Kota Konya Turki, Sejenak Healing di Kota Bunga

Kota Konya Turki, Sejenak Healing di Kota Bunga
info gambar utama

Konya merupakan sebuah nama kota yang berlokasi di negara Turki. Mengutip dari laman Republika, Konya memiliki lokasi spesifik di dataran tinggi Anatolia Tengah (sekitar 250 km dari arah selatan ibu Kota Turki yaitu Ankara).

Kota ini indah dan subur, terkenal dengan rimbun dan cantiknya bunga yang tumbuh. Melansir konya.bel.tr, ada pagelaran bunga yang biasanya dilaksanakan setiap musim semi. Pagelaran ini mengusung sekitar 2,5 juta bunga tulip dan sekitar 700 ribu bunga lain seperti petunia , begonia, marigold, hingga salvia.

Oiya, tahukah Kawan bahwa Kota Konya ini merupaka tempat tinggal Jalaludin Rumi. Jalaludin Rumi merupakan sufi yang mengajarkan ilmu tasawuf. Tasawuf dalam KBBI bermakna ajaran (cara dan sebagainya) untuk mengenal dan mendekatkan diri kepada Allah sehingga memperoleh hubungan langsung secara sadar dengan-Nya. Sedangkan INSIST, menginformasikan tasawuf berdasar pendapat A.Zarruq yang mengartikan tasawuf sebagai ilmu yang bertujuan untuk memperbaiki hati dan memfokuskannya kepada Allah Swt.

Dervish Foto: Pixabay/ LoggaWiggler
info gambar

Baca juga: 5 Rekomendasi Perpustakaan Asik di Jakarta

Nah, bagi Kawan yang hendak healing dengan jalan mengunjungi destinasi tertentu, Kota Konya bisa menjadi salah satu daftarnya. Berikut rekomendasi beberapa destinasi wisata di Kota Konya, Turki:

Konya Tropical Butterfly Garden

Tulip Foto: Pixabay/Yesilelma
info gambar

Yaitu Tropical Butterfly Garden (dalam bahasa Indonesia bermakna taman kupu-kupu tropis). Pengujung akan dimanjakan dengan pemandangan beragamnya kupu yang beterbangan di taman ini. Taman ini berlokasi di Parsana, Ismail Kaya Cd. NO:244, 42250 Selçuklu/Konya, Türkiye.

Masjid Aziziye

Konon, Masjid Aziziye yang memiliki desain klasik ini dibangun oleh Otman Mustafa Pasa tahun 1676 M. Berlokasi di Aziziye, Selimiye Cd. 9 B, 42030 Karatay/Konya, Türkiye.

Masjid Alaeddin

Sejarahnya, Masjid Aleddin ini dahulunya merupakan istana dari Kerajaan Seljuk, sebuah dinasti yang membawahi Asia Tengah dan Asia Timur sekitar abad 11 hingga 14 M. Konstruksi arsiteknya mengikustrasikan kekuatan Seljuk pada zamannya. Lokasinya ada di Ihsaniye, Alaaddin Blv. No:4211, 42030 Selçuklu/Konya, Türkiye.

Museum Mevlana

Museum Mevlana Foto: Pixabay/ LoggaWiggler
info gambar

Melansir dari Tour Turki, museum ini merupaka saksi dan napak tilas kehidupan sufi bernama Jalaludin Rumi. Arsitektur bangunan unik, ada yang berbentuk kerucut dengan warna turquoise. Museum Mevlana pun menjadi lokasi makam Jalaludin Rumi. Destinasi ini berlokasi di Aziziye Mah, Mevlana Cd. No:1, 42030 Karatay/Konya, Türkiye.

Baca juga: Masjid Ar Rahman, Replika Masjid Nabawi dari Kota Blitar

Carabanserai

Dahulu, carabensari difungsikan sebagai tempat melintas bagi pedagang yang bebas pajak. Para pedagang zaman dahulu berdagang dengan lebih dahulu melintasi India, Persia, dan China. Desain bangunan di carabensari ini unik, klasik, dan ber-vibes sejarah. Berlokasi di Cumhuriyet Mahallesi, Konya Aksaray Yolu, 68000 Sultanhani Belediyesi/Aksaray Merkez/Aksaray, Turkey ·

Seljuk Tower

Merupakan bangunan peninggalaan kejayaan Kerajaan seljuk. Memiliki 42 langai dengan tinggi 163 meter. Seljuk Tower merupaka destinasi yang sangat indah.

Panorama Konya Müzesi

Merupakan musuem di Konya yang berisi miniatur sejarah peradaban konya abad 13. Berlokasi di Aziziye, 42030 Karatay/Konya, Türkiye.

Kilistra

Merupakan bentang napak tilas reruntuhan Kota Konya di Turki. Melansir dari Got Travelly , bentang pemandangan di Kilistra berupa bebatuan besar dengan bentuk yang unik. Konon, bebatuan ini terbentuk dari zaman dahulu kala.

Kalau Kawan dapat kesempatan mengunjungi Kota Konya di Turki, destinasi mana nih yang mau dikunjungi pertama? Jangan lupa jeda healing sejenak dari aktivitas sehari-hari ya, Kawan.

Baca juga: Mengenang Jasa Soekarno bagi Indonesia di Makam Bung Karno

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini