Asyiknya Wisata Jalan Kaki di Tanjungpinang, Menyenangkan dan Menyehatkan

Asyiknya Wisata Jalan Kaki di Tanjungpinang, Menyenangkan dan Menyehatkan
info gambar utama

Berjalan kaki bisa begitu mengasyikkan di Tanjungpinang. Di sana, jalan kaki bahkan menjadi kegiatan wisata.

Ya, ada wisata jalan kaki di Tanjungpinang. Kota yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau itu menawarkan aktivitas jalan kaki kepada para wisatawan yang datang berkunjung.

Jalan kaki di Tanjungpinang sambil berwisata memang spesial. Betapa tidak, ada kawasan khusus yang disediakan bagi para wisatawan agar merasakan pengalaman berjalan kaki yang menyenangkan dan berkesan.

Kawasan yang disediakan untuk wisata jalan kaki di Tanjungpinang adalah Kota Lama di sekitar Jalan Merdeka dan Tengku Umar. Bisa dibilang, kawasan tersebut memang memiliki nilai jual sebagai tempat wisata. Sebab, ada nilai historis terkait sejarah dan perkembangan Kota Tanjungpinang di dalamnya. Aneka produk kerajinan dan kuliner juga mudah didapat di sana.

Program wisata jalan kaki Tanjungpinang direncanakan berjalan pada 2023 mendatang. Untuk itu, persiapan pun dilakukan seperti penataan rumah toko, jalan, hingga trotoar agar wisatawan bisa menikmati pemandangan cantik sembari berjalan kaki.

"Di kawasan ini juga terdapat tempat berfoto. Ini menjadi lebih nyaman, indah dan menarik. Kami harapkan tahun 2023 program wisata jalan kaki dapat dilaksanakan," kata Sekretaris Daerah Tanjungpinang Zulhidayat seperti dilansir Antara.

Lantas, seperti apa nantinya kawasan Kota Lama setelah dipercantik menjadi tempat wisata jalan kaki? Pemerintah daerah setempat memberi gambaran bahwa Kota Lama akan menjadi seperti Malioboro di Yogyakarta.

Meski temanya adalah wisata jalan kaki, wisatawan tidak perlu khawatir harus berjalan sangat jauh dari tempat menginap. Wisatawan tetap bisa datang mengguntakan kendaraan bermotor lalu memarkirnya. Oleh karena itu, pemerintah juga berencana membangun tempat parkir yang memadai.

"Kami berencana membangun tempat parkiran kendaraan di tempat lainnya seperti di dekat Kantor Dinas Pariwisata Tanjungpinang," tutur Zulhidayat.

Batu Angus, Geowisata Unik di Ternate dari Letusan Gunung Gamalama

Aktivitas Menyehatkan

Menikmati wisata jalan kaki seperti di Tanjungpinang tidak hanya akan membuat hati senang, namun tubuh pun akan sehat.

Ya, berjalan kaki faktanya memang baik untuk tubuh. Berwisata sambil jalan kaki membuat fisik benar-benar aktif dan bekerja.

Seperti dicatat GNFI sebelumnya, manfaat dari berjalan kaki bagi kesehatan di antaranya adalah meningkatkan metabolisme hingga memperkuat persendian, otot, dan tulang. Selain itu, berjalan kaki juga bisa menghilangkan stres.

Bagi pemula, disarankan mencoba berjalan kaki selama 30 menit per hari atau setara 4.000 hingga 5.000 langkah. Setelah mulai terbiasa, jumlahnya bisa ditingkatkan mulai dari 10.000 hingga 12.500 langkah per hari.

Tertarik mencoba wisata jalan kaki di Tanjungpinang?

Tanagupa, Rumah Bagi Ribuan Orang Utan yang Dijuluki Taman Eden



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini