Hari Belanja Diskon Indonesia Siap Digelar, Ada Promo hingga 78 Persen

Hari Belanja Diskon Indonesia Siap Digelar, Ada Promo hingga 78 Persen
info gambar utama

Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) akan memberikan diskon serentak di pusat perbelanjaan, seperti mal dan restoran dalam rangka Hari Belanja Diskon Indonesia atau HBDI tanggal 14–27 Agustus 2023.

Promo tersebut digelar untuk merayakan Hari Ulang Tahun Hippindo sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-78. Oleh karenanya, diskon yang diberikan akan menggunakan angka 7 dan 8.

“Jadi angka diskonnya bsia 78 persen, bisa juga Rp78.000, jadi itu bagaimana masing-masing anggota untuk improvisasi sendiri memberikan diskonnya. Tetapi yang pasti diskonnya harus 7 atau 8,” kata Ketua Umum Hippindo Budiharjo Induansjah, dilansir dari Kompas.com, Kamis (8/6/2023).

Pihaknya meyakini program HBDI tersebut mampu mendorong pertumbuhan sektor ritel tahun 2023 hingga mencapai target penjualan sekitar Rp60–70 triliun. Berkaca dari tahun 2019, HDBI dikatakan bisa meningkatkan penjualan sebesar 50 persen.

Pelaku Belanja Online Kian Tinggi di Indonesia, Produsen Ponsel Manfaatkan Momentum

Dongkrak pertumbuhan UMKM

Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyebut acara HBDI dapat menggairahkan ekonomi perdagangan yang berkolaborasi dengan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurutnya, kolaborasi tersebut merupakan salah satu bentuk konkrit lintas kementerian atau lembaga serta juga antara stakeholder, pemerintah, pengusaha dan asosiasi.

Lebih lanjut, program HBDI pun digadang-gadang mampu mendongkrak pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Program promo ini diketahui akan fokus untuk memberdayakan pelaku UMKM karena konribusinya yang besar kepada PDB.

Data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyebutkan, jumlah UMKM di Indonesia sudah mencapai 99 persen dari keseluruhan unit usaha, dengan kontribusi terhadap PDB pada 2022 mencapai 60,5 persen dan terhadap penyerapan tenaga kerja sebesar 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Geliat PayLater dan Kiat Belanja Online dengan Upaya Penghematan yang Efektif

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini