Hiu Belimbing, Predator Kalem yang Kehidupannya Dijaga di Raja Ampat

Hiu Belimbing, Predator Kalem yang Kehidupannya Dijaga di Raja Ampat
info gambar utama

Kelangsungan hidup hiu belimbing begitu dijaga di Raja Ampat. Di sana terdapat penangkaran hiu belimbing pertama di dunia.

Hiu belimbing adalah satu dari sekian banyak biota penghuni lautan Indonesia. Di laut dangkal dan berpasir, hiu belimbing dapat ditemui mulai dari Aceh sampai Papua.

Hiu belimbing hidup di perairan dangkal di daerah tropis maupun subtropis yang kedalamannya kurang dari 65 meter. Hewan satu ini bisa ditemui di antara terumbu karang atau di perairan berpasir.

Kendati hiu identik dengan hewan ganas dan buas yang suka menyerang manusia, tak demikian dengan hiu belimbing. Predator laut satu ini ternyata kalem dan tidak berbahaya bagi manusia. Alih-alih menyerang, hiu belimbing lebih suka diam di dasar perairan. Kalaupun bergerak di dekat permukaan, hiu belimbing biasanya hanya bergerak lambat.

Mengenal 4 Jenis Hiu Martil yang Ada di Perairan Indonesia

Penangkaran Hiu Belimbing

Popilasi hiu belimbing sedang dalam ancaman. Dibutuhkan upaya khusus agar jumlah hiu belimbing tetap terjaga.

Sebagaimana hiu pada umumnya, pertumbuhan populasi hiu belimbing memang lambat. Selain itu, ada pula penyebab lain yang membuat eksistensinya terancam. Fahmi dalam Tinjauan Status Hiu Belimbing (Stegostoma tigrinum) di Perairan Indonesia yang diterbitkan oleh jurnal Oseana mencatat bahwa karena karakternya yang kalem dan pasif, hiu belimbing menjadi sangat mudah ditangkap manusia. Hiu belimbing adalah hiu favorit untuk dipelihara di akuarium, baik untuk kepentingan pribadi maupun komersial.

Perlunya menjaga kelangsungan hidup hiu belimbing itulah kemudian mendasari didirikannya penangkaran di Raja Ampat, Papua Barat. Penangkaran tersebut didirikan melalui Stegostoma tigrinum Augmentation and Recovery Project atau StAR Project.

StAR Project dijalankan dengan melibatkan mitra kolaborasi nasional dan internasional. Dengan menjaga kelangsungan hidup dan melindungi populasinya, proyek ini berharap hiu belimbing bisa mendatangkan manfaat jangka panjang bagi masyarakat.

Baru-baru ini ada kabar gembira dari StAR Project. Tiga hiu belimbing dari Australia yang ditangkarkan berhasil berkembang biak. Ketua Komite Pengarah Konsorsium StAR Project Dr. Erin Leigh Meyer Beetham menjelaskan bahwa keberhasilan tersebut tak lepas dari peran masyarakat setempat yang ikut mengurus hiu belimbing.

Selain itu, perairan Raja Ampat juga memang cocok untuk menangkarkan hiu belimbing. Siput sebagai pakannya pun tidak sulit didapat.

"Kawasan konservasi perairan Raja Ampat juga ditetapkan sebagai suaka hiu dan pari sehingga cocok untuk program pengembangan populasi hiu belimbing di dunia," kata Dr. Erin Leigh Meyer Beetham seperti dilansir Antara.

Hiu Paus, Salah Satu Satwa yang Dikeramatkan oleh Masyarakat Indonesia



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini