754.000 Wisatawan Mancanegara Mengunjungi Indonesia Sepanjang Januari 2023

754.000 Wisatawan Mancanegara Mengunjungi Indonesia Sepanjang Januari 2023
info gambar utama

Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) mengatakan kalau ada 754 ribu wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Indonesia sepanjang tahun 2023.

Ucapan ini disampaikan oleh Sandi pada acara "The Weekly Brief With Sandi Uno" yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, pada Senin, 6 Maret 2023 kemarin.

Dalam acara ini Sandiaga sebagai Menparekraf menerangkan kalau data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2023 ini menyebutkan kalau terdapat kunjungan yang sangat signifikan untuk peningkatan jumlah wisatawan di Indonesia.

Meskipun 2023 ini baru berjalan dalam hitungan bulan, tetapi data dari bulan Januari 2023 setidaknya sudah bisa menjadi gambaran. Sebab, jumlah kni meningkat dengan sangat tajam dari tahun 2023.

“Jika dibandingkan dengan Januari 2022 (angka kunjungan wisman) mengalami peningkatan hingga 503,34 persen," ujar Sandiaga sebagaimana dikutip dalam keterangan tertulis situs Kemenparekraf.

Pecah Rekor, Penonton WSBK 2023 Mandalika Jadi yang Terbanyak

Malaysia dan Australia mendominasi

Pada tahun ini, kunjungan wisatawan mancanegara ini didominasi oleh 5 negara. Mylai dari Malaysia, Australia, Singapura, Timor Leste, serta India.

Untuk meningkatkan bagaimana pariwisata tersebut bisa maju dan dikenal wisatawan asing, maka Sandi juga menjelaskan kalau Kemenparekraf juga akan senantiasa memberikan dorongan agar kunjungan wisatawan bisa terus meningkat.

Saat ini memang menjadi masa ketika wisatawan tidak begitu banyak di Indonesia. Sedikitnya jumlah kunjungan wisman tentunya sudah diakali dengan cara tersendiri oleh Kemenparekraf.

Selama masa penurunan jumlah pengunjung tersebut, Kemenparekraf telah mempersiapkan masalah tersebut. Salah satu upaya utamanya adalah memberikan promo menarik yang bekerja sama dengan berbagai maskapai penerbangan untuk memberikan pengalaman terbaik untuk konsumen.

"Kami juga melakukan program aktivasi melalui famtrip. Lalu ada juga program aktivasi melalui keikutsertaan pameran internasional terbesar seperti SATTE 2023 di India dan ITB Berlin di Jerman yang rencananya akan saya hadiri dan roadshow investasi di Hong Kong," katanya.

Lebih lanjut, dalam data dari BPS disebutkan bahwa wisatawan Malaysia pada Januari 2023 ini mencapai 112.287 kunjungan. Selanjutnya diikuti dengan Australia yang memiliki jumlah kunjungan sebesar 99.089.

Bila dikategorikan secara regional dalam lingkup benua, Asia masih menjadi yang paling besar dalam hal kunjungan, yang mana dari negara ASEAN secara keseluruhan mencapai 277.975 kunjungan dan negara Asia di luar ASEAN mencapai total 197.683 kunjungan.

Kalau untuk negara di kawasan Eropa terdapat 117.397 kunjungan, lalu diikuti dengan Oceania yang punya 105.693 kunjungan. Kemudian ada negara benua Amerika dengan 32.883 kunjungan dan yang paling sedikit adalah wisatawan dari Afrika dengan jumlah 4.316 kunjungan.

Potensi Ekonomi Digital Indonesia Capai 146 Miliar Dolar AS di Tahun 2025

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini