Mengenal Pangkat Ajun Komisaris Perwira (AKP) di Kepolisian, Apa Tugasnya?

Mengenal Pangkat Ajun Komisaris Perwira (AKP) di Kepolisian, Apa Tugasnya?
info gambar utama

Ajun Komisaris Polisi atau biasa disingkat dengan AKP, merupakan pangkat polisi perwira menengah di Indonesia. Berada di atas Inspektur Polisi Dua (IPDA) dan di bawah Komisaris Polisi (KOMPOL).

Sebagai perwira menengah, AKP memiliki tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan dengan pangkat bintara dan memiliki peran penting dalam operasional kepolisian. Meskipun masih berada di tataran perwira tingkat menengah, tapi AKP banyak bekerja di wilayah strategis kepolisian.

Lebih lengkapnya mengenai Ajun Komisaris Polisi (AKP), berikut GNFI rangkum penjelasannya untuk Kawan semuanya!

Pengertian dan Tugas AKP dalam Kepolisian

Sebagai perwira, AKP memiliki peran dalam mengelola dan memimpin anggota bawahannya, termasuk memberikan arahan, bimbingan, serta evaluasi kinerja. AKP juga sering ditugaskan untuk menjadi pemimpin operasional. AKP bertindak sebagai pemimpin operasional dalam situasi tertentu, seperti pengamanan acara besar, pengendalian kerumunan, atau penanganan keadaan darurat.

Mengemban jabatan seorang perwira, AKP juga bertanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat. Bekerja sama dengan pihak eksternal, AKP sering terlibat dalam kegiatan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang keamanan, ketertiban, serta peraturan dan hukum yang berlaku. Seperti di Universitas, Kecamatan, maupun di acara seminar lainnya.

Umumnya seorang polisi yang menjabat perwira AKP akan bertugas di wilayah daerah sebagai pejabat, seperti: Kepala Satuan Kepala Polisi Sektor [Kapolsek], Wakil Kepala Polisi Sektor [Wakapolsek] maupun Kepala Unit [Kanit] di wilayah Polisi Resor.

Mereka sangat berpotensi untuk memberikan banyak ilmu dan pengetahuannya kepada para juniornya di tataran Bintara. Oleh sebab itu, keberadaannya di wilayah sektor kewilayahan sangat membantu dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan operasional di daerah masing-masing.

Gaji dan Tunjangan yang Diterima oleh Aida

Keseluruhan gaji yang diterima anggota kepolisian telah diatur dalam aturan resmi PP No. 17 tahun 2019. Di dalamnya sudah dengan jelas disebutkan, bahwa seorang AKP [Perwira], masuk dalam golongan III. Setiap bulannya, seorang AKP berhak mendapatkan gaji yang berkisar antara Rp2.909.100 hingga Rp4.780.600.

Selain mendapat gaji pokok, di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Polri juga berhak menerima remunerasi tunjangan kerja sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 103 Tahun 2018.

Dikutip dari laman puskeu.polri.go.id, tunjangan bagi anggota kepolisian meliputi tunjangan anak, tunjangan suami/istri, tunjangan pangan, tunjangan umum dan tunjangan jabatan struktural.

Nominal bagi tiap tingkatan pun berbeda. Hal ini karena disesuaikan juga dengan kepangkatan, tanggung jawab kerja dan penempatannya.

Perwira berpangkat AKP berada di level kelas 9. Total tunjangan kerja yang diperolehnya, berada di kisaran angka Rp. 3.71 Juta. Sehingga, jika keseluruhan di total. Dalam 1 bulan, seorang Aipda mendapat upah kerja sebesar Rp. 6,67 Juta - Rp. 7,35 juta.

DPR Setujui Usulan Tambahan Anggaran Rp 23,4 Triliun untuk Pendidikan Mental Polri

Apa Bedanya AKP dengan AKBP?

Perbedaan lambang kepangkatan POLRI AKBP dan AKP @ sumber HUMAS POLRI
info gambar

Tingkatan dalam kepolisian memang cukup banyak. Masing-masing tingkatnya memiliki peran, tanggung jawab dan wilayah operasional yang berbeda. Mengacu pada Peraturan Kapolri No. 3 Tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Polri. Kepangkatan ini berfungsi untuk menjaga anggota agar taat dan bertanggung jawab pada masing-masing fungsi yang diembannya.

Dalam satu kepangkatan tersebut, diantaranya ada pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dan Ajun Komisaris Polisi (AKP). Keduanya ada di tataran pangkat perwira. Namun, meskipun sekilas nampak sama-sama seorang Ajun Komisaris, tetapi Ajun Komisaris Besar Polisi memiliki kedudukan yang lebih tinggi. AKP masuk dalam kategori perwira tingkat pertama, sedangkan AKBP masuk dalam kategori perwira tingkat menengah.

Perbedaan mencolok keduanya terlihat jelas dari tanda kepangkatan yang dimiliki masing-masing. AKP memiliki tanda kepangkatan dengan 3 balok emas sedangkan AKBP memiliki tanda kepangkatan dengan bentuk 2 bunga melati.

Sinergi Lembaga Pemerintah dengan BUMN, POLRI Siap Pesan Kapal Support dari PT PAL Indonsesia

Sumber:
https://humas.polri.go.id/
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/08/15/mengenal-jenjang-jabatan-yang-ada-di-kepolisian-ri
https://katadata.co.id/safrezi/berita/61e7d0a9cff41/daftar-lengkap-gaji-polisi-dan-tunjangan-berdasarkan-pangkat

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Meita Astaningrum lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Meita Astaningrum.

MA
KO
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini