Wakili Indonesia, Bali United, PSM, dan Persija Menuju Panggung Sepak Bola Asia

Wakili Indonesia, Bali United, PSM, dan Persija Menuju Panggung Sepak Bola Asia
info gambar utama

Indonesia sudah punya wakil di kompetisi sepak bola tingkat Asia musim 2023-2024, yakni Bali United, PSM Makassar, dan Persija Jakarta.

Indonesia menetapkan tiga tim untuk ke kompetisi Asia 2023-2024. Setelah melalui serangkaian proses, penentuan ketiga tim yang menjadi wakil Indonesia akhirnya selesai.

Nantinya, Bali United, PSM, dan Persija akan tampil di ajang yang berbeda dengan jalur yang berbeda pula. Bali United tampil di kualifikasi Liga Champions Asia, PSM ke kualifikasi Piala AFC, sementara Persija menjadi standby team Piala AFC.

Bali United berhak ke kualifikasi Liga Champions Asia setelah mengalahkan PSM Makassar dalam laga play-off internal. Kedua tim bermain dua kali dalam format kandang-tandang pada Selasa (6/6/2023) dan Sabtu (10/6/2023).

Pada laga perdana, Bali United menjadi tuan rumah lebih dulu di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Laga kemudian berakhir dengan skor imbang 1-1. Pun demikian dengan laga kedua yang digelar di Stadion B.J Habibie, Parepare, kedua tim bermain imbang 1-1 selama waktu normal plus babak tambahan waktu.

Di Parepare, laga kemudian dilanjutkan ke babak adu penalti. Hasilnya, Bali United keluar sebagai pemenang sekaligus berhak tampil di babak play-off Liga Champions Asia, sementara PSM menemani Persija di Piala AFC.

Pratama Arhan dan Lemparan Saktinya yang Berbuah Torehan Apik di Sepak Bola Jepang

Tantangan Masih Menanti

Meski ketiganya sudah mendapat tiket ke kompetisi Asia, namun bukan berarti tantangan sudah berakhir. Sebaliknya, tantangan baru dengan lawan yang lebih berat sudah menanti.

Bali United masih harus melewati babak preliminary round playoff di wilayah timur. Jika berhasil menang, Serdadu Tridatu harus tampil di babak play-off berikutnya dulu, dan baru bisa tampil di putaran final apabila mampu menang lagi.

Lawan yang dihadapi Bali United juga bukan kaleng-kaleng. Di preliminary round playoff wilayah timur, mereka menghadapi wakil Hongkong Lee Man FC. Jika menang, Bali United akan bertemu juara bertahan Liga Champions Asia, yakni Urawa Red Diamonds.

Sementara itu, PSM masih menanti lawan di kualifikasi Piala AFC. Juku Eja akan menghadapi klub dari Myanmar atau Kamboja.

Kemudian untuk Persija, status standby club membuat mereka tidak perlu melakoni laga play-off maupun kualifikasi. Berhak atau tidaknya Macan Kemayoran tampil di Piala AFC akan tergantung kepada hasil yang didapat Bali United di play-off Liga Champions Asia. Jika Bali United mampu lolos ke putaran final, maka Persija bisa langsung tampil di putaran final Piala AFC.

Dari Rumania, Marian Mihail Bersiap Unjuk Gigi di Sepak Bola Indonesia bersama PSS Sleman

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini