Lewat Abraham Damar Grahita, Talenta Basket Indonesia Kembali Merambah Jepang

Lewat Abraham Damar Grahita, Talenta Basket Indonesia Kembali Merambah Jepang
info gambar utama

Abraham Damar Grahita melakoni karier sebagai pebasket di luar negeri. Ia kini bermain di Liga Jepang.

Kabar baik datang dari dunia basket Indonesia dengan adanya atlet yang akan memulai kiprahnya di luar negeri. Adalah Abraham Damar Grahita yang bakal beraksi di Jepang.

Abraham bergabung dengan klub Veltex Shizuoka. Adapun klub tersebut saat ini berkompetisi di B3 League yang merupakan divisi 3 Liga Basket Jepang.

Kabar bergabungnya Abraham diumumkan Veltex Shizuoka melalui laman Instagram resminya. Dalam pengumuman itu, disampaikan bahwa Abraham akan ikut mengawal Veltex Shizuoka berlaga di musim 2022-2023.

"Kami dengan senang hati memberi tahu Anda bahwa Vertex Shizuoka telah menandatangani kontrak pemain (baru) dengan nomor #4 Abraham Damar Grahita untuk musim 2022-23," demikian petikan pengumuman tersebut.

"Terima kasih atas dukungan antusiasnya untuk Abraham yang akan berjuang bersama kami untuk mewujudkan kemenangan di B3/promosi ke B2."

Abraham tahu bahwa bermain di Jepang akan jadi tantangan besar baginya. Ia pun sadar bahwa ia bermain di sana dengan membawa nama Indonesia.

"Saya tahu ini tidak akan mudah, saya harus beradaptasi. Dan saya di sini bukan hanya merepresentasikan diri saya sendiri, tapi juga merepresentasikan negara saya di Jepang," ujar Abraham seperti dilansir ANTARA.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia

Profil Abraham Damar Grahita

Abraham Damar Grahita adalah pebasket Indonesia kelahiran Pangkal Pinang, 8 Oktober 1995. Ia biasa menempati posisi point guard atau shooting guard.

Karier profesionalnya dimulai pada musim 2015-2016 dengan memperkuat Stadium Jakarta. Kemudian ia hijrah ke klub Aspac/Stapac Jakarta dan bermain di sana pada 2016 hingga 2020.

Selepas membela Aspac/Stapac Jakarta, Abraham bermain di Indonesia Patriots pada 2020–2021. Kemudian ia membela
Prawira Bandung pada 2021–2022 yang sekaligus menjadi klub lokal terakhirnya sebelum bergabung dengan Veltex Shizuoka.

Berbagai gelar bergengsi juga pernah diraih Abraham. Misalnya, ia pernah menjadi juara IBL pada 2019 dan meraih penghargaan Most Valuable Player pada 2020 dan 2022.

Tidak banyak pebasket Indonesia yang berkarier di luar negeri. Namun, Abraham bukan pebasket Indonesia pertama yang bergabung dengan klub Jepang. Sebelumnya, ada Brandon Jawato yang bermain di Negeri Matahari Terbit.

Brandon pernah bermain di klub Utsunomiya Brex pada tahun 2021. Saat itu, Brandon beraksi bersama klubnya di Divisi 1 Liga Basket Jepang pada 2021. Kemudian pada tahun berikutnya, ia pindah ke klub SeaHorses Mikawa yang bermain di divisi 2.

Asia Pacific Rally Championship: Jagoan Reli Se-Asia Pasifik Akan Ngegas di Danau Toba



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini