Diakui Dunia, Produk Suku Cadang Indonesia Raup Potensi Transaksi Rp164 M di Vietnam

Diakui Dunia, Produk Suku Cadang Indonesia Raup Potensi Transaksi Rp164 M di Vietnam
info gambar utama

Keunggulan produk suku cadang otomotif Indonesia semakin diakui dunia. Terbukti, produk tersebut berhasil mencatatkan potensi transaksi sebesar 10,96 juta dolar AS atau sekitar Rp164,44 miliar dalam pameran Automechanika Ho Chi Minh 2023 di Vietnam.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi mengatakan, Indonesia termasuk pemain utama industri otomotif di Asia.

"Capaian ini membuktikan, kualitas produk otomotif Indonesia yang telah tersebar di hampir seluruh negara di dunia semakin diakui,”ucap Didi dalam siaran resmi Kementerian Perdagangan, Selasa (27/6/2023).

Automechanika Ho Chi Minh 2023 merupakan bagian dari rangkaian pameran otomotif terbesar di dunia, Automechanika Expo. Pameran berlangsung pada 23—25 Juni 2023 di Saigon Exhibition and Convention Center (SECC), Ho Chi Minh City, Vietnam. Lebih dari 10.000 orang mengunjungi pameran ini.

Sebanyak 390 peserta dari 20 negara terlibat dalam acara ini, di antaranya: Indonesia, Australia, Tiongkok, Mesir, Prancis, Jerman, Hongkong, India, Jepang, Korea Selatan, Lituania, Malaysia, Singapura, Taiwan, Thailand, Turki, Inggris, Uni Emirat Arab (UAE), Amerika Serikat, dan Vietnam.

Kejar Target Kendaraan Listrik, Mobil BBM Bakal Dibatasi

Pada pameran kali ini, Paviliun Indonesia menghadirkan sembilan produsen terkemuka dalam negeri. Produk otomotif yang ditampilkan antara lain: roda, paking, komponen plastik, karet vulkanisir, onderdil mobil, unit pengisian kendaraan listrik, suku cadang pegas, piston, gasket, velg, dan pelumas

Selama tiga hari pelaksanaan pameran, Paviliun Indonesia dikunjungi lebih dari 1300 orang. Partisipasi Paviliun Indonesia hadir berkat hasil kerja sama antara Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Kedutaan Besar RI Hanoi melalui Atase Perdagangan, dan Konsulat Jenderal RI di Ho Chi Min.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik yang diolah Kementerian Perdagangan, pada 2022, nilai ekspor otomotif Indonesia ke Vietnam mencapai 1,2 miliar dolar AS. Angka itu naik signifikan dari tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 851 juta dolar AS.

Pada 2022, Vietnam merupakan tujuan ekspor otomotif Indonesia ke-2 dengan pangsa 12,16 persen setelah Filipina (26,92 persen). Sementara itu, selama lima tahun terakhir (2018—2022) ekspor Indonesia ke Vietnam juga mengalami tren positif sebesar 14,94 persen.

Wow Ternyata Produk Suku Cadang Indonesia Diminati Oleh Negara Pakistan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini