Jelang Masa Liburan, Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Kian Turun

Jelang Masa Liburan, Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Kian Turun
info gambar utama

Jelang masa liburan sekolah, terjadi penurunan harga dari tiket pesawat untuk penerbangan domestik ke berbagai lokasi. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan tertulis.

Menurut Sandi, dengan adanya penurunan harga tiket pesawat yang terjadi menjelang masa liburan sekolah dapat semakin meningkatkan kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Dalam pernyataannya pada hari Rabu (14/6/2023), Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan bahwa berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi penurunan harga komoditas tiket pesawat setelah periode libur Idul Fitri pada bulan April 2023.

"Tekanan inflasi tarif angkutan udara secara year-on-year tampak terus menurun dalam beberapa bulan terakhir," kata Sandiaga.

Turunnya harga tiket pesawat ini berlaku ke seluruh penerbangan di Indonesia, begitu pula untuk tujuan penerbangan ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia yang harganya tidak melebihi Rp1 juta.

Perdana di 2023, Indonesia Ekspor Pesawat ke Thailand untuk Modifikasi Cuaca

Karena hal tersebut, Menparekraf Sandiaga menyatakan bahwa situasi ini dapat menjadi kesempatan untuk memulihkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Terlebih lagi, penurunan harga tiket ini terjadi sejalan dengan liburan sekolah.

Sehingga, pelaku parekraf perlu memanfaatkan momen ini untuk menawarkan paket perjalanan yang menarik dan unik dengan harga tidak terlalu mahal.

"Apalagi, dalam waktu dekat kita akan memasuki masa liburan sekolah di mana akan ada banyak wisatawan yang mengajak keluarganya untuk bertamasya," ujarnya.

Di samping itu, Menparekraf Sandiaga juga menganjurkan agar para wisatawan memanfaatkan waktu libur sekolah untuk mengunjungi berbagai destinasi pariwisata di Indonesia. Tujuannya adalah agar target kunjungan wisatawan domestik sebanyak 1,2 miliar hingga 1,4 miliar pada tahun 2023 dapat tercapai.

"Kemenparekraf terus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk menghadirkan paket-paket wisata yang menarik di dalam negeri, jadi mari kita berwisata #DiIndonesiaAja. Sehingga wisatawan bisa ikut berpatisipasi dalam membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja," kata Menparekraf Sandiaga.

Jadi, dengan adanya penurunan harga tiket pesawat ini, apakah kamu tertarik untuk berwisata dalam waktu dekat?

Emirates Buka Layanan Airbus A380 untuk Penerbangan ke Bali

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini