Painan Night Culinary: Geliat Ekonomi Kuliner Pasca Pandemi

Painan Night Culinary: Geliat Ekonomi Kuliner Pasca Pandemi
info gambar utama

Pandemi, kata horor yang tak hanya memakan korban jiwa, tetapi juga mengguncang semua sendi kehidupan kita. Kondisi darurat yang membuat deyut nadi dunia terhenti, mati suri. Pandemi telah melompati jauh dari apa yang kita pikirkan tentangnya, yang secara signifikan merubah perilaku dan hidup kita.

Pandemi pada akhirnya menuntut kita untuk beradaptasi dengan dunia yang penuh guncangan dan resiko ketidakpastian. Jutaan pekerja terkena gelombang pemutusan hubungan kerja di berbagai bidang usaha. Alhasil, butuh kreativitas dan inovasi agar mereka bisa bangkit kembali.

Pandemi menuntut kompotensi-kompetensi kita agar bisa bertahan. Tepatnya, pandemi menuntut Critical thinking, Problem solving, Creativity, Innovation, Collaboration dan juga Communication. Pandemi menuntut kita menyadari seutuhnya tentang hal yang terjadi sehingga kita harus menemukan solusi dengan berbagai opsi untuk menyelesaikan masalah yang tengah kita hadapi.

Maka dari itu, kita harus mengembangkan gagasan baru, bersinergi, dan bekerja sama dengan orang lain. Tidak hanya itu, kita perlu mengomunikasikan agar ide-ide baru ini dapat terwujud dan diterima orang banyak.

Painan yang terkenal dengan Pantai Carocok dan Pulau Cingkuaknya, tercatat sebagai salah satu destinasi wisata andalan Sumatera Barat yang sangat merasakan imbas dari pandemi. Jumlah mobilisasi wisatawan yang semakin berkurang, juga sangat berdampat pada bisnis makanan dan minuman di kota ini. Tentunya hal ini mengakibatkan imbas yang buruk pada pengelola unit usaha makanan.

Baca juga: 9 Makanan Khas Minang Sumatera Barat

Kabar baiknya, ulah pandemi ini, sebuah event kuliner tercipta yang diberi nama Painan Night Cullinary. Painan Night Cullinary adalah salah satu event kuliner yang tercipta pasca gelombang pandemi tersebut. Saat pemerintah memberlakukan pola kehidupan baru, bisnis kuliner yang awalnya mati suri, kemudian berubah menjadi bisnis online rumahan, akhirnya dapat membuka stand mereka di event ini. Sebuah event kuliner mingguan yang diadakan setiap Rabu malam di Taman Kota. Event ini adalah kerja sama antara pemerintah daerah dan komunitas kuliner di Painan. Painan Night Culinary adalah upaya bersama untuk membangkitkan kembali geliat ekomoni dan pariwisata dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam pengelolaannya.

Interaksi Jual beli di Painan Night Culinary
info gambar

Painan Night Culinary dapat menjadi ajang hunting streetfood lokal saat berkunjung ke Painan. Juga menjadi ajang silaturrahim bagi anak Nagari. Makanan dan minuman yang dijual di event ini, selain beragam dan menarik juga dapat dibeli dengan harga terjangkau. Kita bisa membeli takoyaki dengan harga lima ribu rupiah, dimsum sepuluh ribu rupiah, seafood lima belas ribu rupiah dan banyak lagi makanan dan minuman terjangkau lainnya. Area cuci tangan dan handsanitizer juga disediakan di pintu masuk event.

Menariknya, Painan Night Culinary ini juga ada beberapa stand makanan yang hanya dapat ditemukan sekali seminggu. Mungkin penjual memiliki pekerjaan ganda di hari lain yang membuatnya hanya bisa berjualan sekali seminggu di Painan Night Culinary. Hal ini membuat Painan Night Culinary menjadi event yang ditunggu-tunggu setiap minggunya.

Painan Night Culinary juga menyajikan pertunjukan kesenian yang memeriahkan event mingguan ini. Seniman lokal dapat berpartisipasi menghibur pengunjung saban malam. Ulah Painan Night Culinary, geliat kota ini menjadi terasa lagi.

Saat ini, meski pandemi sudah terbilang usai, Painan Night Culinary tumbuh menjadi event ekonomi baru yang berkelanjutan. Event ini masih terus diadakan setiap minggunya. Tentunya menjadi alternatif untuk berwisata makanan bersama keluarga, teman, dan handai taulan.

Sesudah kesulitan akan ada kemudahan. Kita optimis dan percaya, geliat ini akan benar-benar membangunkan ekonomi kecil menengah di sudut kota kecil ini. Dari Painan, Sumatera Barat, kabar baik ini semoga menginspirasi Indonesia untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

II
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini