Melimpah di Indonesia, Daerah Mana yang Cadangan Gas Buminya Paling Banyak?

Melimpah di Indonesia, Daerah Mana yang Cadangan Gas Buminya Paling Banyak?
info gambar utama

Indonesia punya kekayaan gas bumi yang begitu melimpah. Namun, daerah mana yang cadangan gas buminya paling banyak?

Salah satu kekayaan alam yang dimiliki Indonesia adalah gas bumi. Oleh karena itu, gas bumi jadi salah satu komoditas dagang Indonesia yang diandalkan untuk meraup devisa negara.

Gas bumi merupakan hidrokarbon yang berada dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer. Wujudnya adalah fasa gas yang dihasilkan dari penambangan, demikian seperti dicatat laman resmi Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Saking berlimpahnya, sumber-sumber gas bumi baru pun ditemukan. Terbaru, Indonesia menemukan suatu tempat di Papua bernama Warim yang diketahui menyimpan cadangan migas yang luar biasanya besarnya.

Untuk diketahui, Warim memiliki potensi gas sebesar 47 triliun kaki kubik (TCF). Angka tersebut jauh lebih besar dari Blok Masela di Kepulauan Tanimbar, Maluku yang banyak diandalkan dalam produksi gas Tanah Air. Sementara itu, Blok Masela punya cadangan gas sebesar 10,73 RCF.

Saking kayanya, Indonesia juga masuk dalam jajaran negara pengekspor gas bumi terbesar. Pada tahun 2019 saja, laman World’s Top Exports dengan tajuk Petroleum Gas Exports by Country, menempatkan Indonesia di urutan ke-10 negara dengan ekspor terbesar.

Total nilai ekspor gas alam Indonesia mencapai USD 8,6 miliar pada tahun 2019. Sementara itu, pengekspor terbesar adalah Australia dengan total nilai USD 36,2 miliar.

Uraian di atas sudah cukup jelas menunjukkan betapa kayanya cadangan gas bumi yang dimiliki Indonesia. Namun, pernahkan Anda terpikir, daerah mana saja yang punya gas bumi paling banyak.

Lantas, daerah mana yang punya kekayaan berupa cadangan gas bumi terbesar di Indonesia. Apakah Papua dan Maluku berhubung keduanya punya Blok Warim dan Blok Masela?

Kemendag dan Google Jalin Kerja Sama untuk Memajukan Perdagangan Digital

Daerah dengan Cadangan Gas Bumi Terbesar

Ternyata, daerah yang punya cadangan gas bumi terbesar adalah Maluku. Di Maluku, terdapat 13.988 miliar kaki kubik persegi (billion square cubic feet/BSCF), demikian seperti diwartakan CNBC Indonesia.

Maluku memang punya banyak titik yang kaya akan gas bumi. Selain Blok Masela, ada pula area cekungan hidrokarbon di Bula yang menyimpan gas bumi melimpah.

Kemudian, Papua ternyata menempati urutan kedua. Di sana, memang telah terindentifikasi adanya sejumlah cekungan yang penyebarannya berada di sebelah utara maupun selatan Papua.

Di urutan ketiga, posisi ini ditempati oleh Sumatera Selatan. Diketahui Sumsel punya cadangan gas bumi sebesar 4.428,26 BSCF.

Gerilya, Program yang Buat Generasi Muda Melek Energi Bersih dan Tenaga Surya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini