Tarif TransJ-MRT-LRT Cuma Rp1 Hari Ini, Rayakan HUT ke-496 DKI Jakarta

Tarif TransJ-MRT-LRT Cuma Rp1 Hari Ini, Rayakan HUT ke-496 DKI Jakarta
info gambar utama

Dalam rangka merayakan HUT ke-496 DKI Jakarta, TransJakarta, MRT, dan LRT Jakarta, menerapkan tarif Rp1 khusus hari ini, Kamis (22/6/2023). Hal ini dilakukan mengikuti Keputusan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta e-0078 Tahun 2023.

“Sebenarnya gratis, tapi karena terkait dengan pencatatan transaksi, maka dikenakan satu rupiah saja,” ungkap Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (21/6/2023).

Direktur Utama TransJakarta Welfizon Yuza mengatakan, khusus untuk layanan TransJakarta, Mikrotrans, TransJakarta Cares, dan Bus Wisata, tetap berlaku tarif Rp0 alias gratis.

“Bagi pelanggan diimbau untuk membawa kartu uang elektronik (KUE) ketika akan menggunakan layanan TransJakarta,” ucap Welfizon dalam keterangan tertulis.

Transjakarta Rute Bandara Soetta Bakal Terbuka untuk Umum, Ongkos Rp3.500

Seluruh layanan di atas berlaku mulai pukul 00.00 s.d. 23.59 WIB. Namun, khsusus MRT, penerapan ongkos Rp1 mulai efektif pukul 05.00 WIB hingga 24.00 WIB. Pengguna jasa tetap harus melakukan pengetapan di passenger gate, baik saat masuk maupun keluar. Tarif berlaku untuk semua jenis pembayaran seperti kartu MTT, KUE bank, dan pembelian melalui aplikasi MRT-J.

“Penerapan tarif layanan khusus diharapkan dapat mendorong peningkatan angka keterangkutan masyarakat dalam memeriahkan dan merayakan hari ulang tahun DKI Jakarta tahun ini,” ucap Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi, Rabu (21/6/2023).

Sementara itu, untuk melakukan pembayaran di LRT Jakarta, penumpang bisa menggunakan KUE seperti JakLingko Card, JAK Card, Flazz, E-Money, Brizzi, dan lainnya. Tak hanya itu, penumpang juga dapat menggunakan aplikasi LinkAja maupun JakLingko App yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store

“Mari kita bersama-sama menjadikan momen ini sebagai kesempatan untuk lebih mengenal dan menggunakan transportasi publik yang semakin berkembang di Jakarta,” ujar Sheila Indira Maharshi, Head of Corporate Secretary Division PT LRT Jakarta, dalam siaran pers, Rabu (21/6/2023).

Penumpang MRT dan Transjakarta Boleh Lepas Masker, Bagaimana dengan KRL?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini