Kenalan dengan Anthony Ginting, Pebulutangkis Tunggal Putra andalan nomor 1 Indonesia

Kenalan dengan Anthony Ginting, Pebulutangkis Tunggal Putra andalan nomor 1 Indonesia
info gambar utama

Siapa sih, di sini yang tak kenal dengan Anthony Ginting? Badminton Lovers pasti sudah tahu banget dengan atlet muda yang satu ini. Ya! Pemilik Nama lengkap Anthony Sinisuka Ginting itu lahir pada 20 Oktober 1996 di Cimahi, Jawa Barat. Asal Kawan tahu saja, Anthony merupakan keturunan Suku Karo, loh! ia mendapatkan darah ini dari sang ayah.

Nah, Bagi kawan yang sedang mencari tahu seputar Anthony Ginting atau bahkan baru-baru ini jadi Badminton Lovers? Tenang aja! Inilah rangkuman fakta-fakta menarik tentang pebulutangkis tampan dari sektor tunggal putra ini untuk Kawan semua. Simak baik-baik, ya!

Mengenal Teknologi Hawk-Eye dan Cara Kerjanya dalam Bulu Tangkis

Mahir Badminton Sejak Kecil

Saat Taman Kanak-kanak (TK) Anthony mulai mengenal bulu tangkis. Awalnya, Ginting diajak sang ayah untuk melihat olahraga bulu tangkis yang dimainkan oleh ayahnya beserta rekan kerjanya. Karena ketertarikan dan rasa penasarannya, Ginting yang saat itu berusia 5 atau 6 tahun iseng ikut bermain bulu tangkis dengan asal-asalan.

Tanpa diduga, sang ayah mungkin melihat anaknya memiliki bakat saat itu. Lalu, memutuskan untuk mendaftarkan Ginting ke sebuah klub bulu tangkis di usia Ginting yang tergolong sangat muda yakni 7-8 tahun. Di bangku sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, Ginting menjuarai kompetisi bulutangkis yang sama yakni MILO School Competition yang diselenggarakan di kota Bandung.

Dari prestasinya itulah Ginting mulai intens latihan dan mengikuti sejumlah kejuaraan nasional. Hingga pada 2013 tepatnya kelas 1 SMA, dirinya dipanggil untuk bergabung ke Pelatnas.

Punya Ciri Khas Tersendiri saat Berlaga di Lapangan

Anthony Sinisuka Ginting mengembalikan kok ke arah lawannya pebulu tangkis tunggal putra India Lakshya Sen dalam pertandingan babak final Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok
info gambar

Ginting memiliki ciri khas menarik saat bertanding. Ketika berada di lapangan, ia akan lebih menonjolkan keagresifannya. Pebulutangkis yang fasih bahasa sunda itu juga kerap kali menghujani lawannya dengan smash menyilang dan netting yang menjadi salah satu kekuatan andalannya. Dengan sering melakukan serangan-serangan luar biasa disertai dengan keuletan, membuat lawan kewalahan meladeni permainan Anthony.

Gaya permainannya yang unik dan lincah membuat penonton menikmati setiap pertandingan yang disuguhkan Ginting. Bahkan, mantan pebulutangkis Indonesia Taufik Hidayat menyebut Ginting seperti menari di lapangan.

Dilansir dari BolaSport.com, “Kalo boleh jujur, gw enak banget liat permainan kamu @sinisukanthony kaya lagi nari di lapangan,” tulis Taufik Hidayat di Instagram. Jadi, tak heran bila kehadiran Ginting pada sebuah turnamen banyak dinantikan oleh Badminton Lovers.

Dijuluki The Giant Killer

Pemain jebolan klub SGS PLN Bandung ini mendapat julukan “The Giant Killer” atau Pembunuh Raksasa. Julukan tersebut Ginting dapatkan usai menangguhkan pemain-pemain ber-title juara dunia secara berturut-turut pada ajang Victor China Open Super 1000 tahun 2018.

Dimulai dari menumbangkan Lin Dan pemain legendaris asal China pada babak 32 besar. Dilanjutkan dengan membuat Viktor Axelsen pemain unggulan asal Denmark menyerah dengan dua game langsung di babak 16 besar, serta mengamankan tiket ke semifinal usai mengalahkan Chen Long dengan memaksa bermain rubber game.

Kemudian berhasil membuat Chou Tien Chen pemain asal Chinese Taipei yang saat itu menduduki peringkat 2 dunia bertekuk lutut atas Ginting pada babak Semi-Final, dan akhirnya sukses menyabet gelar juara dengan menaklukan Kento Momota pemain andalan nomor 1 jepang pada babak Final lewat pertandingan sengit dengan skor 23-21 dan 21-19.

Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia beserta Teknik dan Peraturannya

Miliki Segudang Prestasi

Anthony Ginting saat ini masuk ke jajaran pebulutangkis yang ditakuti. Pemain berdarah Batak tersebut, kini menempati peringkat 3 besar dunia dengan perolehan poin 77.579 per-21 Februari 2023.

Nah, berikut adalah deretan medali yang diperoleh Anthony Sinisuka Ginting selama berkarier!

2014

  • Medali Perunggu pada Olimpiade Remaja, Nanjing
  • Medali Perak pada Kejuaraan Dunia Junior BWF Alor Setar (Beregu putra)
  • Medali Perunggu pada Kejuaraan Dunia Junior BWf Alor Setar

2015

  • Medali Emas pada Sea Games, Singapura (Beregu Putra)

2016

  • Medali Perak pada Thomas Cup Kunshan
  • Medali Emas pada Kejuaraan Beregu Bulu Tangkis Asia, Hyderabad

2017

  • Medali Emas pada Superseries BWF ajang Korea Open

2018

  • Medali Emas pada China Open (Super 1000)
  • Medali Emas pada Indonesia Master (Super 500)
  • Medali Perak pada Australia Open (Super 300)
  • Medali Perunggu pada Thomas Cup, Bangkok
  • Medali Perak pada Asian Games, Jakarta-Palembang (Beregu putra)
  • Medali Perunggu pada Asian Games, Jakarta-Palembang
  • Medali Emas pada Kejuaraan Beregu Bulu Tangkis Asia, Alor Setar

2019

  • Medali Perak pada BWF World Tour Finals
  • Medali Perak pada China Open (Super 1000)
  • Medali Perak pada Singapore Open (Super 500)
  • Medali Perak pada Hongkong Open (Super 500)
  • Medali perunggu pada Sudirman Cup, Nanning
  • Medali Emas pada SEA Games Filipina (Beregu putra)

2020

  • Medali Perunggu pada Olimpiade Tokyo, Jepang
  • Medali Emas pada Indonesia Masters (Super 500)
  • Medali Emas pada Thomas Cup, Aarhus
  • Medali Emas pada Kejuaraan Beregu Bulu Tangkis Asia, Manila

2022

  • Medali Perak pada BWF World Tour Finals
  • Medali Emas pada Singapore Open (Super 500)
  • Medali Emas pada Hylo Open (Super 300)
  • Medali Perak pada Thomas Cup, Bangkok

Selain perolehan medali, Anthony juga dinobatkan sebagai Atlet individual Putra Terfavorit di tahun 2018, memenangkan penghargaan Gatra kategori Bidang Olahraga bersama Tim Piala Thomas Indonesia 2020 yang diselenggarakan pada tahun 2021, dan mendapatkan pengahrgaan Atlet Terbaik di tahun 2021.

Menjunjung Totalitas

Dengan raihan prestasi Anthony Ginting yang terbilang besar tersebut, tak dipungkiri banyak hal yang harus Ginting lalui, upayakan dan korbankan. Namun, ada satu kata dari Anthony yang membuatnya berada di titik pencapaiannya saat ini, yakni totalitas.

Dilansir dari Antaranews.com, “Di SMP harus pilih sekolah apa bulu tangkis. Kita enggak tahu juga di bulu tangkis ini bakal gimana, berhasil apa enggak. Aku sama orang tua sudah mutusin untuk jalanin di bulu tangkis, jadi harus totalitas,” ucap Ginting.

Pemain yang mengidolakan Taufik Hidayat tersebut memaknai totalitas seperti menjaga pola makan, istirahat, fokus sepenuhnya pada latihan, tidak setengah-setengah, dan yang paling penting adalah disiplin.

Nah, itu tadi beberapa fakta seputar Anthony Sinisuka Ginting yang telah kami kemas untuk kawan. Jadi bagaimana, apakah sudah mulai mengidolakan seorang Anthony?

5 Pemain Bulu Tangkis Indonesia yang Kerap Sukses di Turnamen

Perjalanan Ginting hingga bisa mencapai di titik sekarang, ia wujudkan dengan mencintai profesinya. Walaupun separuh waktu di hidupnya ia habiskan untuk berlatih dan menjalani kehidupan sebagai seorang atlet, ia tidak memiliki rasa penyesalan, karena ia senang menjalaninya. Ginting bangga bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia dan mengibarkan bendera merah putih di pertandingan-pertandingan Internasional.

Sumber : kumparan.com | sportstars.id | id.m.wikipedia.org | antaranews.com.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

KS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini