Puncak Arus Mudik Makin Dekat, Begini Cara Pantau CCTV Biar Tak Terjebak Macet

Puncak Arus Mudik Makin Dekat, Begini Cara Pantau CCTV Biar Tak Terjebak Macet
info gambar utama

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI memprediksi peningkatan arus mudik Lebaran akan terjadi pada Rabu, 19 April 2023, dan mencapai puncaknya di hari Jumat, 21 April 2023.

Bagi Anda yang akan segera memulai perjalanan mudik, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kondisi terkini lalu lintas di rute yang akan Anda lalui agar terhindar dari kemacetan parah.

Untuk mengetahui situasi arus mudik di tol dan non-tol, Anda bisa melakukan pemantauan CCTV melalui sejumlah situs resmi milik pemerintah. Langkah ini perlu dilakukan karena selain dapat melihat titik-titik kemacetan, Anda juga bisa mengetahui rute terbaik menuju kampung halaman Anda.

Berikut 3 situs dan aplikasi CCTV Online yang dapat diakses dengan mudah untuk memantau kondisi terkini arus mudik Lebaran 2023 di seluruh Indonesia.

Menjelang Mudik, 391 SPBU Berjalan Siap Pasok BBM di Tengah Kemacetan

1. RTTMC

Situs yang pertama bernama RTTMC alias Road Transport and Traffic Management Center. Situs ini dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI. Tak hanya kondisi lalu lintas, situs ini juga menyediakan informasi cuaca di seluruh titik lokasi CCTV.

Ada 36 titik lalu lintas tol dan non-tol di Pulau Jawa yang bisa Anda pantau, di antaranya: Gadog Puncak, Pos Polisi Nagrek, Jalur alternatif Nagrek Hilir 1, Nagrek (Cagak), Cikaledong, Pasar Limbangan, Jalan Tol (JT) Gentong, Pasar Malangbong, Wangon, Karanganyar, Tanjungpura Karawang 1, Jalur Alternatif Tengah Karawang, Pintu Tol Cikampek, Krapyak Semarang, Simpang Jomin, JT Balonggandu, Pasar Eretan, Pamanukan, Pos Patroli, Tegal Gubug, Pintu Tol Kanci, Losari, JT Tanjung-Cirebon, Simpang Pejagan, Eksit Tol Pejagan, Comal, Terminal Bekasi, Terminal Cirebon, Terminal Tegal, Terminal Semarang, Padalarang, Subang, Naregong (Sumedang), Kadipaten, Sadang, dan Ketanggungan (Bumiayu).

Cara cek CCTV lalu lintas di RTTMC:

  1. Buka alamat situs RTTMC: https://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv
  2. Pilih menu 'Live CCTV'
  3. Pilih ruas jalan yang hendak dipantau
  4. Siaran langsung rekaman CCTV arus mudik siap ditayangkan
Antisipasi Macet Mudik Lebaran 2023, Jurus Jitu Mulai Disiapkan

2. Bina Marga

Bina Marga merupakan situs CCTV milik Direktorat Jenderal Bina Marga di bawah Kementerian PUPR. Di situs ini, Anda dapat memantau situasi lalu lintas tol di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, tersedia juga informasi tarif dan navigasi tol, serta prakiraan cuaca dari BMKG.

Cara cek CCTV lalu lintas di Bina Marga:

  1. Buka alamat situs Bina Marga: https://binamarga.pu.go.id/mudik
  2. Klik opsi 'Lokasi CCTV Tol' untuk pantau CCTV arus mudik di Tol
  3. Pilih ruas tol yang ingin dipantau
  4. Siaran langsung rekaman CCTV arus mudik siap ditayangkan

3. Travoy

Berikutnya, Anda dapat memantau lalu lintas arus mudik Lebaran 2023 melalui aplikasi Travoy milik PT Jasa Marga Tbk. Pengguna jalan dapat melihat rekaman CCTV yang ada di JT Jasa Marga Group hingga menghitung kalkulasi tarif tol yang perlu dibayar selama perjalanan untuk mengantisipasi ketersediaan saldo dompet elektronik.

Selain itu, Travoy juga memiliki sejumlah fitur untuk membantu para pengguna jalan. Mulai dari info tarif tol sesuai golongan kendaraan, lokasi rest area, SPBU terdekat, destinasi kuliner-wisata, call center, derek online, hingga panic shake untuk memanggil bantuan ketika pengguna jalan berada dalam bahaya.

Cara pantau CCTV arus mudik via Travoy

  1. Unduh aplikasi Travoy di PlayStore atau AppStore
  2. Buka aplikasi Travoy, lalu klik menu 'CCTV'
  3. Pilih ruas tol yang hendak dipantau
  4. Siaran langsung CCTV arus mudik siap ditayangkan
3 Langkah Kemenhub Antisipasi Lonjakan Penumpang dan Lalu Lintas Mudik Jalur Laut

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini