Gotong Royong Pandawara Group dan Warga Bersihkan Pantai Labuan, Pemda Kecolongan?

Gotong Royong Pandawara Group dan Warga Bersihkan Pantai Labuan, Pemda Kecolongan?
info gambar utama

Pantai Labuan yang berada di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten menjadi sorotan publik. Hal ini terjadi setelah kelompok pemuda mengunggah kondisi pantai tersebut yang penuh sampah.

Video Pantai Labuan yang penuh sampah tersebut diunggah dalam akun media sosialnya @pandawaragroup. Pandawara group adalah sekelompok pemuda yang viral karena aksinya membersihkan sampah-sampah di berbagai tempat.

Berapa Lama Sampah Bisa Terurai? Ada yang Sampai Jutaan Tahun!

Pandawara Group memperlihatkan tumpukan sampah sudah menjadi keras dan menumpuk.
Pada video itu Pandawara menyebut Pantai Labuan Pandeglang adalah pantai terburuk dan terkotor nomor 1 di Indonesia.

“Pantai terburuk dan terkotor nomor 1 di Indonesia,” ucap salah satu pemuda Pandawara Group.

“Coba liat tuh sampahnya, numpuk gini. Ga tau di sengaja apa gimana. Nih liat nih..banyak kain gitu. Coba liat ini, ini berat,” ucap pemuda yang mencoba mengangkat sampah.

Mengajak kolaborasi

Pandawara Group menjelaskan bahwa kondisi Pantai Labuan yang penuh sampah tidak harus menjadi ajang saling menyalahkan. Mereka malah berharap adanya upaya gotong royong antara pemerintah dan masyarakat

Karena itulah Pandawara Group kemudian meminta bantuan kepada siapapun yang ingin membantu membersihkan sampah di Pantai Labuan Pandeglang. Mereka mengajak untuk masyarakat dan pemerintah sama-sama hadir.

Mudik Minim Sampah di Masa Libur Lebaran 2023, Yuk!

“Kita Pandawara Group meminta bantuan kepada siapa pun yang ingin membantu kita membersihkan pantai ini,” ajak pemuda Pandawara Group.

Permohonan dari Pandawara Group pun direspon baik oleh masyarakat sekitar. Terpantau dari story akun Instagram mereka, sejumlah masyarakat berbondong-bondong untuk saling membersihkan sampah di Pantai Labuan, Kabupaten Pandeglang.

“Banten pecah, 100 persen,” kata Pandawara Group.

Kecolongan?

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pandeglang Achmad Saepudin menyebut pemerintah daerah sebenarnya sudah berencana membersihkan Pantai Teluk di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

“Kita sudah koordinasi dengan Kecamatan Labuan kita akan lakukan bersih-bersih (di bulan Mei) cuma momennya keduluan mereka,” kata Achmad kepada Kompas.

Achmad menyatakan pihaknya kerap membersihkan sampah di Pantai Teluk Labuan, terakhir kali dibersihkan pada Oktober 2022. Tetapi ada sejumlah kendala yang membuat pengangkutan sampah dari tersebut tidak dilakukan rutin.

Soroti Lemahnya Hukum Soal Sampah, Waste4Change Ajak Jurnalis Berkolaborasi

Salah satunya adalah Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bojong Canar tidak siap menerima kiriman sampah. Selain itu mereka juga perlu menyiapkan alat berat sehingga belum bisa dilakukan.

Maski demikian, Achmad menyambut baik aksi bersih-bersih yang dilakukan oleh Pandawara dan masyarakat. DLH Pandeglang juga turut serta dalam kegiatan itu. Karena itu Pemkab Pandeglang akan merutinkan agenda bersih-bersih seperti Pandawara Group.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini