Klathak, Camilan Khas Banjarnegara Kaya Manfaat

Klathak, Camilan Khas Banjarnegara Kaya Manfaat
info gambar utama

Lebaran identik dengan makanan berlemak. Ada opor ayam, rendang, pun bakso berkuah. Dengan makanan yang mengandung lemak ini, sedikit banyak timbul rasa khawatir bila ingin menambah camilan krispi berkalori tinggi seperti gorengan.

Dewasa ini, inovasi di bidang makanan semakin kreatif dan memanjakan para penyuka kuliner. Inovasi makanan krispi yang dapat dijadikan alternatif dari gorengan, salah satunya adalah camilan bernama klathak. Camilan ini berasal dari Banjarnegara dengan bahan dasar singkong.

Berbicara mengenai Banjarnegara, merupakan sebuah kota di Jawa Tengah yang memiliki morfologi wilayah berupa pegunungan. Bentang alam berpendar mulai dari hijaunya pegunungan atau perbukitan, sawah hijau berundak-undak, hingga aliran sungai yang menyejukkan. Kondisi alam ini menjadi salah satu faktor pendukung bagi Banjarnegara untuk kaya akan sumber daya alam, termasuk di dalamnya yaitu ketela pohon atau singkong.

Singkong merupakan tanaman yang mudah ditanam dan tidak rumit dalam perawatannya. Apalagi di daerah pegunungan yang curah hujannya cukup tinggi, petani tidak perlu repot untuk menyiramnya. Jenis pupuk yang digunakan juga pupuk organik seperti: pupuk kandang. Pupuk kandang bisa diambil dari peternak sapi, kambing, atau ayam yang ada disekitar lahan. Pupuk ini bisa diambil dari ternak unggas atau binatang yang petani memiliki.

Melimpahnya hasil alam berupa singkong membuat penduduk asli Banjarnegara mencoba untuk mengolahnya menjadi makanan yang enak dan tahan lama. Salah satunya adalah klathak. Makanan berbahan dasar singkong ini berbentuk seperti keripik. Memiliki cita rasa asin, manis, pedas dan gurih. Dikemas dalam plastik tebal dan tembus pandang. Kawan bisa mendapatkan dengan mudah di toko oleh-oleh di kota Banjarnegara dan sekitarnya seperti Kebumen, Wonosobo, dan Banyumas.

Secara singkat, cara pembuatan klathak yaitu singkong yang sudah dikupas dan dibersihkan kemudian diparut dan diperas airnya. Kemudian dicampurkan bumbu halus perpaduan dari ketumbar, bawang putih, kunyit, cabe dan garam. Aduk campuran tersebut sampai rata. Tambahkan air agar adonan tidak terlalu kering. Bisa dicampurkan dengan irisan daun bawang agar aromanya segar. Kemudian adonan dipipihkan dan digoreng dalam minyak panas sampai kering.

Mengutip Pikiran Rakyat, klathak pertama kali dikembangkan oleh pasangan suami istri yaitu Mulyadi dan Rochimah warga Desa Leksana, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara pada tahun 2008 silam.

Berdasarkan keterangan ini, dapat dipahami bahwa klathak sudah bertahan menjadi camilan selama hampir 15 tahun. Bahkan mampu bertahan melewati pandemi yang sempat melumpuhkan sektor ekonomi. Mungkin karena cemilan berbahan dasar singkong ini harga jualnya murah dengan rasa enak dan unik.

Baca juga: Selain Ketupat, 5 Makanan dari Beras Berbungkus Daun Ini Juga Dikenal di Asia

Cemilan klathak cocok dinikmati saat bersantai maupun saat sibuk mengerjakan tugas. Bahkan cocok dihidangkan saat perayaan lebaran. Menemani kue-kue lebaran yang umumnya bercita rasa manis.

Meskipun klathak adalah gorengan tapi ia tetap bisa menjadi kawan yang menyenangkan bersama dengan ketupat, opor, rendang dan hidangan perayaan lebaran yang lainnya. Kawan tidak perlu ragu untuk menyantapnya. Berikut beberapa manfaat singkong goreng (yang dalam hal ini klathak termasuk ke dalam jenis singkong goreng) yang bisa Kawan peroleh:

  1. Sumber energi
  2. Mencegah anemia
  3. Melindungi dan memperbaiki jaringan tubuh
  4. Mencegah sembelit
  5. Meningkatkan kekebalan tubuh
  6. Menurunkan kadar kolesterol
  7. Mengurangi resiko penyakit jantung
  8. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi
  9. Mengatur tekanan darah
  10. Mencegah penyakit kanker
  11. Menurunkan kadar gula darah

Begitu banyak manfaat singkong goreng bagi kesehatan. Meskipun begitu kawan tidak disarankan untuk makan terlalu banyak. Karena yang berlebihan akan mempunyai dampak tidak baik bagi kesehatan.

Toko Oleh-Oleh Penjual Klathak Asli Banjarnegara
info gambar

Bagaimana apakah kawan tertarik untuk melihat lukisan alam yang luar biasa di sekitar Kabupaten Banjarnegara sembari menikmati khatak asli Banjarnegara yang bercita rasa unik. Salah satu toko oleh-oleh yang menjualnya adalah toko Gerai Jajan Mbanjar yang terletak di Jalan Dipayuda dekat alun-alun Kota Banjarnegara. Mari kawan berwisata alam sekaligus wisata kuliner.

Baca juga: Gulai Pisang, Olahan Kuliner Pisang Unik dari Bengkulu

Sumber referensi :

https://banjarnegara.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-2464021694/klatak-cemilan-khas-banjarnegara-yang-merakyat-dan-menggugah-selera?page=2

https://manfaat.co.id/manfaat-singkong-goreng

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DY
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini