Alasan Kita Harus Cinta dan Bangga menjadi Bagian dari Indonesia

Alasan Kita Harus Cinta dan Bangga menjadi Bagian dari Indonesia
info gambar utama

Halo Kawan GNFI! Indonesia, salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia juga merupakan negara yang dikaruniai oleh keindahan alam yang mengagumkan oleh Tuhan yang Maha Esa. Berjuta-juta pulau yang indah berjajar di negeri ini dengan keberagaman suku bangsa dan ras yang hidup berdampingan secara damai, toleransi, dan saling tolong menolong. Suatu keindahan di tanah air tercinta yang mungkin tidak dimiliki oleh negara lain.

Begitu banyak hal yang dapat dijadikan alasan mengapa rakyat Indonesia bisa mencintai negerinya. Setiap masyarakat yang tinggal di negeri ini pun pastinya memiliki cerita dan kenangannya masing-masing baik itu karena kebudayaan maupun adat istiadat Indonesia yang sangat khas. Bahkan, tak jarang pula warga Indonesia yang merantau ke luar negeri pasti merindukan kenangan yang didapatkan bersama dengan negeri yang dicintai.

Ini Dia Harta Karun Tersembunyi Indonesia

Apa Kita Harus Mencintai Negara Indonesia?

Candi Prambanan | Foto: Pexels
info gambar

1. Adanya Semboyan “Bhineka Tunggal Ika” sebagai Bukti Rasa Toleransi

Keberadaan semboyan “Bhineka Tunggal Ika” memang menjadi salah satu pondasi kuat untuk persatuan dan kesatuan keberagaman budaya, suku, dan agama di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauka terbentang kekayaan alam yang sangat melimpah, mulai dari hasil laut, rempah-rempah, dan kebudayaan yang menjadi kekayaan utama dari tanah air tercinta kita.

Diketahui juga bahwa ternyata negeri ktia telah memiliki lebih dari 746 jenis bahasa yang tersebar di berbagai pulau. Selain itu, masyarakat Indonesia juga memeluk berbagai macam agama yang satu sama lain saling menghargai dan menjaga keharmonisannya. Bahkan, dunia telah memberikan pengakuan kepada Indonesia sebagai negara dengan tingkat biodeversitas kedua tertinggi setelah negara Brazil, Amerika Selatan karena kekayaan alam yang dimiliki.

Shayne Pattynama, Satu Lagi Pemain Naturalisasi yang Jadi Senjata Timnas Indonesia

2. Posisi Astronomis yang Cukup Ideal

Secara astronomis, Indonesia terletak pada posisi 6 derajat LU (Lintang Utara)-11 derajat LS (Lintang Selatan) dan antara 95 derajat BT (Bujur Timur)- 141 derajat BT (Bujur Timur). Dengan etaknya di posisi astronomis 6 derajat LU-11 derajat LS menyebabkan Indonesia menjadi negara dengan iklim tropis.

Umumnya, negara yang beriklim tropis akan menjadi negara yang hangat karena mendapatkan sinar matahari yang melimpah. Selain itu, di Indonesia hanya terdapat dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Hal tersebut menyebabkan negara kita kaya akan hasil alam karena curah hujan yang tinggi menjadikan tanah subur.

3. Negara yang Menjadi Persimpangan Lalu Lintas Dunia

Dari segi geografis, Indonesia berada di antara 2 benua (Benua Asia dan Benua Australia) dan 2 samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik). Hal tersebut menyebabkan Indonesia menjadi persimpangan lintas dunia, baik di darat, laut, maupun udara.

Potensi geografis Indonesia yang sangat strategis ini sangat menunjang dalam kemajuan kegiatan perekonomian negara Indonesia karena terletak di jalur perdagangan internasional. Selain itu, letak geografis ini juga berpengaruh pada keberagaman dalam berbagai hal seperti keberagaman flora dan fauna, jenis tanah, vegetasi, dan lain sebagainya.

Kebudayaan Indonesia | Foto: Pexels
info gambar

4. Keindahan Alam yang Mendunia

Kalau ditinjau dari segi pariwisata, kita pastinya sudah sangat tidak asing lagi dengan negeri tercinta kita ini. Sudah menjadi rahasia umum kalau Indonesia memiliki keindahan alam yang sudah mendunia, baik dari laut, pantai, danau, dan pegunungannya.

Beberapa pulau yang belum terlalu terjamah, juga sering kali membuat para pengunjung kagum dan takjub akan pesonanya. Beberapa di antaranya seperti Raja Ampat di Papua, Danau Toba di Sumatera Utara, dan Taman Bawah Laut Bunaken.

5. Berdiri Kokoh Berkat Perjuangan Para Pahlawan

Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sekarang sedang kita tempati merupakan hasil jerih payah perjuangan para pahlawan yang melawan para penjajah pada zaman dahulu. Selain bersyukur dan menjaga kelestarian adat dan budaya Indonesia, sebagai generasi muda kita juga harus dapat mewujudkan kesadaran bahwa ktia adalah generasi penerus bangsa yang akan terus melanjutkan kemerdekaan Indonesia.

6. Tata Krama dan Sopan Santun yang Dijunjung Tinggi

Tata krama dan budi pekerti yang luhur telah menjadi salah satu ikon Indonesia di mata dunia. Budaya ini telah diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang bangsa Indonesia yang menyebabkan Indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah dan rendah hati.

Di Indonesia. Tata krama dan sopan santun selalu dijunjung tinggi serta tak lupa menegakkan keadilan yang nyata terhadap pelanggar norma kesopanan di masyarakat, baik dengan cara diingkatkan maupun diberikan sanksi sosial yang berlaku di masyarakat.

Stasiun Kereta Api Tertinggi di Indonesia yang Kini Terlupa

Dengan memahami alasan mengapa Kawan GNFI harus mencintai Indonesia, diharapkan Kawan GNFI sejak saat ini bisa mulai menyadari bagaimana cara agar bisa menjadi rakyat Indonesia yang membanggakan dan turut serta berkontribusi dalam upaya memajukan Negara Indonesia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IW
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini