Manfaat Alami dan Olahan Lidah Buaya, Bantu Jaga Kesehatan Rambut

Manfaat Alami dan Olahan Lidah Buaya, Bantu Jaga Kesehatan Rambut
info gambar utama

Mungkin Kawan sudah familiar dengan pernyataan bahwa, rambut adalah mahkota bagi wanita. Namun demikian, terkadang tidak mudah untuk memiliki rambut sehat untuk mendukung penampilan yang cantik sebab beberapa masalah rambut seperti: rambut dan kulit kepala yang kering, pecah-pecah, rambut rontok dan berminyak. dan berketombe.

Kesehatan rambut dipengaruhi oleh banyak faktor. Sani (2010:9) berpendapat bahwa, kesehatan rambut di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti polusi udara, paparan sinar matahari yang berlebihan, penggunaan air yang tidak bersih saat mencuci rambut, kurangnya perawatan rambut, kebiasaan bleaching, blowdry, catok dan terlalu sering mengikat rambut. Maka dari itu penting nya kita menjaga kesehatan rambut terumata bagi perempuan.

Untuk menjaga kesehatan rambut diperlukan beberapa treatment yang sesuai, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan alami berupa lidah buaya (aloe vera). Lidah buaya sangat bagus untuk kesehatan rambut, terutama untuk mengatasi rambut rontok karna lidah buaya memiliki kandungan enzim proteolitik.

idak hanya untuk mengatasi rambut rontok, lidah buaya juga memiliki banyak sekali manfaat yang bagus untuk kesehatan rambut terumata bagi perempuan. Di Indonesia banyak sekali sampo yang mengandung lidah buaya. Beberapa brand atau merek shampo bersaing dengan kualitas lidah terbaik yang mereka produksi untuk konsumen.

Baca juga: Ribuan Amunisi Kapal Perang Dunia II Ditemukan di Perairan Cilacap

Lidah buaya (Aloe vera) merupakan tanaman suku Liliaceae asli Afrika yang dapat tumbuh dengan mudah di daerah tropis dengan lahan berpasir dan sedikit air serta memiliki pertumbuhan yang mudah dan cepat. Diduga tanaman tersebut mulai masuk ke Indonesia sejak abad ke-17. Tanaman ini memiliki lebih dari 350 jenis.

Tanaman ini telah lama dikenal sebagai “The Miracle Plant" serta telah banyak digunakan orang di berbagai negara seperti Cina, Kongo, dan Amerika sebagai obat luka, rambut rontok, tumor, wasir, dan laksansia. Unsur-unsur yang terkandung dalam suatu tanaman lidah buaya seperti aloin, emodin, resin gum dan minyak atsiri dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia sehari hari.

Lidah buaya mengandung air sebanyak 95%. Sisanya berupa bahan aktif lain seperti:

1.Minyak esensial
2.Asam amino
3.Mineral
4.Vitamin
5.Enzim
6.Glikoprotein

Lidah Buaya Foto: Pixabay/Ingoldfranziska
info gambar

Lidah buaya baik bagi kesehatan rambut. Tidak hanyak untuk rambut lidah buaya juga bisa dipakai untuk perawatan wajah atau skincare, sebagai obat luka, dan bisa mengatasi kulit kering sebagai body lotion. Salah satu perawatan yang dibutuhkan oleh rambut adalah creambath. Nutrisi yang dibutuhkan rambut adalah vitamin A yang banyak terkandung dalam lidah buaya, sehingga creambath perlu ditambahkan ekstrak lidah buaya agar kebutuhan nutrisi rambut terpenuhi.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Rambut

  1. Mengatasi Rambut Rontok
    Lidah buaya atau Aloe vera mempunyai sifat anti-inflamasi yang mampu melumpuhkan Androgenetic alocepia penyebab kerontokan rambut.
  2. Melindungi Rambut dari Paparan Sinar Matahari
    Lidah buaya baik untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari. Lidah buaya juga memiliki efek pendinginan serta mengandung kolagen, vitamin, dan mineral yang baik untuk rambut.
  3. Memperkuat Helai Rambut
    Vitamin A, B12, C, dan E serta beragam jenis nutrisi lainnya yang terdapat dalam lidah buaya sangat penting untuk kesehatan rambut.
  4. Membersihkan Rambut Berminyak Secara Mendalam
    Kandungan enzim dalam lidah buaya dapat membantu membersihkan batang rambut secara efisien dan menghilangkan minyak berlebih atau disebut juga dengan (sebum) serta residu produk perawatan rambut lainnya. Lidah buaya tidak melukai helai-helai rambut ketika digunakan. Pemakaian lidah buaya secara teratur akan membuat rambut bersih maksimal dan semakin sehat.
Baca juga: Pantai Karang Nini Pangandaran, Berpadunya Pantai dan Hutan yang Menjadi Keindahan

Olahan Lidah Buaya (Aloe Vera)

Selain shampoo, beberapa referensi olahan lidah buaya, yaitu:

  1. Alpukat Jelly Lidah Buaya

Bahan:

  • Alpukat
  • Selasih
  • Jelly rasa kelapa muda
  • Lidah buaya
  • Gula pasir

Cara membuat:

1. Semua bahan dimasukkan dengan takaran sesuai selera
2. Campur dengan diaduk rata dan tambahkan es batu. Es siap dinikmati.

  1. Manisan Lidah Buaya

Bahan:

  • Lidah buaya
  • Gula
  • Air

Cara membuat:

  1. Potong dadu lidah buaya yang sudah dikupas.
  2. Panaskan air dan gula hingga mendidih.
  3. Tunggu hingga dingin, masukkan potongan lidah buaya.
  4. Masukan kulkas.
  5. Manisan lidah buaya siap dinikmati.

Referensi:

  • https://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/7885/3/BAB%20II%20TINJAUAN%20PUSTAKA.docx.pdf
  • https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/download/2609/1564
  • https://media.neliti.com/media/publications/72824-ID-pengaruh-pemanfaatan-cream-creambath-lid.pdf

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SZ
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini