7 Manfaat Badminton, Kebugaran Tubuh hingga Kebahagiaan Hati

7 Manfaat Badminton, Kebugaran Tubuh hingga Kebahagiaan Hati
info gambar utama

Badminton atau dalam bahasa Indonesia bermakna bulu tangkis merupakan cabang olahraga (cabor) yang populer dan memiliki banyak manfaat. Dengan demikian, artikel ini membahas mengenai manfaat badminton untuk kebugaran tubuh hingga kebahagiaan (kesehatan mental). Berdasarkan informasi dari BBC, badminton didefinisikan sebagai olahraga raket yang cepat yang dimainkan dengan cara tunggal (antar individu) atau ganda (antar dua individu) denan tujuan tujuan memukul kok dengan syarat melewati jaring dan masuk ke rules poin lapangan lawan.

Popularitas cabang olahraga ini terlihat dari ajang turnamen yang diselenggarakan oleh beberapa negara antara lain: BWF World Badminton Championship, BWF World Junior Championship, Piala Thomas, Piala Uber, Piala Sudirman, Olimpiade Cabang Olahraga Bulu Tangkis, Super Series Premier. Saking populernya, popularitas badminton lebih unggul dari cabang olahraga sepak bola di empat negara. Negara tersbeut adalah: Indonesia, Malaysia, Republik Rakyat Tiongkok, dan Filipina.

Baca juga: Pelaku Bisnis Kuliner Indonesia di Luar Negeri Dapat Akses Pembiayaan

Organisasi badminton internasional dikenal dengan The Badminton World Federation atau disingkat BWF. Sedangkan organisasi bulu tangkis Indonesia ada di bawah manajemen Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Kepopuleran badminton selaras dengan manfaat badminton yang multimanfaat. Hal ini seperti yang tertulis dalam Hello Sehat dari Kemkes RI, antara lain:

1. Menguatkan Otot Sendi

Olahraga badminton banyak mengandalkan otot betis, panggul, pinggul, hingga paha dalam gerakan melompat dan berlari mengejar kok dan menangkis serangan lawan. Kita juga dapat melihat pada gerakan servis yang menggerakan lengan atas dan otot punggung. Optimalisasi sendi lutut untuk menahan tubuh pada posisi tertentu hingga menggunakan sendi bahu untuk bersiap menangkis kok serangan lawan. Teknik-teknik ini membantu untuk menguatkan otot inti pada tubuh.

2. Menurunkan Berat Badan

Hal ini ditimbulkan dari sifat badminton ini merupakan jenis olahraga kardoo yang menguatkan otot jantung, yang mana bila otot jantung kuat maka akan memperlancar aliran darah oleh pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat dan kuat mampu mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel otot yang berdampak pada efektivitas metabolism tubuh untuk membakar lemak.

Baca juga: Antisipasi Resesi Ekonomi di Eropa, Pemerintah Ubah Fokus ke Turis India-Australia

Kalau kita lihat di turnamen badminton, maka akan terlihat atlet badminton yang basah dengan keringat yang banyak. Hal ini didapat dari aktivitas yang energik untuk membakar kalori tubuh atlet yang membantu dalam program penurunan berat badan.

3. Membantu Meningkatkan Kecerdasan

Fungsi otak berupa memori dapat ditingkatkan dengan olahraga badminton. Hal ini karena olahraga badminton memiliki manfaat dalam meningkatkan volume aliran darah dari jantung ke otak. Hasil studi dari Pharmacy and Pharmacology (2015) menghasilkan, badminton memiliki manfaat dalam meningkatkan kecerdasan, kemampuan konsentrasi, dan kesiagaan.

4. Meningkatkan Usia Harapan Hidup

Kita dapat menyorot berbagai manfaat dari olahraga badminton. Dengan rutin dan tepat dalam menjalankan badminton, olahraga ini memiliki manfaat untuk mencegah beberapa manfaat yang berdampak pada naiknya kualitas hidup atau usia harapan hidup yang tinggi.

5. Menyehatkan Tulang

Sebuah studi dari Turkish Journal of Sport and Exercise (2019) menghasilkan bahwa badminton memiliki manfaat untuk menyehatkan tulang. Hal ini didapat dari aktivitas saat mengayun raket badminton, memukul kok, menahan tubuh, yang melibatkan tekanan pada tulang tersebut sehingga menguatkan kepadatan mineral yang mencegah aatau mengurangi daripada risiko penyakit tulang seperti osteoporosis atau pengeroposan.

Baca juga: 945 Ribu Turis Asing Kunjungi RI pada Mei 2023, Malaysia Terbanyak

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Badminton memiliki manfaat dalam menurunkan kolestrol jahat yang membentuk plak di pembuluh darah. Plak dapat menyumbat pembuluh darah dengan akibat luas seperti penggumpalan darah dengan berbagai penyakit kronis speerti: stroke, jantung coroner, gagal jantung, seangan jantung. Nah dengan demikian, penurunan kolestrol jahat ini bermanfaat untuk kesehatan jantung.

7. Menjaga Kesehatan Mental

Olahraga badminton membantu tubuh melepaskan senyawa kimiawi seperti dopamine, endorphin, dan serotonin untuk membantu menaikkan mood untuk bahagia.


Referensi:

https://www.blogger.com/blog/post/edit/8333095216987300053/4503968802484592620?hl=en

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini