Simak! Ini 7 Fakta Menarik Kampus UI yang Perlu Kamu Ketahui

Simak! Ini 7 Fakta Menarik Kampus UI yang Perlu Kamu Ketahui
info gambar utama

Universitas Indonesia adalah salah satu universitas yang sangat terkenal di Indonesia. Universitas yang terletak di Depok, Jawa Barat atau berada di perbatasan antara Depok dan Jakarta Selatan ini merupakan institusi pendidikan tertinggi dan tertua di Indonesia.

Tak heran banyak sekali para pelajar yang berlomba untuk masuk di perguruan tinggi negeri tersebut. Universitas Indonesia kerap dikenal dengan UI ini memiliki ciri khas yang mencolok dengan warna kuning dan logo yang berbeda dari setiap fakultas, hal ini yang justru menjadi daya tarik bagi seluruh pelajar di Indonesia.

Berbagai infrastruktur bangunan yang unik hingga tatanan lingkungan yang asri menambah suasana nyaman saat berada di kampus UI.

Sejarah Singkat Kampus UI

Sebelum membahas tentang fakta menarik seputar Universitas Indonesia, Kawan GNFI perlu mengetahui tentang UI terlebih dahulu.

Melansir dari laman UI.ac.id, Universitas Indonesia merupakan institusi yang sudah berdiri sangat lama sejak 1849 berada di bawah naungan tangan Belanda dan telah diresmikan pada tahun 1955 sebagai Universitas Indonesia.

Kampus ini juga menjadi kampus yang memiliki 17 fakultas dengan tingkat peminat yang sangat tinggi di Indonesia.

Mengenal Universitas Islam Indonesia: Sejarah, Lokasi Kampus, hingga Jalur Masuknya

Fakta Unik Kampus UI

1. Arti Logo/Makara UI

Setiap Universitas tentu memiliki ciri khas logonya masing-masing. Salah satunya UI yang ternyata kampus ini memiliki warna logo yang berbeda disetiap fakultasnya.

Logo atau Makara tersebut juga memiliki makna yang dalam. Logo tersebut pertama kali diciotakan oleh Sumartono yang merupakan salah satu mahasiswa Fakultas Tekhnik Seni Rupa Universitas Indonesia pada tahun 1952.

Logo UI terkenal dnegan sebutan makara yang memiliki arti kekuatan matahari dan kekuatan bumi, yang artinya UI dapat menjadi institusi sebagai sumber ilmu pengetahuan dan menghasilkan sarjan-sarjana berkompetensi.

2. Perpustakaan UI

Perpustakaan UI | Foto: seputarperpus.com
info gambar

Salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh mahasiswa UI adalah perpustakannya. Perpustakaan UI adalah perpustakan terbesar di dunia dengan peringkat teratas se-Asia.

Perpustakaan ini dapat menampung hampir 1,5 juta koleksi buku dan juga pusat sumber pengembangan diri. Bukan hanya itu, fasilitas yang dihadirkan pun sangat lengkap mulai dari ruangan komputer hingga ruangan santai lainnya yang disediakan.

5 Kampus Terbaik Indonesia Versi 4ICU UniRank 2021

3. Bus Kuning UI

Bus Kuning | Foto: kepsir.com
info gambar

Bagi Kawan GNFI yang hendak berkunjung di kampus UI, tak perlu khawatir dengan transportasi umum. UI memiliki bus yang akan membantu Kawan untuk berkeliling secara gratis.

Akses yang mudah juga didapatkan dari transportasi KRL. Kawan dapat turun di Stasiun Universitas Indonesia atau Stasiun Pondok Cina.

4. Gedung Rektorat UI

Pelantaran UI atau biasa disebut dengan gedung rektorat UI, yaitu gedung yang dibangun pada tahun 1987.

Dilansir dari laman iNews.id, gedung ini merupakan rancangan megah karya Prof. Gunawan, dimana gedung ini memiliki 4 bangunan pendamping seperti pendopo dan digunakan sebagai ruangan pameran dan galeri.

Bukan hanya sebagai pusat administrasi mahasiswa tetapi juga sebagai tempat berfoto di area halaman rektoratnya. Tak heran banyak wisudwan yang berfoto di area tersebut.

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Penerbitan Jurnalistik PNJ

5. Danau UI

Bukan hanya meninjolkan dari segi akademik, ternyata UI menghadirkan suasana asri di setiap sudut kampus tersebut. Bahkan ternyata kampus UI memiliki 6 danau yang menghiasi setiap sudut univeristas.

Danau tersebut antara lain danau kenanga, danau aghatis, danau mahoni, danau puspa, danau ulin, dan danau salam. Namun, dari ke-6 danau tersebut yang paling sering digunakan untuk bersantai adalah pinggiran dana kenanga yang berdekatan dengan perpustakan UI.

6. Berbagai Jalur Seleksi UI

Ternyata bagi Kawan GNFI yang hendak mencoba mendaftar kampus impian ini, ada beberapa jalur seleksi yang tersedia antara lain SNMPTN, SBMPTN, SIMAK UI, Kelas Internasional, dan Juga Olimpiade. Adapun perbedaan seleksi tersebut memiliki harga pendaftaran yang berbeda-beda juga.

7. Tokoh-Tokoh Inspiratif

Najwa Shihab | Foto: ussfeed.com
info gambar

Banyak dari tokoh terkenal di tanah air yang berhasil menempuh pendidikannya di Universitas Indonesia, antara lain Nicholas Saputra, Dian Sastrowardoyo, Tasya Kamila, Najwa Shihab, hingga Raditya Dika dan masih banyak lagi.

Itulah fakta menarik kampus UI yang perlu Kawan ketahui. Kampus impian banyak orang ini ternyata sangat memikat, ya. Apakah Kawan tertarik masuk kampus UI?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

CF
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini