Berbahayanya Kerambit, Senjata Asal Minang yang Terinspirasi dari Cakar Harimau

Berbahayanya Kerambit, Senjata Asal Minang yang Terinspirasi dari Cakar Harimau
info gambar utama

Pisau kerambit yang merupakan senjata tradisional dari Minangkabau sangat populer di dunia, bahkan diadopsi oleh tentara Amerika. Namun seni pisau mematikan ini ternyata jarang didengar oleh masyarakat Minangkabau.

Dimuat dari Tempo, kerambit mempunyai bentuk pisau genggam kecil yang melengkung seperti cakar harimau. Banyak cerita rakyat mengatakan bentuk cakar itu berasal dari binatang khas Sumatra yang dahulu berkeliaran di hutan.

Kerambit - Senjata Tradisional Minang yang Dipakai Kalangan Militer Dunia

Dalam budaya Minangkabau, munculnya pisau kerambit masih berkaitan dengan falsafah alam takambang jadi guru, yang memiliki sebuah arti alam yang terbentang luas dapat menjadi seorang guru.

“Apalagi harimau yang menjadi lambang satria-satria atau Panglima Minangkabau,” papar Balqis Primasari.

Ilmu rahasia

Semenjak populernya seni bela diri pencak silat Tiralak Minangkabau yang menggunakan kecepatan dan memanfaatkan tenaga dari lawan untuk melumpuhkan. Senjata tradisional ini kemudian menyebar luas ke seluruh dunia.

Tetapi kerambit menjadi kurang terkenal di daerah asalnya, hal ini karena sifatnya yang rahasia dan tergolong mematikan. Dari penelitian Universitas Putra Indonesia Padang, tidak sembarang orang dapat menggunakan kerambit.

“Biasanya hanya orang yang diwarisi oleh para datuk atau kalangan raja Minangkabau yang bisa menggunakannya,” paparnya.

John Wick 3: Aksi Berkelahi dan Sentuhan Budaya Indonesia

Tetapi para pendekar silat Minang dan juga prajurit Bugis sangat terampil dalam menggunakan kerambit. Umumnya senjata tradisional dari Sumatra Barat ini digunakan sebagai senjata utama silat dan seni bela diri.

Cara menggunakan kerambit

Biasanya kerambit digunakan dengan memasukan telunjuk ke dalam lubang di bagian pegangan sehingga lengkungan mengarah ke depan dari bawah kepalan tangan. Posisinya membuat kerambit sulit dilucuti lawan dan memungkinkan untuk bermanuver.

Luka yang diakibatkan sabetan kerambit tampak kecil dari luar, tetapi di bagian dalam, urat atau usus biasanya sudah koyak atau putus. Senjata ini memiliki banyak kelebihan seperti bentuknya yang kecil sehingga mudah disembunyikan.

Senjata Tradisional Paling Mematikan di Dunia, Ternyata dari Sumatera

Secara umum, kerambit memiliki bentuk yang sama, tetapi seiring perkembangannya kerambit mempunyai beberapa versi. Terdapat bilah tajam tunggal dan ganda (double edges), lengkungan membulat pada kerambit Jawa Barat.

Selain itu juga ada kerambit di Indonesia, yakni kuku alang dari Sumatra Barat, kuku bima dari Jawa Barat dan Jawa Tengah, kuku hanoman dari Jawa Barat, kuku harimau dari Sumatra hingga Sumba.

Referensi:

  • Tempo, Keistimewaan Pisau Kerambit, Senjata Tradisional Minangkabau https://gaya.tempo.co/amp/1660516/keistimewaan-pisau-kerambit-senjata-tradisional-asal-minangkabau

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

RK
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini