Ayo Berkenalan dengan Lima Unit Terapan di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Ayo Berkenalan dengan Lima Unit Terapan di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga
info gambar utama

Apa yang Kawan GNFI pikirkan ketika mendengar ‘kesehatan mental’? Apapun itu, pastinya, kini kesehatan mental tak lagi menjadi topik yang dianggap tabu, setidaknya untuk generasi anak muda sekarang yang lebih terbuka mengenai kesehatan mental dibanding generasi terdahulu. Pesatnya perkembangan teknologi menjadi andil dalam meningkatnya kesadaran terhadap kesehatan mental, yang juga turut meningkatkan minat terhadap ilmu psikologi, sebagai ilmu yang mendasari pengetahuan mengenai topik tersebut.

Nah, di antara Kawan GNFI di sini, apakah ada yang memiliki minat untuk mengembangkan pengetahuan tentang ilmu psikologi? Apakah Kawan juga merupakan siswa SMA yang sedang bingung memilih kampus untuk mempelajari ilmu psikologi? Kalau begitu, tulisan ini untukmu!

Baca juga: Implementasi Digital Marketing Di Era Industri 4.0 Melalui Program Kampus Merdeka

Di Indonesia, ada banyak kampus yang menawarkan program studi psikologi. Di antara sekian kampus tersebut, kamu mungkin akan tertarik pada Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (UNAIR). Memangnya apa, sih, yang membuat Kawan akan tertarik di kampus ini? Salah satunya adalah adanya dispenser air minum yang tersedia di lantai 2 dan 3 untuk mahasiswa. Gratis! Eitts, bukan ini keistimewaan utamanya. Di Fakultas Psikologi UNAIR ini ada lima unit terapan, di mana mahasiswa dapat mengembangkan minat dan kemampuannya dalam bidang tertentu karena mulai semester keempat, mahasiswa psikologi dapat mendaftar magang di salah satu dari kelima unit terapan ini. Apa saja, sih, kelima unit terapan itu?

Fakultas Psikologi UNAIR
info gambar

Yang pertama, ada LP3T (Lembaga Pengkajian & Pengembangan Psikologi Terapan). Lembaga ini memiliki misi untuk membangun psikologi positif di Indonesia. Layanan yang tersedia adalah asesmen dan intervensi psikologi positif untuk pengembangan kualitas kerja dan organisasi di Indonesia. Bagi Kawan yang memiliki minat pada psikologi industri dan organisasi, unit terapan ini akan menjadi wadah yang tepat untuk mengembangkan minat dan keterampilan Kawan!

Kedua, ada PTPP (Pusat Terapan Psikologi Pendidikan), pusat terapan yang memberikan pelayanan dalam bidang psikologi pendidikan dan perkembangan. Produk layanan yang disediakan PTPP untuk masyarakat umum berupa asesmen psikologi yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk mengetahui IQ, pemetaan potensi, bakat dan minat, kesiapan masuk sekolah dasar, serta penyeleksian untuk berbagai tujuan seperti peserta didik CI, mahasiswa baru, beasiswa perguruan tinggi, delegasi pemkot, taruna, guru, dan lain-lain.

Ketiga, ada UPP (Unit Pelayanan Psikologi). Nah, bagi Kawan yang bercita-cita menjadi psikolog, nantinya dapat mencoba magang di pusat terapan ini. UPP menyediakan asesmen dan psikotes, serta layanan konseling dan psikoterapi yang terbuka untuk umum tentunya. Selain dapat memahami lebih dalam mengenai alat tes, di UPP ini mahasiswa magang bisa banyak belajar dari psikolog yang tentunya tidak didapatkan dari perkuliahan biasa.

Mulai semester ketiga nanti, mahasiswa psikologi UNAIR akan mendapatkan beberapa mata kuliah mengenai asesmen dan intervensi dalam bidang psikologi. Pada mata kuliah ini, akan dipelajari berbagai macam alat tes, mulai dari cara administrasi hingga scoring atau pemberian nilai hasil tes. Nah, bagi mahasiswa yang tertarik untuk mempraktikkan alat-alat tes ini secara nyata, sebaiknya mendaftar magang untuk PTPP bila tertarik di ranah pendidikan dan perkembangan, LP3T bila tertarik di ranah organisasi dan industri, atau UPP bila tertarik di ranah kepribadian dan klinis.

Keempat, ada PKPK (Pusat Krisis dan Pengembangan Komunitas), merupakan pusat pengembangan riset terapan, asesmen komunitas, dan analisis sosial yang bertujuan untuk mengembangkan model-model pemecahan masalah sosial di masyarakat menggunakan konsep-konsep terapan psikologi sosial dalam rangka menciptakan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan sosial. Ada banyak kegiatan dalam PKPK, salah satunya adalah belajar secara langsung mengenai manajemen bencana.

Kelima, ada PAUD Anak Ceria. Dalam psikologi, setiap tahapan perkembangan sangat menentukan bagaimana seseorang menghadapi tugas perkembangan di tahapan selanjutnya. Oleh karena itu, mengoptimalkan perkembangan seseorang sejak dini merupakan salah satu perhatian utama dalam bidang psikologi. Untuk memenuhi tujuan tersebut, PAUD Anak Ceria hadir dengan menggunakan model pelayanan pendidikan inklusif, yaitu menempatkan anak normal dan anak berkebutuhan khusus dalam proses belajar yang sama. PAUD ini dibuka secara umum untuk anak usia 3,5 hingga 7 tahun.

Misi dari unit terapan ini bukan hanya untuk memberikan pembelajaran untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, tetapi juga untuk melibatkan orang tua dalam pendidikan dan pengasuhan anak. Di sini, mahasiswa bisa menjadi guru magang, loh! Bagi Kawan GNFI yang suka dengan anak kecil pasti sudah terbayang bagaimana serunya magang di sini, bukan?

Bagaimana? Apakah Kawan sudah tertarik menjadi bagian dari keluarga mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga? Bagi Kawan GNFI, unit terapan mana yang paling menarik?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini