Inggris Ungkap Pemakaman Ratu Elizabeth II Habiskan Dana Rp3 Triliun

Inggris Ungkap Pemakaman Ratu Elizabeth II Habiskan Dana Rp3 Triliun
info gambar utama

Pemakaman mendiang Ratu Elizabeth II pada 19 September 2022 lalu, dilaporkan menelan dana hingga 161,743 juta Euro atau setara Rp2,6 Triliun. Sebanyak enam departemen pemerintah utama serta dua kantor adminstrasi berkewajiban menanggung biaya keamanan dan upacara yang berlangsung selama 11 hari itu.

Pemerintah Inggris menetapkan hari berkabung nasional sejak 8 September, ketika Ratu Elizabeth berpulang setelah 75 tahun berkuasa. Ratusan ribu orang berdatangan setiap hari untuk memberi penghormatan di Edinburgh dan Westminster Hall London, sampai puncak pemakaman kenegaraan digelar.

Menteri Keuangan Inggris John Glen mengungkapkan dalam pernyataan tertulis, bahwa pemerintah memprioritaskan agar pemakaman itu berjalan lancar, disertai tingkat martabat yang sesuai, dan tetap menjaga keselamatan serta keamanan masyarakat.

Bangkitkan Kendari Werk, Kerajinan Perak yang Dikagumi Ratu Wilhelmina

Glen menyatakan, pihaknya akan melakukan publikasi resmi dalam beberapa bulan mendatang terkait anggaran sebenarnya untuk pemakaman Ratu Elizabeth II. Sembari menyelesaikan pembukuan, dia menerbitkan perkiraan biaya yang akan dilimpahkan kepada 8 departemen pemerintah utama dan administrasi.

Dalam daftar tersebut, Kementerian Dalam Negeri menghabiskan anggaran paling banyak, yaitu £73,68 juta. Lalu, disusul Departemen Kebudayaan, Media, dan Olahraga, yang mengeluarkan dana sebesar £57,4 juta untuk pembaringan Ratu selama empat hari di Westminster Hall. Lebih dari 250.000 orang menghadiri upacara tersebut.

Mengutip pernyataan Glen di UK Parliament, berikut daftar lengkap estimasi biaya yang dikeluarkan pemerintahan Inggris untuk pemakamaman Ratu Elizabeth II.

  1. Kementerian Budaya, Media, dan Olahraga: £57,420 juta
  2. Kementerian Perhubungan: £2,565 juta
  3. Kementerian Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan: £2,096 juta
  4. Kementerian Dalam Negeri: £73,68 juta
  5. Kementerian Pertahanan: £2,890 juta
  6. Kantor Irlandia Utara: £2,134 juta
  7. Pemerintah Skotlandia: £18,756 juta
  8. Pemerintah Welsh: £2,202 juta
Ratu Kalinyamat dari Tanah Jepara, Pembangun Poros Maritim dan Disegani Portugis

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini