Cara Budidaya Bunga Sedap Malam, Mulai dari Menanam dan Merawatnya

Cara Budidaya Bunga Sedap Malam, Mulai dari Menanam dan Merawatnya
info gambar utama

Apakah Kawan mengenal bunga sedap malam? Apakah bunga tersebut rasanya sedap, tetapi tumbuh setiap malam? Mungkin, bagi sebagian orang awam akan berpikir seperti itu, ya. Diketahui, budidaya bunga sedap malam sering kita temukan di berbagai daerah.

Hal ini dikarenakan bunga sedap malam memang cukup mudah ditanam dan dirawatnya. Ditambah, iklim Indonesia yang notabene tropis membuat tanaman hias ini cepat tumbuh subur.

Lalu, apakah Kawan ingin membudidaya tenaman ini di sekitar halaman rumah Kawan? Nah, ada beberapa hal yang perlu Kawan ketahui terlebih dahulu tentang bunga sedap malam?

Apa itu Bunga Sedap Malam?

Seperti yang dijelaskan pada intro paragraf, bunga sedap malam atau nama ilmiahnya adalah Polianthes Tuberosa ini merupakan tanaman hias. Bunga ini tumbuh subur di iklim tropis, salah satunya Indonesia.

Sesuai namanya, bunga sedap malam memiliki wangi yang khas dan tercium di malam. Ditambah, malam hari merupakan waktu bermekaran dari bunga sedap malam.

Selain itu, bunga sedap malam memiliki manfaat di bidang kesehatan dan estetika. Tidak heran kalau banyak warga yang memilih bunga sedap malam sebagai tanaman hias di rumahnya.

Baca juga: Keindahan Kota Batu sebagai Simbol Budidaya Bunga di Indonesia

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Pastinya dalam budidaya sedap malam, Kawan butuh beberapa cara atau langkah yang tepat. Untuk itu, Kawan harus mengetahui cara menanam bunga sedap malam, yakni:

1. Pemilihan Bibit Bunga Sedap Malam

Setiap orang yang ingin bercocok tanam, pastinya butuh memilih bibit yang berkualitas bagus. Bagi bunga sedap malam, Kawan harus memilih bibit yang memiliki umbi. Pastikan umbi tidak boleh lecet atau terluka. Kawan juga harus mengukur tinggi bibit sekitar 1-2 cm.

Cobalah untuk ambil umbinya. Potong akar-akar umbi dan keringkan umbi selama 3-4 minggu. Kemudian, Kawan menyimpan bibit itu hingga sebulan penuh. Proses ini memang memakan waktu lama sebelum ditanam.

2. Persiapkan Media Tanam Terbaik

Ada banyak media tanam yang bisa Kawan pilih untuk menanam bunga sedap malam. Diketahui, beberapa media tanam tersebut, diantaranya: pot, tanah langsung, polybag, arang sekam, pupuk kompos, air secukupnya, dan cetok.

Baca juga: Kota Konya Turki, Sejenak Healing di Kota Bunga

3. Waktunya Menanam

Setelah disimpan selama 1 bulan penuh, Kawan perlu mengambil bibit tersebut. Selanjutnya, Kawan bisa mencampurkan tanah, pupuk, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1.

Campurkan hingga tercampur ratu. Kawan bisa melubangi pada titik tengah diantara tanah atau pot sedalam 5 cm. Setelah itu, masukkan bibit dan tutup lubangnya dengan tanah. Jangan lupa untuk potnya, Kawan tempatkan pada area yang terkena sinar matahari cukup.

Budidaya Rawat Bunga Sedap Malam

Banyak orang beranggapan bahwa menanam lebih mudah daripada merawat. Yap, pernyataan tersebut ada benarnya. Sebab, Kawan harus menjaga tanaman tersebut agar tumbuh subur sesuai ekspektasi Kawan.

Ditambah, banyak rintangan selama menjaga atau budidaya bunga sedap malam, seperti bencana alam, hewan pengerat, atau tangan jahil manusia. Maka dari itu, Kawan harus memerlukan tenaga dan pikiran ekstra untuk merawat bunga sedap malam. Berikut cara merawat bunga sedap malam.

1. Siram Tanaman Secara Rutin

Sama dengan tanaman lainnya, Kawan perlu menyiram secara rutin bunga sedap malam. Hal ini untuk memberikan nutrisi agar bunga sedap malam tidak layu. Ditambah, kondisi tanah harus tetap lembab agar bunga sedap malam bisa tumbuh subur. Dengan tanah yang lembab, maka timbul akar yang kuat.

Baca juga: Kisah Pilu Peziarah yang Menabur Bunga di Pemakaman yang Tenggelam

2. Siram Lebih Banyak Saat Kemarau

Apakah Kawan sedang merawat bunga sedap malam ketika musim kemarau? Maka, cobalah untuk menyiramnya dengan porsi air yang lebih banyak. Hal ini untuk menghindari tanaman bunga kering.

Meskipun begitu, pastikan cek kondisi tanah untuk mengetahui pengaliran airnya. Sebab, tanah yang kering akibat kemarau juga membuat bunga sedap malam tidak tumbuh atau mati.

3. Berikan Pupuk

Pupuk yang direkomendasikan adalah pupuk NPK. Pupuk ini memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bunga sedap malam, seperti nitrogen, fosfor, dan potasium. Pastikan, berikan pupuk NPK dengan perbandingan 1:1.

Perlu diperhatikan bahwa pemberian pupuk tidak boleh dilakukan secara berlebiha atau sering. Kawan harus memberikan rentang waktu sekitar 6 minggu agar tanaman bunga sedap malam dapat tumbuh dengan baik.

4. Waktu Tanaman Tumbuh Subur

Bunga Sedap Malam
info gambar

Pada umumnya, bunga sedap malam tumbuh subur sekitar waktu 3 bulan hingga 4 bulan. Jika dirasa batangnya sudah memanjang dan bunga bermekaran, maka potonglah batang tanaman dan ambil bunganya. Kawan tidak perlu khawatir soal pertumbuhannya karena bunga sedap malam tidak akan layu ketika diambil bunganya.

5. Jangan Lupa Dicangkok atau Penyokong

Tanaman bunga sedap malam yang sudah dipotong harus diberi support atau penyokong. Kawan bisa melakukan cangkok atau memberikan nutrisi pada tumbuhan bunga.

6. Potong Bunga yang Layu

Jika Kawan melihat bunga sedap malam yang layu atau menguning. Potong secara berkala agar bunga sedap malam bisa tumbuh dengan subur.

7. Potong dengan Gunting yang Bersih

Setiap memotong tanaman, pastikan gunting yang Kawan pakai selalu bersih. Hal ini dilakukan untuk mencegah infeksi atau penyakit pada tanaman. Cuci secara rutin gunting Kawan, ya.

Itulah beberapa informasi tentang bunga sedap malam. Budidaya bunga sedap malam memang butuh proses yang cukup lama. Meskipun begitu, hikmah dari budidaya ini adalah Kawan bisa melatih kesabaran dan ketenangan dalam mencintai proses menuju kesuksesan. Apakah Kawan tertarik budidaya bunga sedap malam?

Referensi: haibunda.com | rumah.com | rumah123.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini