Keberagaman Budaya di indonesia yang Kaya

Keberagaman Budaya di indonesia yang Kaya
info gambar utama

Nilai Indonesia di mata dunia dianggap sebagai negara yang memiliki keberagaman budaya dan nilai sosial dalam lingkunga masyarakat yang tinggi hingga dikenal dengan julukan masyarakat yang ramah.

Melansir dari Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, keragaman sosial budaya merupakan perbedaan yang ditinjau dari sisi kelompok etnik dengan budaya yang dimilikinya. Keberagaman Indonesia telah mampu mengembangkan sektor pariwisata sehingga memberikan dampak yang signifikan terhadap negara. Keberagaman yang berada di Indonesia, secara otomatis telah menciptakan nilai toleransi yang tinggi sehingga mencapai perdamaian diantara kelompok masyarakat yang tinggal di Indonesia.

Melihat Lebih Dalam Komunitas Ortodoks Rusia di Jakarta

Selain itu, Indonesia juga berhasil disebut sebagai negara multikultural dengan keberagaman suku dan etnis di berbagai wilayah yang tersebar diseluruh Indonesia. Masing-masing suku atau kelompok dengan latar belakang yang berbeda di Indonesia memiliki cara tersendiri untuk menjalankan apa yang telah mereka percayai dan pengetahuan yang secara turun-temurun diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut berlaku pada kebahasaan dan kebiasaan mereka dlama berinteraksi satu sama lain, oleh karena itulah dapat disebut sebagai keberagaman sosial budaya yang ada di Indonesia.

Keberagaman yang diciptakan berasal dari kondisi fisik wilayah Indonesia, mulai dari perbukitan atau dataran tinggi, dataran rendah, hingga wilayah tepi pantai yang mana membuat masyarakat yang tinggal di daerah mereka masing-masing memiliki kebiasaan hidup atau cara bertahan hidup yang beragam.

Bahasa yang mereka kuasai dan miliki juga beragam tergantung dari suku apa mereka berasal. Ditambah keharusan negara Indonesia untuk mempercayai adanya keberadaan Tuhan telah mendorong beberapa kelompok agama dengan kepercayaan yang berbeda. Namun, mayoritas negara Indonesia adalah para pemeluk agama Islam yang berarti agama lainnya adalah agama minoritas.

Walaupun demikian, kelompok dengan kepercayaan yang beragam dan meyakini masing-masing Tuhan mereka sebagai pedoman kehidupan spiritual tidak mengganggu kelompok lain yang juga mempercayai Tuhan menurut kepercayaannya.

Menurut buku Indonesia Unik yang telah diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Indonesia memiliki keberagaman sosial budaya yang menghasilkan karya atau ciri khas masing-masing budaya berupa, tari tradisional, rumah adat tradisional, makanan tradisional, alat musik tradisional, bahasa daerah hingga pakaian daerah yang menarik dan unik di mata masyarakat asing.

Cerita Pesantren Kasepuhan Raden Rahmat: Tempat Belajar Agama Para Lansia

Mengetahui hal tersebut telah memberikan suatu gambaran bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan dan dipelajari agar tetap terjaga kelestarian serta perannya terhadap bangsa Indonesia. Hal ini berkaitan dengan pembelajaran Healing Earth yang mana dikemas sedemikian rupa agar menarik dan eksploratif sehingga mampu mendorong adanya sifat kemandirian, kepekaan dan kecintaan mahasiswa terhadap lingkungan.

Terdapat beragam kegiatan eksploratif yang dapat dikembangkan dan diterapkan untuk memperkenalkan budaya baru kepada generasi muda agar kebudayaan khas milik Indonesia tidak lenyap dimakan waktu. Ada banyak program yang telah dijalankan untuk melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Budaya Cinta Lingkungan.

Mulai dari kegiatan pementasan seni budaya khas yang dimiliki dari beberapa daerah, partisipasi untuk melakukan bhakti sosial guna membantu masyarakat yang membutuhkan. Mengingat bahwa Indonesia memiliki karakter masyarakat yang berbeda, adanya gerakan kebersamaan akan menciptakan suatu nilai persatuan dan kesatuan yang semakin kuat karena kepedulian antar sesama yang terus digalakan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, salah satu gerakan yang harus dilakukan oleh masyarakat Indonesia ditengah banyaknya budaya asing yang mulai masuk dan menetap dalam kebiasaan masyarakat, yakni adalah mengembalikan kebudayaan kembali ke permukaan pada generasi muda yang mana dewasa ini kurang tertarik dengan apa yang Indonesia miliki.

Berdasarkan dari buku Pembangunan Nasional yang ditulis oleh Heliarta (2020) pembangunan didefinisikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan perubahan keadaan agar lebih baik lagi. Maka dalam hal ini, haruslah dilakukan beberapa gerakan pembangunan untuk tetap mempertahankan keberagaman serta ciri khas dalam bidang sosial budaya yang ada di Indonesia.

Usulan tersebut telah dijalankan melalui pengembangan desa wisata yang dilakukan untuk peningkatan sumber daya alam. Program tersebut telah banyak dilakukan oleh mahasiswa, yang mana memberikan perubahan terhadap suatu desa sehingga menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi.

Berjalannya program tersebut telah menunjukkan adanya perubahan dalam perekonomian di suatu wilayah dan berjalannya suatu kebudayaan atau ciri khas dalam suatu wilayah. Selain itu, bentuk kepedulian sosial juga telah dilaksanakan dengan bentuk pengembangan wilayah yang djadikan tempat wisata menarik untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan kebudayaan khas milik Indonesia hingga sampai kepada masyarakat asing luar negeri.

Kisah Ponpes Sukamiskin, Pondok Pesantren Tertua di Kota Kembang

Mengetahui hal tersebut, Indonesia juga telah behasil menunjukkan prestasinya dengan meraih Juara ke-2 lomba Folkdance Internasional dan ‘Best National Costume’ dalam 34th Tufag International Folkdance Competition di Yalova, Turki pada tahun 2021. Yang mana menunjukkan adanya kemajuan atau keberhasilan yang membanggakan dari melestarikan serta mendorong kebudayaan khas Indonesia hingga ajang perlombaan Internasional. Dengan keberagaman budaya penuh nilai estetika, bentuk kemenangan atas dasar penilaian budaya milik Indonesia telah membuktikan seberapa bernilainya kepunyaan Indonesia.

REFERENSI

Winasis, A., & Setyawan, D. (2016). EFEKTIVITAS PROGRAM PENGEMBANGAN DESA WISATA MELALUI KELEMBAGAAN DALAM PENINGKATAN SUMBER DAYA ALAM (SDA). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), 5(2).

Prestasi Tim Indonesia Pada Perlombaan Tari Internasional Bergengsi Juara 2 Dan Kostum Nasional Terbaik | Portal Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. (2022). Retrieved 11 December 2022.

Contoh-Contoh Keragaman Sosial Budaya di Indonesia. (2022).

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini