7 Tips Sukses Berbisnis bagi Pebisnis Muda dan Pemula Tahun 2023

7 Tips Sukses Berbisnis bagi Pebisnis Muda dan Pemula Tahun 2023
info gambar utama

Apakah Kawan sedang mengembangkan atau membangun bisnis tahun ini? Perlu diketahui, bisnis adalah sesuatu yang memiliki keuntungan sekaligus risiko tinggi. Meskipun begitu, kebanyakan mereka yang terjun di bidang ini, tidak mengerti tentang tips sukses berbisnis, khususnya bagi pengusaha muda.

Akibatnya, pebisnis muda banyak yang bangkrut dan insecure untuk memulai sesuatu yang baru. Untuk itu, adakah tips sukses berbisnis bagi wirausahawan muda di tahun 2023? Berikut ulasannya!

1. Tantang Diri Kawan

Sebagai pebisnis, Kawan harus menantang diri sendiri. Pada dasarnya, pemuda adalah seseorang yang memiliki jiwa ambisi tinggi untuk mencapai sesuatu.

Kawan harus keluar dari zona nyaman dan mencoba sesuatu yang baru. Kita tidak akan sukses, apabila masih suka berleha-leha di kamar.

2. Eksplor Diri

Namanya pemuda, Kawan harus banyak mengeksplorasi pengetahuan dan pengalaman. Sebagai calon pebisnis, Kawan wajib mengembangkan diri untuk melihat peluang usaha yang berguna bagi masyarakat.

Eksplorasi diri bagi generasi muda bisa diterapkan dengan beberapa cara, seperti mengikuti organisasi pemuda bisnis, program Kampus Merdeka, dan kelas-kelas bisnis yang tersebar di media sosial. Kawan juga bisa memanfaatkan kompetisi, seperti business plan, program inkubator bisnis, teknologi, dan akselarator bisnis.

5 Contoh Penggunaan Artificial Intelligence dalam Bisnis, Jadi Efisien

3. Pilih Bidang Bisnis yang Disukai

Karakteristik kalangan muda adalah mereka sangat ambisi dengan hal-hal yang disukainya. Dengan begitu, Kawan bisa memulai bisnis dengan hal-hal yang disukai.

Contohnya, jika Kawan hobi untuk mengoleksi jam tangan, maka kamu harus berpikir kritis tentang peluang usaha dari jam tangan. Mungkin, Kawan bisa membangun bisnis jasa servis jam tangan atau jual-beli jam tangan.

Tentunya, dengan bidang yang Kawan sukai, maka kamu akan terus mengeksplorasi diri di bidang tersebut. Alhasil, kita bisa berpotensi untuk mengekspansi bisnis dan menghasilkan keuntungan.

4. Pelajari Ilmu Bisnis

Meskipun sedang menjalani bisnis, Kawan tidak boleh berhenti mempelajari ilmunya. Bisnis itu tidak melulu soal praktek, tetapi bisnis juga didasari dengan ilmu atau teori yang matang.

Sebagai pelaku bisnis, Kawan akan dihadapkan dengan berbagai tantangan. Tentunya, jika Kawan tidak menguasai ilmu bisnis, maka Kawan tidak bisa menyelesaikan tantangan bisnis. Maka dari itu, Kawan perlu mempelajari ilmu bisnis agar menyusun strategi-strategi bisnis jangka panjang maupun pendek.

Kisah Pak Andrian, Pendiri Kopi Sakala di Era Gempuran Bisnis Kopi Trawas

5. Bekerjasama dengan Orang yang Kompeten

Sebagai makhluk sosial, Kawan butuh jejaring pada orang lain. Namun, tidak dengan semua orang kamu perlu berelasi.Kita harus bersikap selektif terhadap lingkungan.

Hal itu juga terjadi pada pebisnis muda. Kawan butuh bekerjasama dengan orang yang kompeten dan berpengalaman untuk melebarkan bisnis Kawan. Untuk mendapatkan relasi tersebut, Kawan bisa mengikuti komunitas pemuda bisnis, kelas bisnis, atau acara diskusi bersama pebisnis.

Dengan begitu, Kawan bisa menambahkan jaringan bisnis yang lebih luas.

6. Tentukan SMART Goal

Catatan Tujuan
info gambar

Pemuda yang berbisnis harus memiliki tujuan yang jelas dan akurat. Untuk menentukan tujuan bisnis, Kawan bisa menerapkan metode yang bernama SMART Goal. SMART Goal adalah metode yang terdiri beberapa kata, specific, measureable (terukur), achievable, realistic, dan timely.

Contohnya, Kawan sedang membangun bisnis jam tangan. Kamu bisa menerapkan metode SMART Goal, yakni berhasil membuka 5 cabang di kota A dalam 1 tahun. Cara menempuhnya adalah dengan melakukan kerjasama dengan 3 perusahaan investasi.

Apakah Kawan sudah menerapkan SMART Goal?

7. Fokus dan Konsisten

Sebagian besar pebisnis terkadang susah fokus pada satu bidang bisnisnya. Hal itu bisa disebabkan karena mereka sudah jenuh terhadap bidang tersebut atau potensi bisnis yang kurang menjanjikan. Padahal, mereka belum mengeluarkan tenaga dan pikiran sepenuhnya.

Untuk itu, Kawan fokus dan konsisten dalam membangun satu bisnis. Caranya bisa dengan menyusun strategi-strategi jitu untuk mengembangkannya. Bagi pebisnis awal, jangan membuka lebih banyak cabang dulu meskipun sudah ada modalnya. Kawan perlu membangun citra dan story brand yang bagus untuk meningkatkan brand awareness.

8. Lakukan Promosi Online dan Offline

Pasar yang paling sering disasar oleh berbagai bisnis adalah generasi Z dan milenial. Tidak heran, banyak perusahaan yang mempromosikan produknya yang dikhususkan bagi dua generasi itu.

Untuk menerapkannya, Kawan bisa melakukan promosi daring dan luring. Dalam daring, kita bisa mempromosikan produk melalui media sosial, seperti Instagram, TikTok, dan Facebook. Jika luring, pastikan lokasi bisnis Kawan strategis yang bisa diakses oleh banyak orang dalam segi transportasi dan ruang pengunjung.

9. Manajemen Keuangan yang Baik

Percuma saja, Kawan adalah pebisnis, tetapi masih suka berfoya-foya. Apalagi menggunakan uang atau modal bisnis.

Sebagai pengusaha muda, manajemen keuangan adalah kemampuan yang wajib dikuasai. Ditambah, sebuah bisnis harus memiliki laporan penjualan atau pembukuan keuangan yang rinci dan tepat.

Jika Kawan sudah menemukan investor, mereka biasanya meminta laporan atau pembukuan keuangan secara riil atau nyata. Dengan begitu, manajemen keuangan yang baik juga bisa meningkatkan reputasi bisnis dan kepercayaan investor.

SBM ITB dan Prestasi Sekolah Bisnis dengan Akreditasi Tingkat Dunia

10. Investasikan Waktu dan Tenaga untuk Bisnis

Seringkali kita sulit mengatur waktu dalam berbisnis. Ditambah, jika Kawan adalah mahasiswa atau pelajar, tentunya Kawan harus menyeimbangkan kegiatan akademik dan bisnis.

Dengan hal itu, Kawan harus mampu mengatur waktu sebaik mungkin. Kawan bisa melakukan metode Eisenhower Matrix atau skala prioritas. Meskipun begitu, kamu juga wajib mengelola energi agar kesehatanmu juga tetap terjaga.

11. Bangun Tim yang Hebat

Bisnis akan sulit sukses, apabila dijalankannya hanya sendiri. Kawan membutuhkan tim yang hebat untuk memulai bisnis.

Suatu tim yang hebat juga mempunyai anggota dengan peran besar dan jelas. Contohnya, Kawan adalah seorang CEO yang memulai bisnis dengan jumlah anggota 3 orang. Dengan begitu, anggota A mengurusi produksi dan penjualan, anggota B mengurusi pemasaran, dan anggota B mengurusi teknologi.

Hal ini juga tergantung kepada bisnis yang Kawan pilih. Biasanya bisnis teknologi akan membutuhkan orang IT yang lebih banyak.

12. Segera Ambil Tindakan

Pemuda memang banyak ide. Namun, tidak setiap pemuda mampu mengeksekusi ide tersebut. Maka dari itu, Kawan jangan terlalu banyak mengekspresikan ide. Segera ambil tindakan atau aksi untuk memulai kesuksesan Kawan.

Itulah beberapa tips sukses bisnis bagi pebisnis muda yang ingin sukses pada 2023. Teruslah berusaha dan jangan lupa untuk berdoa, ya!

Referensi: voffice.co.id| youtap.id| entrepreneur.bisnis.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini