Di Homeless World Cup 2023, Kelompok Marjinal Bisa Berprestasi Lewat Sepak Bola

Di Homeless World Cup 2023, Kelompok Marjinal Bisa Berprestasi Lewat Sepak Bola
info gambar utama

Homeless World Cup 2023 akhirnya digelar. Seperti sebelum-sebelumnya, Indonesia tak ketinggalan ikut berpartisipasi.

Homeless World Cup 2023 dijadwalkan digelar mulai hari ini, Sabtu 8 Juli hingga 15 Juli 2023. Kota yang menjadi tuan rumah adalah Sacramento, Amerika Serikat.

Seperti sebelum-sebelumnya, Indonesia akan beraksi di Homeless World Cup. Untuk edisi tahun ini, tim Indonesia berangkat setelah terlebih dulu diselenggarakan acara pelepasan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo di Media Center Kemenpora, Jakarta, Rabu (5/7).

Target pun dipasang untuk tim Indonesia di Homeless World Cup 2023. Tak tanggung-tanggung, target itu adalah juara.

"Jumlah negara yang berpartisipasi sebanyak 44 negara. Terakhir HWC dilaksanakan di Wales pada 2019 sebelum terhenti karena pandemi Covid-19. Ini adalah targetnya juara," ujar Menpora Dito seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Homeless World Cup merupakan turnamen sepak bola antarnegara yang diikuti oleh para pemain dari golongan masyarakat yang kurang beruntung atau termarjinalkan. Oleh karena itu, Homeless World Cup mengusung misi perubahan sosial sekaligus memberi kesempatan bagi kesempatan bagi kaum marjinal menunjukkan kemampuan, memupuk kepercayaan, diri, dan tentunya berprestasi lewat sepak bola.

Tim Indonesia sendiri diisi oleh pemain dari Rumah Cemara, organisasi komunitas yang bergerak di bidang pendampingan dan pemulihan orang-orang dengan masalah obat-obatan dan HIV. Rumah Cemara punya mimpi mewujudkan Indonesia tanpa stigma dan diskriminasi, dengan adanya kesempatan yang sama bagi setiap orang untuk maju.

Legenda Chelsea Turun Tangan agar Indonesia Tampil Ciamik di Piala Dunia U-17 2023

Jejak Indonesia di Homeless World Cup

Indonesia bukan anak baru di Homeless World Cup. Dalam turnamen edisi-edisi sebelumnya, Indonesia sudah rutin ikut serta dengan diwakili oleh Rumah Cemara.

Homeless World Cup telah diselenggarakan sejak 1999. Namun, Indonesia baru mulai berpartisipasi sejak tahun 2011. Pencapaian Indonesia saat debut pun cukup apik, yakni berada di peringkat keenam.

Sejak turnamen edisi 2011 itu, Indonesia tak pernah absen beraksi di Homeless World Cup. Untuk diketahui, ajang tersebut sebelumnya terakhir digelar pada 2019. Tahun 2023 ini adalah tahun di mana Homeless World Cup kembali hadir setelah vakum akibat pandemi Covid-19.

Tak sekedar ikut, Indonesia juga mampu berprestasi. Pencapaian terbaik Indonesia di Homeless World Cup adalah meraih peringkat keempat pada tahun 2012. Saat itu, turnamen diadakan di Mexico City, Meksiko.

David Jacobs dan Apresiasi atas Sederet Prestasinya di Kancah Para-Tenis Meja



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini