Semua Tentang Pisang Goreng, Deep-Fried Dessert Terbaik Versi TasteAtlas

Semua Tentang Pisang Goreng, Deep-Fried Dessert Terbaik Versi TasteAtlas
info gambar utama

Siapa yang tidak kenal dengan pisang goreng? Baru-baru ini, pisang goreng dinobatkan menjadi deep-fried dessert terbaik versi TasteAtlas.

TasteAtlas merupakan ensiklopedia daring yang memuat berbagai informasi tentang makanan dan minuman lokal di seluruh dunia. TasteAtlas telah membuat katalog yang memuat lebih dari 10.000 makanan dan minuman lokal.

Mereka menulis pada laman resminya bahwa masih ada puluhan ribu makanan dan minuman yang belum diteliti dan dipetakan. Kawan juga bisa menelusuri makanan dan minuman lokal yang telah dipetakan TasteAtlas berdasarkan geografi di website-nya.

Pisang Goreng

Laman resmi dan akun InstagramTasteAtlas telah mengunggah daftar deep-fried dessert terbaik di dunia, Selasa (14/02/2023). Pisang goreng ada di posisi pertama dari 50 deep-fried dessert dari berbagai negara. Disusul quarkballchen dari Jerman di posisi kedua dan pastelitos criollos dari Argentina di posisi ketiga. TasteAtlas memberikan nilai 4,6 untuk pisang goreng.

Not the healthiest of choices, but very popular in almost every cuisine and culture,” tulis TasteAtlas dalam akun Instagram-nya.

Geguduh, Pisang Goreng Khas Lampung
Pisang Goreng
info gambar

Pisang goreng merupakan makanan ringan yang sering disantap oleh masyarakat Indonesia. Pisang goreng dijual bebas di gerobak, warung pinggir jalan hingga restoran. Kawan juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Faktanya, pisang goreng bukanlah makanan asli orang Indonesia. Pada tahun 1511, orang Portugis memasuki wilayah Melayu. Saat sarapan, mereka suka mengonsumsi buah pisang yang telah dibuka kulitnya, dilumuri tepung, dan digoreng.

Setelah itu, makanan tersebut diadopsi oleh orang Melayu termasuk orang Indonesia. Akhirnya, sampai sekarang pisang goreng menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak, bahannya mudah didapat, dan cara membuatnya yang mudah.

Bahan utama pisang goreng adalah pisang. Umumnya pisang yang digunakan untuk membuat pisang goreng adalah pisang kepok. Pisang ini memiliki rasa asam manis dan memiliki tekstur yang keras sehingga tidak mudah hancur ketika digoreng dalam minyak panas.

Selain pisang kepok, ada juga pisang raja yang bisa digunakan untuk membuat pisang goreng. Pisang raja memiliki tekstur yang lebih lembut dan aroma yang harum.

Dari Pisang Keju hingga Bir Jawa, Inilah Sederet Kuliner Khas Keraton Yogyakarta

Ada beberapa cara pembuatan pisang goreng. Sebagian orang hanya menggoreng pisang langsung di minyak goreng panas tanpa tambahan apa pun. Namun, masyarakat Indonesia lebih sering menggoreng dengan cara pisang diiris terlebih dahulu lalu dicelupkan ke dalam adonan.

Adonan untuk pisang goreng terbuat dari tepung terigu, air, telur yang diberi sedikit gula dan terkadang ditambahkan ekstrak vanili. Adonan tepung biasanya memiliki rasa manis, tetapi dalam beberapa resep dibiarkan tanpa rasa. Kemudian, pisang digoreng sampai berwarna cokelat keemasan. Setelah itu, pisang goreng diangkat dan ditiriskan. Pisang goreng siap disantap.

Ada berbagai jenis pisang goreng yang bisa Kawan temukan di Indonesia, yaitu pisang goreng kipas, pisang goreng pasir, pisang goreng kremes, pisang goreng madu, pisang molen, dan pisang goreng telanjang.

Selain memiliki beberapa jenis, pisang goreng juga memiliki nama-nama yang berbeda di setiap daerah di Indonesia seperti gedhang goreng di Jawa, godoh biu di Bali, sanggar di Kalimantan, dan pisang goreng mulut bebek di Ternate.

Kolak Pisang Masuk 12 Menu Takjil Terenak Dunia Versi National Geographic

Hidangan dengan berbahan dasar pisang bisa Kawan temukan juga di kawasan Asia Tenggara lainnya seperti Singapura, maruya di Filipina, dan kuih kodok di Malaysia.

Seiring perkembangan zaman, pisang goreng disajikan dengan berbagai pilihan misalnya ditaburi cokelat, gula halus dan kayu manis, diolesi selai serta dihidangkan bersama es krim.

Referensi: TasteAtlas | Indoindians | Pegipegi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini