Wah! Ada Ajang Olahraga Mutievent yang Digelar di Indonesia Tahun 2027 Mendatang?

Wah! Ada Ajang Olahraga Mutievent yang Digelar di Indonesia Tahun 2027 Mendatang?
info gambar utama

Indonesia bisa jadi kembali menggelar sebuah ajang olahraga multievent pada tahun 2027 mendatang. Akankah hal itu terwujud?

Ajang yang dimaksud adalah Special Olympics World Games (SOWG). Ajang tersebut merupakan pesta olahraga bagi atlet yang menyandang disabilitas intelektual.

Peluang Indonesia untuk jadi tuan rumah SOWG terbuka setelah adanya tawaran kesempatan dari Special Olympics International (SOI) untuk menghelat SOWG 2027. Tawaran itu diberikan melalui pertemuan antara SOI dan Kemenpora RI di Hilton Hotel, Berlin, pada 21 Juni lalu.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menjelaskan bahwa pihak SOI berharap bisa menindaklanjuti tawaran yang diberikan. Sementara itu, tawaran tersebut juga akan dilaporkan dahulu kepada Presiden Joko Widodo.

Tentu bukan tanpa alasan pula SOI menawarkan Indonesia menjadi tuan rumah SOWG. Hal yang menjadi pertimbangan SOI adalah perkembangan inklusivitas di Indonesia serta rekam jejak dalam penyelenggaraan sejumlah ajang olahraga multievent.

“Setelah Eropa, Indonesia dianggap pantas mewakili Asia Pasifik. Ditambahkan pula bahwa syarat menyangkut fasilitas penyelenggaraan Indonesia sudah memenuhi. Beberapa kali penyelenggaraan ajang besar Indonesia sudah menyelenggarakannya di vanue berstandar Olimpiade," ujar Dito Ariotedjo dalam keterangan tertulis Kemenpora.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, Indonesia memang terbukti mampu menggelar ajang olahraga multievent dengan sukses. Ajang terbesar adalah Asia Games 2018 di Jakarta dan Palembang, lalu ada pula ASEAN Para Games di Solo pada 2022 lalu.

“Awal pembicaraan resmi yang bagus dan merupakan indikator bahwa SOI sudah percaya dengan bukti keberhasilan Indonesia menghelat pesta olahraga multievent intertenasional," ujar Ketua Umum PP SOina Warsito Ellwein.

Tak Hanya ASEAN, Atlet Para-Badminton Indonesia Terbukti Mampu Berprestasi di Level Dunia

Partisipasi Indonesia di SOWG

Bagi Indonesia, SOWG bukan ajang yang asing. Meski tidak terlalu banyak terekspos, Indonesia sebetulnya sudah cukup sering berpartisipasi di SOWG.

SOWG telah dilaksanakan sejak pada 20 Juli 1968 di Chicago, Amerika Serikat. Sedangkan Indonesia pertama kali ikut serta dalam ajang ini pada tahun 1991 Minnesota, Meneapolis, Amerika Serikat.

Hingga saat ini, Indonesia tercatat sudah sembilan kali mengikuti SOWG. Saat tulisan ini diturunkan, atlet-atlet Indonesia pun tengah mengikuti SOWG 2023 di Berlin, Jerman, yang dijadwalkan berlangsung pada 17 Juni hingga 25 Juni mendatang.

Indonesia mengirim 22 orang atlet plus 3 orang unfield partner ke SOWG 2023. Di sana, mereka menjadi bagian dari sekitar 7.000 atlet yang berasal dari sekitar 170 negara.

Prestasinya Diakui Dunia, Legenda Basket Indonesia Sonny Hendrawan Masuk FIBA Hall of Fame





Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini