Jumlah Penumpang Meningkat, MRT Jakarta Adakan Kembali Gerbong Khusus Wanita

Jumlah Penumpang Meningkat, MRT Jakarta Adakan Kembali Gerbong Khusus Wanita
info gambar utama

MRT Jakarta kembali menyediakan gerbong khusus wanita pada hari ini, Senin (27/3/2023). Gerbong ini terletak di posisi car (gerbong) paling depan alias car 1 di setiap rangkaian kereta.

Adapun penyediaannya digencarkan pada jam-jam sibuk antara lain pada Senin-Jumat pukul 07.00–09.00 WIB dan 17.00–19.00 WIB. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat dalam Forum Jurnalis MRT di Taman Literasi Martha Tiahahu Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (24/3/2023).

“Pengoperasian gerbong wanita akan dijalankan mulai 27 Maret, bulan ini. Khusus untuk wanita, gerbongnya di paling depan. Nanti ada tanda khusus atau warna khusus, biasanya pink,” katanya, dilansir Kompas.com.

Gerbong khusus wanita ini kembali diadakan sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada pengguna MRT, khususnya wanita. Utamanya untuk mencegah tindak pelecehan seksual sehingga meningkatkan rasa aman bagi penumpang wanita.

Seperti diketahui, MRT Jakarta sejauh ini telah mengoperasikan 16 rangkaian kereta dengan enam gerbong di setiap rangkaian keretanya. Maka mulai hari ini, satu gerbong akan dialihkan menjadi kereta khusus wanita saat jam sibuk.

Bersumber dari Tempo.co, gerbong wanita MRT sebelumnya dihapus sejak pandemi 2020 lalu, karena anjloknya jumlah penumpang hingga mencapai 1.400 orang per hari. Padahal saat awal MRT beroperasi pada Maret 2019 lalu, jumlah penumpang per hari bisa tembus sampai 100 ribu orang.

Kemudian saat kebijakan PPKM mulai dihapuskan, penumpang MRT pada Maret 2023 telah meningkat sebanyak 92 ribu orang per harinya. Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat menyampaikan, pihaknya optimis penumpang bakal terus naik seiring dengan masa transisi pandemi menuju endemi.

Penumpang Diizinkan Buka Puasa di Gerbong KRL dan MRT, Ini yang Tak Boleh Disantap

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini