Sandi Morse dalam Pramuka, Rumus dan Cara Menghafalnya

Sandi Morse dalam Pramuka, Rumus dan Cara Menghafalnya
info gambar utama

Sandi di dalam kegiatan pramuka jadi salah satu hal yang penting untuk dipelajari. Para anggota sejak tingkatan siaga menggunakan berbagai jenis sandi pramuka untuk memecahkan kode-kode tertentu untuk mencari jawaban bersama.

Sandi ini biasanya akan memiliki sebuah informasi atau perintah yang bersifat wajib untuk dicari solusinya dalam menyelesaikan sebuah misi tertentu atau agar tidak mudah dibaca oleh musuh.

Salah satu sandi yang cukup populer di kalangan pramuka adalah sandi morse. Apa yang disebut dengan sandi morse dan bagaimana cara menghafal untuk diterapkan di pramuka? Yuk simak!

Baca juga: Mengenal Sandi Rumput Pramuka: Kegunaan, Cara Membaca, dan Contohnya

Arti dari Sandi Morse

sandi morse
info gambar

Menurut Wikipedia, sandi morse adalah sebuah kode yang yang menggunakan titik atau garis yang disusun untuk mewakili karakter tertentu dalam merepresentasikan huruf, angka, tanda baca, dan sinyal.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sandi morse adalah kode berupa titik dan garis untuk menggantikan huruf, angka, dan tanda baca yang digunakan pada pengiriman dan penerimaan berita telekomunikasi.

Sandi morse juga sebagai media untuk digunakan dalam komunikasi yang dilakukan dengan cara tradisional.

Baca juga: Sandi Kotak 1, 2 dan 3 dalam Pramuka serta Cara Mengerjakannya

Rumus-Rumus Sandi Morse

Sandi morse terdiri dari beberapa representasi kode angka, alfabet, dan tanda baca. Yang paling populer untuk penggunaan sandi morse adalah menggunakan bantuan peluit untuk membedakan antara titik dan setrip.

Misalnya; apabila peluti pendek dan panjang dengan perbandingan 1:3 ketukan yaitu satu ketukan untuk titik dan tiga ketukan untuk garis atau setrip.

Selain menggunakan peluit, Kawan juga bisa menggunakan rumus-rumus lainnya seperti:

  1. Sandi Morse Angka

    Sandi Morse dengan Angka
  2. Sandi Morse Alfabet

    Sandi Morse dengan Alfabet
  3. Sandi Morse Tanda BacaSandi Morse dengan Tanda Baca

Selain menggunakan peluit dan menggunakan ketiga rumus di atas, Kawan juga bisa menggunakan bantuan alat lain untuk membantu merepresentasikan sebuah kode seperti:

  1. Sinar, menggunakan lilin, api, senter lampu dan sebagainya
  2. Gerak, menggunakan asap, bendera mauopun lambaian tangan
  3. Denyut listrik seperti kabel telegraf
  4. Menggunakan tulisan

Contoh Kata dengan Sandi Morse

Penggalang

.--././-./--./--./.-/.-../.-/-./--.

Salam pramuka

.../.-/.-../.-/--//.--./.-./.-/--/..-/-.-/.-

Metode Menghafal Sandi Morse

Dalam penggunaan sandi morse, metode untuk menghafal ini sering digunakan dan cukup familiar dalam memudahkan pemecahan kode-kode yang ada.

1. Metode Koch

Sebuah metode pembelajaran untuk menghafal sandi morse dengan sistem gradual. Metode koch dimulai dengan berlatih menggunakan dua huruf yang diulang secara terus menerus dan memberikan jarak interval yang ada dengan menggunakan huruf E dan T.

Cara Cepat Membaca Morse Metode Tabel - Pramuka
info gambar

2. Metode Subtitusi

Metode subtitusi digunakan dalam menghafal sandi morse dengan membuat padanan kata yang diawali dari alfabet latin. Huruf yang digunakan untuk padanan dalam metode ini adalah huruf O sebagai simbol garis (-) dan menggunakan huruf vokal A, I, U, E, O sebagai symbol titik (.).

Sandi Morse dalam Pramuka
info gambar

3. Metode Pengelompokan

Sesuai dengan namanya, di dalam sandi morse, metode ini cukup sering digunakan untuk menghafal dengan cara mengelompokkan setiap huruf alfabet dengan kode morse yang berkebalikan maupun berlawanan antara titik dan garis.

Sandi Morse dengan Metode Pengelompokan

Sandi Morse dengan Metode Pengelompokan Berlawanan

Sandi Morse dengan Metode Pengelompokan

E = . T = _ R = ._. F = .._. I = .. M = _ _ K = _._ L = ._.. S = ... O = _ _ _ W = ._ _ Q = _ _._ H = .... KH = _ _ _ _ G = _ _. Y = _._ _ 
A = ._ N = _. C = _._. X = _.._ U = .._ D = _.. J = ._ _ _ P =._ _. V = ..._ B = _... Z = _ _ ..

Baca juga: 15 Jenis Sandi Pramuka, Pengertian dan Manfaat Mempelajarinya

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kode_Morse
https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230126145051-569-905206/sandi-morse-pramuka-pengertian-sejarah-rumus-dan-cara-menghafal
https://www.detik.com/bali/berita/d-6474654/sandi-morse-pramuka-rumus-sejarah-dan-cara-menggunakannya
https://sijai.com/cara-mudah-menghafal-morse/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

NA
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini