Kisah Mobil Tersesat di Hutan Pati dan Sejumlah Cerita Mistis yang Menyelimutinya

Kisah Mobil Tersesat di Hutan Pati dan Sejumlah Cerita Mistis yang Menyelimutinya
info gambar utama

Kejadian mistis menimpa seorang pengendara mobil HRV yang dikendarai Sigit Yudha Pradana warga Pasuruan, Jawa Timur. Pasalnya mobil tersebut tiba-tiba tersesat hingga masuk ke tengah hutan di Tambakromo Pati, Jawa Tengah.

Kejadian ini diunggah oleh akun Instagram @andreli-48 yang memperlihatkan mobil itu terjebak dalam jalan yang berlumpur. Tetapi hal yang aneh adalah tidak ditemukannya jejak roda mobil ke arah mobil tersebut berhenti.

Kasi Humas Polresta Pati AKP Pujiati membenarkan adanya peristiwa mobil tersasar di tengah hutan Tambakromo. Dirinya menyatakan bahwa kejadian mobil tersasar itu karena mengikuti aplikasi Google Maps.

“Iya benar ada mobil yang nyasar di area hutan masuk wilayah Desa Wukirsari, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati,” jelas Pujati yang dimuat Detik.

Petis Runting, Makanan Khas Pati nan Menggugah Selera

Di sisi lain, Camat Tambakromo, Mirza Nur Hidayat menuturkan adanya sederet peristiwa aneh dalam kejadian itu. Misalnya pengemudi yang melenceng jauh dari arah yang seharusnya dilaluinya.

“Satu mobil terperosok jauh. Dukuh Baris tidak berada di jalan Tambakromo Wirosari itu bukan, di situ Tambakromo ada belokan ke kanan naik, lha itu belok masuk, masuk ke dalam sana,” jelasnya.

Hal selanjutnya adalah tidak adanya jejak roda di jalan yang dilalui mobil tersebut. Padahal menurut pengakuan warga sekitar, ketika itu jalan sedang berlumpur karena wilayah itu habis diguyur hujan.

“Lha kedua terperosok sampai ke hutan gundul lumayan jauh, ada batu, ada tunggak jati, tapi tidak ada jalan yang signifikan, kalau masuk ke sana harusnya ada bekas roda, itu tidak ada,” jelasnya.

Mengaku sadar

Totok Sudiarto pengemudi 4x4 yang mengevakuasi unit HR-V ini sempat berbincang dengan Sigit, pengemudi mobil tersebut. Dirinya memang sangat heran, Sigit bisa berada di kawasan hutan Tambakromo yang memiliki medan sulit licin dan berbatu.

Menurut pengakuan Sigit, dia sadar saat jalan yang dilaluinya buntu. Tetapi saat berencana memutar balik, mobilnya tak bisa bergerak lantaran medan jalan licin dan juga berlumpur. Dirinya kemudian memilih berhenti.

Waleran, Olahan Jeroan Bandeng Khas Pati Bercita Rasa Unik

“Begitu mobil dibalik ke arah pulang lihat jalannya licin dia kaget, akhirnya berhenti, dia menunggu sampai pagi,” ujarnya.

Kades Wukirsari, M Sulistiono juga mengaku sempat menanyai sopir mobil tersebut. Sigit mengaku hanya berjalan lurus. Tetapi dirinya kemudian tak sadar telah memasuki hutan Desa Wukirsari hingga sudah berada di tengah hutan sekitar pukul 01.00 WIB.

“Saya tanya kok belok ke kanan, dia bilang lurus terus, lurus terus, dia sadar jam 1 malam, sudah di sini,” kata Sulistiono.

Lokasi dikenal angker

Udik Utomo, seorang warga sekitar menyatakan kawasan Hutan Tambakromo memang dikenal cukup angker. Beberapa warga menceritakan ada kejadian aneh di lokasi tersebut yang tidak masuk akal.

Dia menyebut ada orang yang memburu kera di hutan. Tetapi setelah terkena tembak, kera tersebut masuk ke gua. Namun saat kera tersebut keluar dari gua, hewan itu malah sehat kembali tanpa luka tembakan.

Potret Gerakan Satu Juta Pohon dan Reboisasi Hutan di Indonesia

“Dulu teman berburu-buru ada kera ditembak di situ, kalau masuk ke situ bisa hidup lagi, itu peninggalan zaman Belanda ada tugunya di sana,” katanya.

Di daerah tersebut, jelasnya, juga terdapat taman buah yang tidak bisa sembarangan diambil atau dimakan. Menurutnya bila ada orang yang mengambil atau memakan buah maka dia tidak bisa pulang.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini