa akibat terjadinya bencana alam gempa bumi, banyak sekali rumah warga yang roboh dan jalan yang longsor.

Sembari istirahat, kami berbincang dengan Relawan yang ada di Posko tersebut, dan menurunkan semua logistik untuk di distribusikan. Tak lupa, kami menyempatkan untuk berbagi dan menghibur para pengungsi yang berada di tenda yang berjarak tidak jauh dari Posko. Kami mendengar beberapa harapan, do'a serta cerita dari para warga sebelum bencana alam terjadi dan pasca terjadinya bencana alam gempa bumi.

Menapaki Riwayat Ki Hajar Dewantara di Museum Dewantara Kirti Griya

Do'a serta harapan kami, semoga kegiatan forum solidaritas dapat membantu mengurangi beban saudara kita yang terkena musibah, masyarakat yang telah berdonasi untuk kegiatan ini dapat mendapatkan balasan yang baik dan setimpal, warga yang meninggal dunia dapat mendapatkan tempat di sisi-Nya serta khusnul khotimah, para relawan dapat menjaga kesehatan dan keselamatan dan semoga warga Kabupaten Cianjur dapat bangkit dan kembali pulih.

Referensi : Penelusuran Pribadi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini