Listrik dan Internet Bakal Dipadamkan Saat Malam Nyepi di Bali

Listrik dan Internet Bakal Dipadamkan Saat Malam Nyepi di Bali
info gambar utama

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali akan memadamkan listrik selama 24 jam di sejumlah wilayah Bali selama hari raya Nyepi Saka 1945, Rabu (22/3/2023). Kebijakan ini dilakukan agar umat Hindu dapat khusyuk ketika melaksanakan Catur Brata Penyepian.

Di Denpasar, misalnya, sebanyak 18.627 lebih Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) bakal dipadamkan mulai Selasa (21/3) pukul 23.00 WITA. Kemudian, dinyalakan kembali pada Kamis pukul 17.00 WITA.

Sejumlah petugas bakal dikerahkan untuk menerima dan menindaklanjuti kalau ada laporan LPJU yang masih menyala saat pelaksanaan Catur Brata Penyepian nanti.

Pemadaman dimulai pada malam pengerupukan dengan menerjunkan 70 orang personel. Lalu, 60 personel lainnya diturunkan untuk memantau pelaksanaan ogoh-ogoh.

"Bagi masyarakat yang masih menemukan adanya LPJU yang menyala saat pelaksanaan Catur Brata Penyepian agar segera melapor kepada kordinator di masing-masing kecamatan untuk segera ditindaklanjuti," kata Kadishub Denpasar I Ketut Sriawan, Senin (20/3/2023).

Bali Damai dan Toleran, Nyepi dan Awal Ramadan Jatuh Bersamaan Bukan Masalah

Sementara itu, Nusa Penida menjadi satu-satunya pulau di Bali yang listriknya akan dipadamkan secara total. Pembangkit listrik di wilayah ini akan berhenti beroperasi selama Nyepi.

Lampu di rumah tangga juga dilarang menyala selama upacara Nyepi berlangsung. Pecalang (polisi khusus desa adat Bali) akan bertugas melakukan patroli dari rumah ke rumah untuk memastikan warga tidak ada yang melanggar aturan ini.

Tak hanya pemadaman listrik, layanan digital seperti data seluler dan Internet Protocol Television (IPTV) juga bakal dimatikan selama Nyepi.

Keputusan ini sejalan dengan SE Menkominfo RI Nomor 4 Tahun 2023 tentang himbauan untuk melaksanakan seruan Pemprov Bali tahun 2023 serta seruan bersama majelis-majelis agama dan lembaga sosial keagamaan Pemprov Bali tentang pelaksanaan rangkaian Hari Raya Suci Nyepi, 13 Maret 2023.

"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, layanan data seluler dan IPTV juga akan dimatikan pada Hari Raya Nyepi," kata Gede Pramana selaku Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi Bali, Sabtu (18/3), dikutip dari CNN Indonesia.

Gede menyebut penonaktifan layanan data seluler dan IPTV akan diterapkan selama 24 jam dari Rabu (22/3) pukul 06.00 WITA hingga Kamis (23/3) pukul 06.00 WITA.

"Ini artinya seluruh layanan data seluler di handphone akan dimatikan," tambahnya.

Meski pemadaman listrik diterapkan hampir di seluruh wilayah Bali, namun PLN tetap menyiagakan petugas untuk memantau operasi listrik di kawasan vital seperti rumah sakit, kantor polisi, atau pemadam kebakaran.

Begitu juga dengan layanan digital. Gede mengatakan bahwa semua layanan pada objek vital seperti rumah sakit, kantor kepolisian, militer, BMKG, BPPD, Basarnas, bandara, dan pemadam kebakaran, akan tetap beroperasi.

Sementara itu, masyarakat masih dapat menggunakan layanan telepon, SMS, dan fiber optik, selama Hari Raya Nyepi. Hal ini diperbolehkan untuk mengantisipasi keperluan yang bersifat darurat.

"Saya berharap pelaksanaan Hari Raya Nyepi tahun ini dapat terlaksana dengan kondusif dan aman," tutup Gede Pramana.

Upacara Melasti, Tradisi Penyucian Diri Menjelang Hari Raya Nyepi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini