F1 Powerboat di Danau Toba Sukses, Pujian Berdatangan

F1 Powerboat di Danau Toba Sukses, Pujian Berdatangan
info gambar utama

Untuk pertama kalinya, balapan F1 Powerboat diselenggarakan di Indonesia. Ajang kebut-kebutan kendaraan air itu telah diselenggarakan di kawasan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu yang terletak di Danau Toba Balige, Sumatra Utara, pada Sabtu (25/2) hingga Minggu (26/2).

Sebanyak 20 pebalap dari 10 tim tampil di Danau Toba. Hasilnya, pebalap asal Polandia Bartek Marszalek keluar sebagai pemenang bersama tim Strømøy Racing F1H2O Team.

Bagi Indonesia, penyelenggaraan F1 Powerboat ini berjalan dengan sukses. Pujian pun datang untuk Indonesia dan Danau Toba, termasuk dari para pebalap yang berlaga.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia

Pujian untuk Indonesia

Pujian datang bahkan sejak balapan belum digelar. Sehari sebelum balapan berlangsung, pendiri H2O Racing Nicolo Di San Germano sekaligus promotor F1 Powerboat sudah menyanjung pemerintah Indonesia yang menurutnya mampu mempersiapkan balapan dengan sangat baik.

"Persiapan hanya enam bulan. Saya ingin menyampaikan bahwa pada Minggu (26/2) akan ada pemenang lomba. Tapi untuk saat ini pemenangnya adalah Pemerintah Indonesia yang telah sukses dalam masa persiapan hingga bisa menyelenggarakan perlombaan dengan lancar," kata Germano saat itu, seperti dilansir ANTARA.

Tidak hanya menyinggung soal baiknya persiapan balapan, Germano juga menyampaikan kekagumannya terhadap keindahan alam Danau Toba.

"Kemegahan, kecantikan, dan keindahan Danau Toba layak diketahui masyarakat dunia. Kami bekerja sama dengan Warner Bros, salah satu broadcaster terbesar di dunia yang memiliki jaringan luas. Sehingga dapat dipastikan bahwa event ini akan menjadi perbincangan internasional," lanjutnya.

Bukan hanya Germano, Sani Selio yang merupakan pebalap dari tim Sharjah juga mengakui jika Danau Toba adalah tempat yang indah.

"Ini adalah putaran pertama pada musim 2023 dan juga pertama bergulir di Indonesia. Saya sangat senang dan sungguh istimewa berada di sini. Organisasi kami hebat memilih lokasi yang bagus," kata Selio.

Sementara itu, Shaun Torrente dari tim Abu Dhabi mengaku menyukai balapan di Danau Toba. Ia bahkan sengaja datang lebih awal untuk beradaptasi dengan cuaca dan perbedaan waktu.

"Kami sangat senang balapan di Danau Toba. Kami senang karena ini tempat berbeda dan memiliki arena balap yang sangat bagus. Ini akan menjadi luar biasa," ujar Torrente.

Bartek Marszalek sang pemenang balapan punya komentar unik. Ia mengatakan bahwa orang-orang di Danau Toba sangat ramah dan murah senyum. Hal itu membuatnya ketagihan balapan di Danau Toba.

"Saya senang berada di sini. Semua orang di sini sangat ramah dan selalu memberikan senyuman. Terima kasih, saya sangat senang dan sangat menantikan balapan selanjutnya di Danau Toba," kata Marszalek.

Asia Pacific Rally Championship: Jagoan Reli Se-Asia Pasifik Akan Ngegas di Danau Toba

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini