Keindahan Batu Gantung dari Danau Toba yang Menyimpan Cerita Kesedihan

Keindahan Batu Gantung dari Danau Toba yang Menyimpan Cerita Kesedihan
info gambar utama

Batu Gantung di Parapat, Simalungun merupakan objek wisata yang menarik saat wisatawan berkunjung ke Danau Toba. Masyarakat mempercayai ada kisah sedih di balik batu yang menggantung itu.

Dimuat dari Detik, Batu Gantung juga dianggap menjadi tempat keramat bagi masyarakat setempat. Di wilayah itu masyarakat diingatkan untuk dilarang berbicara kotor atau menghina keberadaan batu itu.

Pasalnya batu ini dipercaya berawal dari kisah seorang gadis yang dijodohkan oleh ayahnya. Menurut cerita, calon suaminya ini adalah orang bodoh tetapi berasal dari kalangan orang kaya raya.

F1 Powerboat Danau Toba 2023, Sukses Pikat Wisatawan Mancanegara

Sang gadis yang tak mau menikahi pria itu lantas bersedih karena tak bisa menolak perkataan ayahnya. Lalu sehari sebelum pernikahan, gadis ini pun melarikan diri dari rumah bersama anjing peliharannya yang setia menemaninya.

Ketika terjun, rambut gadis itu tersangkut di salah satu pepohonan yang tumbuh di tebing jurang. Tubuhnya pun tergantung bersama anjingnya yang kini menjadi batu. Sejak itu, Batu Gantung tersebut muncul dalam kisah-kisah legenda.

Berawal dari letusan Toba?

Walau begitu, berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Batu Gantung tersebut berasal dari aktivitas pasca letusan Gunung Purba yang membentuk Danau Toba. Hal ini dijelaskan oleh seorang pengamat Geologi Jen Jose.

Dinukil dari Merdeka, dia menjelaskan bahwa Batu Gantung kemungkinan tercipta dari lava andesit yang memiliki kekentalan tinggi. Karena terjadinya perubahan yang ekstrim pasca letusan dari Gunung Toba membuat lava andesit itu kemudian membeku.

Pembententukan batu tersebut lantas disempurnakan oleh proses pelapukan dan erosi batu di sekitarnya. Batu yang tersisa kemudian menjadi Batu Gantung sehingga diperkirakan objek wisata itu sudah ada ribuan tahun lalu.

F1 Powerboat di Danau Toba Sukses, Pujian Berdatangan

Meski hingga kini belum ada yang mengetahui kebenaran legenda tersebut, namun kepercayaan yang kuat dari masyarakat membuat tempat itu disakralkan. Konon di area Batu Gantung pengunjung sering membawa sesaji.

Selain itu, di dasar tebing, konon juga terdapat sebuah lubang yang dihuni oleh makhluk Bunian. Setiap festival Toba berlangsung, beberapa ketua adat memberikan sesaji di bawah Batu Gantung dan di gua kecil tempat mahluk Bunian tersebut berasal.

Jadi tujuan wisata

Selain itu, legenda dari Batu Gantung ini memiliki kaitan dengan asal mula Kota Parapat. Dikatakan, sebelum gadis tersebut meninggal terhimpit batu. Dia sempat berteriak Parapat…parapat batu! yang dalam bahasa Batak berarti merapatlah batu

Ketika itu warga yang datang karena suara anjing sempat ingin menolong. Namun gadis itu sudah berada di penghujung nyawa. Saat itu warga hanya mendengar kata terakhir yang dia teriakan yakni Parapat.

Legenda Danau Toba, Tuan Rumah Kejuaraan Dunia F1 Powerboat

Sejak saat itulah warga menyebut daerah di sekitar kejadian Batu Gantung dengan nama Parapat. Kini daerah sekitar Batu Gantung sudah menjadi objek favorit warga yang berkunjung ke Danau Toba.

Batu Gantung ini sangat populer, tidak hanya di kalangan masyarakat Sumatra Utara saja, tetapi hingga ke daerah lain. Sehingga lokasi Batu Gantung selalu menjadi destinasi wisata yang sangat populer di daerah Danau Toba.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini