Keindahan Indonesia Jangan Sampai Dilupakan

Keindahan Indonesia Jangan Sampai Dilupakan
info gambar utama

Negaraku, Indonesia merupakan negara yang terletak di Asia Tenggara, dilintasi dengan garis khatulistiwa, berada diantara dua benua Asia dan Australia serta Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia merupakan negara yang memiliki kepulauan terbesar di dunia. Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan, kepulauan Indonesia terdiri dari 16.771 macam Pulau pada tahun 2021, banyak orang yang menyebutnya dengan nama "Nusantara".

Sedangkan dari Bank Dunia, Indonesia memiliki populasi sebanyak 273, 8 Juta pada tahun 2021. Menurut Liputan 6.com Indonesia dikenal sebagai negara maritim terbesar di dunia karena memiliki perairan seluas 93 ribu km2 dan memiliki panjang pantai sekitar 81 ribu km2 bahkan hampir 25% panjang pantai di dunia. Indonesia adalah negara yang memiliki suku bangsa terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa, di mana di Papua saja sudah terdapat 270 suku.

Kisah Mbah Boncolono, Maling Sakti dari Kediri yang Ditakuti Belanda

Indonesia adalah negara yang memiliki sejuta keindahan dari Sabang sampai Marauke. Indonesia adalah negeri yang memiliki ragam kebudayaan, bahasa dan dikelilingi dengan berbagai macam pulau-pulau yang cantik. Selain itu, Tanah air banyak dikenal memiliki kuliner enak se-Nusantara.

Indonesia selalu memiliki cerita yang sangat beragam. Kita kaya akan sumber daya alam yang tidak dimiliki oleh negara manapun. Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali kekayaan alam yang sangat luar biasa, seperti hutan luas yang memiliki keanekaragaman hayati dan plasma nutfah terlengkap di dunia. Lebih hebatnya lagi, kita punya bakau terbesar di dunia. Sebagai informasi, tumbuhan baku yang memiliki manfaat yang sangat baik, guna untuk mencegah pengikisan air laut atau sering kita sebut sebagai abrasi.

Tidak hanya itu, negara kita juga memiliki kekayaan pada laut dengan spesies ikan yang sangat banyak. Spesies ikan hiu misalnya, Indonesia memiliki 150 macam spesies ikan hiu terbanyak di dunia. Tanah Air juga memiliki kerumbu karang yang sangat indah, cadangan gas alam terbesar di dunia, bahkan Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia, sekitar 20% dari suplai seluruh dunia.

Indonesia memiliki Candi Borobudur terbesar di dunia, negara kita juga adalah tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia yang bernama Pithecanthrophus Erectus sekitar 1,8 juta tahun yang lalu. Kemudian, ada Rafflesia Arnoldi, bunga terbesar di dunia yang tumbuh di Sumatera.

Keindahan Batu Gantung dari Danau Toba yang Menyimpan Cerita Kesedihan

Btw, negara kita juga memiliki primata terkecil di dunia, yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) yang memiliki panjang 10 cm. Tak hanya itu, ada juga binatang purba yang masih hidup seperti Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur, memiliki berat 90Kg dengan panjang 3 Meter.

Dari banyaknya keindahan, keberagaman dan kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia, sangat disayangkan, banyak dari Kawan GNFI yang masih tidak sadar akan keindahan alam yang dimiliki oleh negara ini.

Apabila banyak dari Kawan GNFI yang masih belum menyadari akan hal tersebut, akan dikhawatirkan ke depannya negara ini akan kehilangan keberagaman yang sudah ada sebelum kita terlahir di dunia ini.

Mulai dari sekarang, untuk mencintai negara ini, jagalah apa yang sudah dimiliki oleh negara ini, jika bukan kita yang menjaganya, siapa yang akan menjaganya? Jangan sampai kita termasuk ke dalam kelompok manusia yang hanya mencari keuntungan dengan merusak keindahan laut dengan membuang sampah sembarangan, menebang pohon sembarangan, serta menghilangkan budaya yang sudah ada sejak dulu. Bagaimana menurut kamu?

Mengungkap Misteri Kuntilanak dalam Penelitian Antropolog Asal Jerman

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

TS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini