Mengenal Nasi Langgi, Nasi Lauk Komplit Khas Jawa Tengah

Mengenal Nasi Langgi, Nasi Lauk Komplit Khas Jawa Tengah
info gambar utama

Selain dikenal dengan wisata keratonnya, Solo juga dengan makanan khasnya seperti selat solo, tengkleng, sate buntel, krengsengan, dan nasi langgi.

Bukan Indonesia jika tidak menggunakan rempah-rempah pada bahan makanan. Nah, nasi langgi ini memiliki cita rasa yang gurih dengan berbagai macam lauk dan masyarakat Solo biasa menyebutnya dengan sega langgi.

Lebih luas lagi, nasi langgi juga dapat ditemui di daerah Semarang dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kamu berkunjung ke Kota Solo, kamu dapat dengan mudahnya menemukan nasi langgi di sekitaran pinggiran jalan.

Makanan satu ini biasanya dipatok mulai dari harga Rp 10.000 saja. Pilihan lauknya pun bermacam-macam dan dijamin tidak akan membuat kamu bosan.

Nasi Langgi Hidangan Spesial Bangsawan

Mengenal Nasi Langgi, Nasi Lauk Komplit Khas Jawa Tengah yang disukai kalangan bangsawan

Awalnya, nasi langgi merupakan makanan khas kota Jember, Jawa Timur dan disajikan dengan lauk seperti daging sapi, sambal goreng tempe, sambal goreng kentang, petis, telur asin, abon sapi serta ditambahkan dengan sambal. Nasi langgi sendiri biasanya diolah dengan menggunakan bumbu rempah – rempah, santan kelapa, dan asam jawa.

Namun, beredar cerita juga bahwa nasi langgi merupakan makanan khas dari kota Solo, Jawa Tengah. Meskipun makanan ini belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, tenyata makanan ini merupakan makanan yang istimewa dan menjadi hidangan spesial orang-orang keraton serta disajikan untuk menjamu tamu spesial yang berkunjung ke Keraton Solo.

Baca juga: Sate Buntel, Kuliner Sate Daging Kambing Cincang Asal Solo

Kuliner dengan Lauk yang Komplit

Mengenal Nasi Langgi, Nasi Lauk Komplit Khas Jawa Tengah

Nasi Langgi memang tidak sepopuler nasi liwet, sehingga makanan satu ini biasanya hanya dikenal oleh warga Solo dan Jawa Tengah saja. Penyajian makanan ini biasanya bersama dengan lauk berupa serundeng, telur dadar, potongan kentang, potongan daging, kerupuk serta sambal hati, dan sedikit tambahan lalapan berupa mentimun.

Dan perbedaannya dari nasi liwet adalah penggunaan lauknya yang komplit dibandingkan nasi liwet yang hanya menggunakan sayuran dan suwiran daging ayam saja.

Nasi langgi juga dapat menjadi pilihan saat kamu ingin mengisi tenaga dan mengenyangkan perut. Karena makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan lauk yang banyak, sehingga menikmati satu porsinya saja sudah sangat mengenyangkan perut.

Resep Mudah Membuat Nasi Langgi

Bumbu dan cara pembuatan Nasi Langgi, Nasi Lauk Komplit Khas Jawa Tengah

Dan untuk kamu yang penasaran dengan cita rasa nasi langgi, kamu tak perlu pergi jauh ke Solo dan daerah Jawa Tengah lainnya untuk bisa mencicipinya.

Kamu juga dapat dengan mudah membuatnya sendiri dirumah dengan resep dan proses pembuatannya yang bisa kamu ikuti dibawah ini.

Bahan-bahan yang diperlukan

1. Bumbu Halus:

  • 5 Siung bawang merah
  • 3 Siung bawang putih
  • 1/2 Sdm garam halus
  • 1 Sdm bubuk ketumbar

2. Bahan Pelengkap:

  • Serundeng
  • Telur dadar (iris tipis)
  • Potongan kentang goreng
  • Potongan daging yang telah dimasak
  • Kerupuk
  • Sambal hati
  • Irisan mentimun

Langkah-langkah dan proses pembuatan

  • Aduk rata beras bersama dengan santan encer, daun salam, lengkuas, serai, dan semua bahan bumbu halus hingga semua bahan tercampur rata dan meresap.
  • Selanjutnya, masak beras dengan menggunakan dandang atau alat pengukus lainnya hingga matang.
  • Terakhir, jika nasi sudah matang letakkan nasi diatas piring saji kemudian hidangkan bersama dengan bahan-bahan pelengkap yang kamu suka sesuai selera dan lalu disajikan selagi hangat.

Nah itulah, resep simpel membuat nasi langgi ala rumahan. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk mencobanya di rumah?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini